KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#478 Satu, angka milik Belanda sejak dulu

Leave a comment

Oleh Nadya Putri Saraswati

Saat mendengar kata “Belanda”, yang terbesit pertama kali di benak saya adalah: Negara yang sudah menorehkan sejarah besar di Indonesia selama kurun waktu 3,5 abad. Cerita yang begitu kelam dan pelik bagi mereka yang hidup dan berjuang di masa itu. Tapi itu tidak membuat saya “alergi” dengan masa lalu.

Jas MerahJangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah.” Seruan milik bung Karno ini terus bergaung ditelinga dan menjadi pedoman selanjutnya bagi saya untuk belajar sejarah. Berkat sejarah inilah saya mengetahui bagaimana Belanda masa kini bisa bersaing dan terlihat menonjol di dunia.

Koninkrijk der Nederlanden a.k.a the Netherlands sejatinya adalah Negara dengan sejuta ide dan kreativitas. Dengan keadaan yang serba kekurangan, Belanda tahu benar bagaimana memposisikan diri diantara Negara-negara di benua Eropa lainnya yang tidak kalah hebat. Kreativitas, ini yang menjadi akar bagaimana Belanda bisa dikenal sebagai “Negara Pelopor”. Semua yang sudah Belanda peroleh sekarang tidak terlepas dari kegigihan dan rasa ingin tahu yang tinggi orang-orang tempo dulu.

Sebut saja Zacharias Janssen, warga Negara Belanda yang tercatat sebagai orang pertama yang menemukan mikroskop di tahun 1590. Disusul oleh Hans Lippershey,yang juga mendapatkan predikat “nomor satu” sebagai orang yang menciptakan teleskop di tahun 1608.

Jika zaman dulu Belanda sudah dikenal berkat temuan-temuannya, Belanda masa kini menjadi semakin ‘liar’ untuk tetap eksis. Kreatif adalah melakukan hal yang berbeda. Mungkin ini yang membuat Belanda terlihat nyaman dengan cara hidup yang berbeda. Mereka memilih sepeda, saat negara-negara lain sudah mulai beranjak ke transportasi yang lebih modern yang justru menyumbang emisi dan polusi besar di Bumi. Sepeda merupakan transportasi wajibnya orang Belanda. Tak heran jika Belanda menjadi Negaranomor satu pengguna sepeda terbanyak di dunia dengan total sepeda 16 juta.

Nampaknya Belanda kian menikmati tampilannya menjadi kaum yang berbeda. Masalah yang saat ini tak luput dari perhatian Belanda adalah terkait masalah pemanasan global. Memanasnya bumi membuat Belanda ikut panas juga. Maka, lahirlah sebuah terobosan baru yang mencengangkan. Superbus, gebrakan baru di bidang teknologi yang diusung oleh TU Delft, salah satu universitas terbaik di Belanda. Superbus merupakan transportasi modern yang akan resmi beredar di tahun 2015. Dengan menggunakan teknologi Formula 1, Superbus akan menjadi transportasi pertama dengan kecepatan mencapai 250km/jam yang dapat digunakan oleh semua orang dan tidak terbatas oleh rute. Superbus juga dapat menampung setidaknya 23 penumpang dengan 8 pintu ditiap sisinya.

Tanpa disadari, Belanda telah menjadi nomor satu di berbagai bidang. Berkat kegigihan dan rasa ingin tahu yang tinggi, tidak pernah sekalipun mereka menyerah dengan keadaan. Inovasi terus bergulir dan ini membawa Belanda menjadi Pioneer.

“A winner never whines” – Paul Brown

Belanda berusaha bangkit dari keterpurukan. Tengoklah bagaimana Negara dengan ancaman banjir terbesar ini mampu menjaga kontur tanah mereka dengan baik, dan sekarang telah menjadi pioneer dalam hal pencegahan banjir dan juga dipercaya di berbagai negara dalam hal pengelolaan banjir.

“The one who will be remembered in the world is the winner. Runner-up will always become a shadow of the winner” – Anonymous

Belanda akan selalu di ingat, karena belanda sudah memegang angka satu, angka sang juara.

Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s