KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#475 Jangan Pernah Kehabisan Akal *wink*

Leave a comment

Oleh Dina

Sesuai dengan judul saya, saya akan mengambil negara Belanda sebagai contoh bagaimana negara ini jatuh dalam keterpurukan dalam menghadapi letak geografis yang sangat tidak menguntungkan,  hingga memaksa mereka untuk tunduk pada nasib. Tetapi apa yang terjadi? Mereka dapat bangkit dari  keterpurukan nasib dan menemukan jalan keluar.

Saya akan menjelaskan secara singkat dan sederhana proses perjalanan hidup negara yang pantas kita acungkan jempol ini. Jika dilihat dari sisi geografis, negara ini sebagian terdapat di bawah permukaan air laut yakni dari pesisir pantai Belgia sampai utara provinsi Groningen dan Friesland. Bahkan di daerah Nieuwerkerk aan den Ijssel berada 6.76 meter dibawah permukaan laut. Sudah kebayang betapa buruk dan tidak menyenangkannya letak geografis negara ini. Tetapi hal ini juga yang telah menyebabkan negara ini terkenal dengan sebutan Netherlands (tanah rendah), negara Kincir Angin, negara DAM, dan eksotis bunga tulip yang bermekaran setiap musim panas(April-Mei) yang diekspor ke seluruh dunia.

netherlands_provinces_map

Semula pengupayaan pembangunan negara ini sudah berlangsung sejak 1000 tahun yang lalu, di mana  nenek moyang mereka sudah mulai membangun bukit pasir(Duinen) untuk menghindari ancaman air bah, setelah itu terbentuklah sebuah daratan yang lepas dari laut (Folder), namun di dalam folder masih terdapat genangan air, yang kemudian dipompa menggunakan tenaga kincir angin hingga mengeras membentuk daratan. Air yang dipompa tersebut digunakan untuk mengairi tanaman agar tumbuh subur oleh petani seperti tulip.

Sedangkan di daerah pasang surut dibangun sebuah tanggul (Dikjen) di sepanjang pesisir pantai Belgia hingga provinsi Frisland dan Groningen, namun tanggul Zeelandsetinggi 4,55 meter inipun jebol pada tanggal 31 Januari 1935  memakan korban yang tidak sedikitnya 1.800 meninggal dunia, 150 hektar tanah yang terendam, hewan dan harta benda yang tidak terhitung kerugiannya. Peristiwa ini seakan-akan membuat masyarakat Belanda merasa dunia kiamat seketika, alhasil mereka berjanji akan membangun negara mereka semaksimalnya dan tidak akan membiarkan kejadian tersebut terulang kedua kali. Peristiwa ini  dikenal dengan nama waternoodramp.

Dengan adanya peristiwa yang menyayat hati tersebut, Belanda beritikad membangun suatu projek besar Delta Works, pembangunan sebuah tanggul raksasa di provinsi yang terkena bencana, menghubungkan daratan Zeeland dengan pulau-pulau di sebelahnya. Nama bendungan raksasa tersebut adalah Oostterschelde vloegkering, dengan tembok yang setinggi 13 meter tersebut diyakini dapat menahan badai besar yang akan menerpa Belanda. Pembangunan proyek besar tersebut berhasil menarik perhatian internasional dan memasukkannya ke dalam tujuh keajaiban dunia.

Netherlands 248

th-delta-works

Proyek kedua, monumen bendungan Afsluitdijk  merupakan bendungan yang membentang sepanjang 32 km, lebar 90 meter, ketinggian 7,25 meter dari permukaan laut. Di atas bendungan tersebut terdapat  jalan bebas hambatan,  jalur khusus bersepeda serta pemandangan  menakjubkan bagi yang berkendaraan di atasnya. Monumen tersebut juga terdapat tulisan Bangsa yang hidup, membangun masa depannya. Menggambarkan seberapa  gigih perjuangan para penggagasnya.

Afsluitdijk

Afsluitdijk_met_standbeeld_Lely

Kedua mega projek tersebut mencerminkan kepada kita agar tidak mudah putus asa dan kehabisan akal dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Walaupun masalah selalu datang bertubi-tubi,  selalu ada cara untuk menyelesaikan meski sesulit apapun. Tidak ada hal yang mustahil dan terlalu sulit jika Anda belum pernah mencoba mengatasinya. ayo belajar mentalitas dari orang Belanda!!

Take a deep breath, open your minds, you will find a way!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s