KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#482 Di Belanda, Jalan Pun Bisa Cerdas

Leave a comment

Oleh Metharia Saputri 

Jalan raya memiliki peran sebagai jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lain. Derasnya arus transportasi di setiap negara menjadikan jalan raya berkembang sesuai kebutuhan. Beberapa jalan raya bahkan telah menyandang gelar tersendiri, diantaranya Longest International Highway: Pan-America Highway (melintasi 14 negara, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili,  dan Argentina), Longest National Highway: Highway 1 (Australia), Widest Highway by Lane Number: Katy Freeway (Amerika Serikat), Highest International Highway: Karakoram Highway (Cina dan Pakistan), Largest National Highway System: Amerika Serikat,  Busiest Highway: Highway 401 (Kanada).

Belanda, yang merupakan negara dengan tingkat kepadatan jaringan jalan raya tertinggi di Eropa, sepertinya tak ingin ketinggalan dan mulai menerapkan konsep jalan raya di masa depan yang disebut Smart Highway. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi antara dua ahli dengan latar belakang yang berbeda. Studio Roosegaarde, dengan keahlian desain dan interaktifitasnya, dan Heijmans, dengan pengetahuan dan keahlian yang spesifik dibidang pembangunan.

Jika selama ini kita berkendara di malam hari dalam kondisi jalan raya dengan penerangan seadanya, sehingga membatasi gerak kita dalam berkendara karena keterbatasan penglihatan, solusi cerdas nan inovatif muncul dari Heijmans dan Studio Roosegaarde. Alih-alih berfokus pada inovasi kenderaan, Daan Roosegaarde dan Heijmens berinovasi melalui jalan raya. Konsep Smart Highway ini berhasil memenangkan Best Future Concept pada Dutch Design Award.

 

Jalan Tanpa Penerangan

 Daan Roosegaarde, yang merupakan penggagas dari desain tersebut, mengungkapkan bahwa desain ini terinspirasi oleh perjalanannya di jalananan eropa yang terasa sangat kuno. “Semuanya berubah kecuali jalan kita,” kata Daan Roosegaarde. “Saya bertanya-tanya mengapa kita tenggelam ke dalam sesuatu yang usang dan jelek, bukan menciptakan sesuatu yang baru dan lebih baik.”

Smart Highway bertujuan untuk membuat jalan yang lebih mumpuni dan interaktif dengan menggunakan lampu interaktif, energi cerdas dan tanda-tanda jalan yang mampu beradaptasi dengan situasi lalu lintas tertentu. Studio Roosegaarde meyakini bahwa menghubungkan mobil dengan sistem internal navigasi hanya mewakili setengah dari sistem pengelolaan jalan masa depan. Jalan juga berfungsi menjadi sesuatu yang dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengendara.

 

Glow in the Dark

Studio Roosegaarde mengembangkan teknologi Photo Luminising Powder yang akan dibubuhkan pada marka jalan. Teknologi ini mengambil energi dari matahari dan mampu memberikan efek bersinar dalam gelap selama sepuluh jam. Cat khusus juga akan digunakan untuk membuat simbol berbentuk kepingan salju di permukaan jalan. Ketika suhu udara turun di bawah nol derajat, simbol tersebut secara responsif akan nampak dan mengindikasikan permukaan jalan dalam keadaan licin. Proyek ini diterapkan pertama kali di provinsi Brabant Belanda pada pertangahan 2013.

 Konsep Smart Highway Lainnya

 Dalam lima tahun ke depan Belanda juga mengembangkan inovasi lainnya. Lampu jalan dengan konsep Interactive Light mampu menghemat energi listrik karena hanya menyala ketika mobil melintas, sementara Wind Light mendapatkan energi yang dihasilkan oleh generator kincir di pinggir jalan. Ide lain juga muncul guna memenuhi kebutuhan mobil listrik. Induction Priority Line menggabungkan kumparan induksi di bawah aspal untuk mengisi ulang mobil listrik ketika berkendara. Jika jalan raya bisa dibuat secerdas ini, maka kita sebagai pengendara mungkin akan bisa menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman.

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Highway_systems_by_country#The_Netherlands
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Jalan_raya
http://news.climbi.com/2012/11/04/jalan-tol-futuristik-belanda/
http://uk.heijmans.nl/
http://www.dezeen.com/2013/03/21/smart-highways-by-studio-roosegaarde/
http://www.inautonews.com/list-of-world-record-highways#.UY3kbaKeNKg
http://www.nytimes.com/2013/04/28/automobiles/from-holland-bright-ideas-for-highways.html?_r=0
http://www.studioroosegaarde.net/
http://www.wired.co.uk/news/archive/2012-10/30/smart-highway-glows-in-the-dark/viewgallery/291686

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s