KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#483 Ketika Energi Fosil Perlahan Menjadi “Fosil” (1)

Leave a comment

Oleh Irsyad

A Truth is, First All, something new

-Alain Badiou-

Pionir itu bukan sekedar tampil di garis paling depan, namun dalam kata pionir itu hidup sebuah potensi tentang warisan akan adanya sesuatu yang baru, dalam hal ini kita biasa mengenalnya sebagai sebuah inovasi, namun dalam diri Belanda sebagai sebuah bangsa, kata inovasi itu benar-benar jujur, ia memperkenalkan diri secara real, bukan lagi kata yang kita dengar dalam sebuah buku yang mengajarkan kita bermimpi namun tak pernah bersetia pada mimpi tersebut.

Apa yang dipresentasikan Belanda selama ini adalah turunan dari bagaimana “seharusnya” kata pionir disematkan dalam jargon kebudayaan sebuah bangsa. Bukan lagi sebuah kata yang terdengar sebuah basa-basi yang pada akhirnya berhenti pada sekedar repetisi.

Banyak hal yang bisa kita tarik pada konteks “pionir” dalam eksistensi Belanda, dan salah satu yang paling vital adalah bagaimana Belanda mempionir dunia untuk perlahan “memfosilkan” pemakaian energi fosil sebagai sumber energi. Kita tak perlu lagi membahas bagaimana keadaan objektif dari sumber energi fosil saat ini dan kedepanya, dan bagaimana pemakainnya oleh umat manusia hingga saat ini. Singkatnya, kita berada dalam ketergantungan pada minyak bumi, gas, dan batu bara sebagai sumber energi yang sangat jelas punya keterbatasan, tak dapat diperbaharui, dan sangat tidak ramah terhadap bumi.

Namun Belanda secara perlahan keluar dari ketergantungan tersebut, dan langkah itu sudah jauh-jauh dipikirkan dan dilaksanakan. Sementara sebagai besar bangsa di dunia masih bangga akan keserakahan hasil buminya, Belanda merintis rel yang berbeda, sebuah rel yang renewableefficient, dan syarat akan inovasi.

Energy

Data sederhana diatas menujukkan dengan tegas bahwa dalam beberapa dekade terkahir, Belanda sangat fokus terhadap produksi energi dari sumber energi non-fosil. Data terakhir di tahun 2012 mengatakan bahwa Belanda mampu memproduksi sekitar 12,2 miliar kWh energi terbarukan untuk kebutuhan energi listrik atau setara dengan 10% konsumsi listrik di Belanda secara keseluruhan. Mulai dari inovasi Bio-Coal, tenaga angin, dan solar/hydro power di bangun dalam sebuah sistem yang terus disempurnakan. Disinilah maksud bahwa Belanda selalu “setia” terhadap cita-cita yang mereka bangun dari awal. tak perlu semacam revolusi untuk hal ini, yang paling penting bagaimana proses itu dihargai, dan kebaruan dilandasi dengan pemikiran yang matang, dan visioner.

Energy Turbin

Selain itu, sebagai turunannya, juga terdapat kabar menarik bahwa tenaga angin terus mengalami peningkatan sebesar 4% dibandingkan tahun sebelumnya, tumbuh sekitar 100 megawatts menjadi 2.431 megawatts.

Namun disisi lain, sistam biomass juga tak kalah memberi kontribusi yang positif, yakni sekitar 60% dari total produksi kebutuhan energi listrik dihasilkan dari sistem ini, sebuah sistem yang masih mungkin terdengar jarang bagi sebagian besar masyarakat.

biomass

Begitulah cara Belanda memberi arti pada bagaimana kita hendaknya mampu untuk “memfosilkan” (red : meninggalkan) sumber energi fosil itu sendiri. Tak perlu lagi ada kerusakan yang parah karena eksplorasi berlebihan terhadap batubara, minyak bumi dan gas alam. Pikiran dan tindakan semacam itu hendaknya yang harus “difosilkan” (red:ditinggalkan) karena tak ada tempat bagi hidupnya kata inovasi didalamnya.  Ya, pionir itu memang didepan, namun bukan entitas yang selesai begitu saja karena terlebih dahlu “tewas” di suatu medan perang, namun pionir itu identik dengan legacy, ia mewarisi sesuatu yang baru, sesuatu yang kemudian kita anggap sebagai kebenaran di masa depan!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s