KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#480 Journey of Inspiration with KLM: #Surprise! Let’s #Meet and Seat in #Fly2Miami with The Oldest Airline in the World!

Leave a comment

Oleh Dita Anggrawati 

“Boarding at Schiphol Airport. Back to Jakarta with @KLM. Can’t wait for the traffic jam #eh!”
Sounds familiar dengan tweet diatas? Ya, tweet narsis wajib hukumnya di pergaulan jaman sekarang. Check-in ini, check-in itu. Lagi disini, lagi disitu. Tapi klo kamu ngetweet seperti kalimat diatas, jangan heran kalau pas lagi nunggu boarding di Schiphol, staff KLM Royal Dutch Airlines (selanjutnya disebut KLM) akan datang menghampiri dan memberikan kejutan. Ya, ini program campaign dari KLM yang mereka sebut “KLM Surprise”. Konsepnya, KLM ingin merubah saat menunggu boarding yang membosankan menjadi menyenangkan, dengan memberi penumpangnya kejutan simple tapi spesial. Contoh, ada penumpang nge-tweet klo dia mau liburan ke New York. Ketika si penumpang sedang boarding, staff KLM tiba-tiba memberi penumpang tersebut sebuah guide book tentang New York. Seru ya?
one of the passenger who got surprise from KLM
Contoh diatas hanya salah satu usaha KLM dalam membangun ‘Journey of Inspiration’ untuk pelanggan mereka. Tapi, kenalan dulu yuk dengan pionir di dunia air travel ini. KLM yang merupakan kependekan dari Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (yang artinya Royal Aviation Company) berdiri tahun 1919 dan merupakan Airline tertua di dunia saat ini. KLM memperkenalkan layanan pesawat penumpang terjadwal pertama kali di dunia dengan terbang dari London ke Amsterdam di tahun 1920. Usianya yang tua, bukan berarti kalah bersaing dengan yang lebih muda. Justru sebaliknya, semakin banyak gebrakan baru yang membuat KLM selalu ada di barisan terdepan dalam industri air travel.
 
KLM first Ad in 1919
Di 2011, KLM menorehkan sejarah baru di dunia penerbangan, yakni menjadi airline pertama di dunia yang mengubah jadwal penerbangan demi memenuhi permintaan pelanggannya. Awalnya simple, tweet pelanggan meminta KLM memajukan jadwal penerbangan perdana KLM untuk rute Amsterdam-Miami menjadi seminggu lebih cepat. KLM merespons permintaan itu dengan tantangan: Jika pesawat ke Miami bisa full booked di tanggal yang diminta pelanggan, maka KLM akan memajukan jadwal penerbangan #Fly2Miami sesuai request. Guess what? Dalam hitungan jam, the flight is fully booked! Jadilah KLM terbang ke Miami seminggu lebih cepat dari jadwal seharusnya. Untuk merayakan penerbangan perdana non-stop #Fly2Miami tersebut, diselenggarakan juga Dance party di atas pesawat. Guinnes World Record pun mengganjar KLM dengan penghargaan ‘The Highest Altitude Dance Party; 10km above the sea level’.
 
Tapi, dari semua terobosan baru dari KLM, untuk solo traveler seperti saya, paling tertarik promo Meet & Seat yang diluncurkan tahun lalu. Promo ini merupakan pertama kalinya social media berintegrasi dengan regular bisnis di dunia air travel. Meet & Seat  mengijinkan kita untuk melihat profil facebook atau linkedin penumpang lain yang akan terbang dalam pesawat yang sama, jadi kita bisa memilih mau duduk dengan siapa selama penerbangan tersebut. Airline yang bergabung dengan Air France Group di tahun 2004 ini, terus mengupayakan improvement dalam program ini agar terintegrasi dengan prosedur check-in yang ada.
Semua terobosan yang dilakukan KLM untuk memberikan pengalaman unik ‘Journey of Inspiration’ bagi pelanggannya ini menghasilkan penghargaan ‘The Best Airline Staff Service in Europe’ di tahun 2012 kemarin. Menjadi yang pertama memang tidak mudah, namun bertahan untuk selalu menjadi pionir bagi Airline berusia 93 tahun ini kuncinya gampang saja, memahami pelanggan. Karena bagi mereka,  the journey is as importants as the destination.
Referensi 

http://www.smartertravel.com/blogs/today-in-travel/how-to-screen-your-seatmates-before-you-get-on-the-plane.html?id=14269100

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s