KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#474 The Dance Floor beneath The Dutch’s Wheels

Leave a comment

Oleh Yohanna Tania

Belanda dikenal sebagai negeri para pelopor. Bagaimana tidak, hampir di setiap bidang, Belanda berhasil menunjukkan keunggulannya melalui berbagai penemuan yang memberi kontribusi besar bagi dunia. Salah satu kiprah Belanda sebagai negara pioneer terlihat di bidang teknologi ramah lingkungan. Berawal dari kebiasaan bersepeda dan berjalan kaki, kini Belanda akan membuat gebrakan baru dengan membangun konstruksi jalan tol eco-friendly yang dapat berpendar di malam hari.

 

Eco-friendly Smart Highway

Konsep glow in the dark ini berawal dari dorongan sang desainer, Daan Roosegaarde, yang ingin mengoptimalkan penggunaan jalan tol di Belanda, karena kebiasaan bersepeda justru membuat jalan tol yang sudah dibangun dengan biaya besar cenderung terabaikan. Ia membayangkan jika seandainya jalan tol itu dapat terlihat lebih menarik dengan menampilkan desain visual mirip layar komputer. Ide yang berawal hanya dari imajinasi itu akan direalisasikan pada pertengahan tahun 2013 ini, dalam proyek yang disebut “The Route 66 of The Future.”

Rute ini nantinya akan dibagi ke dalam 3 bagian utama. Pertama,glow-in-the-dark portion yang berfungsi menghemat penggunaan listrik lampu jalan tol. Sisi jalan ini diberi cat photoluminescent yang dapat menyimpan tenaga surya di siang hari, dan menyala pada malam hari sebagai alternatif penerangan jalan, serta kembali padam ketika tidak ada lalu lintas. Bahkan rencananya, akan dibuat “pinwheel lights,” lampu jalan yang hanya menyala ketika ada mobil yang lewat dengan memanfaatkan kekuatan angin dari mobil yang sedang melaju.

Glow-in-the-dark portion

 

Interactive lights : Turning on and off automatically

 

Pinwheel lights

Bagian kedua adalah area yang dibubuhi dengan cat khusus yang peka terhadap perubahan suhu udara. Cat ini akan bercahaya dan membentuk butiran kristal salju sebagai indikator bahwa temperatur jalan tol menurun, sehingga pengendara dapat melaju dengan lebih berhati-hati akibat jalan yang beku dan licin. Dalam perkembangan selanjutnya, tim berencana membuat icon yang dapat menjadi peringatan adanya bahaya, seperti tikungan tajam, jurang, atau kecelakaan.

 Snowflakes : The indicator for decreasing temperature

Ketiga, jalur re-charge energi yang disebut ‘Induction Priority Lane.’ Sesuai dengan namanya, jalur ini berfungsi memberikan pasokan energi listrik bagi mobil listrik yang melaluinya. Energi tersebut berasal dari medan magnet yang terdapat di bawah jalur.

 

 Induction Priority Lane : Re-charging path

Canggih sekali ya konsep eco-friendly high way ini ! Seperti khayalan yang menjadi kenyataan, kita betul-betul diajak untuk melihat layar komputer di jalan tol. Karya artistik ini merupakan kombinasi pintar yang menggabungkan teknologi terapan yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan, dengan eco-awareness. Luar biasa !

“Studi tentang alat transportasi dan konstruksi jalan raya ramah lingkungan sudah ada 30 tahun lamanya, Belanda tidak akan menunggu lebih lama lagi untuk mengaplikasikannya secara nyata,” perkataan Emina Sendijarevic tersebut betul-betul menunjukkan semangat pioneer khas Belanda.

Untuk kesekian kalinya, masyarakat dunia kembali dibuat berdecak kagum dengan proyek inovatif para pioneer Belanda yang memelopori eco-friendly smart high way ini. Selagi banyak negara di dunia yang beromba-lomba menciptakan alat transportasi ramah lingkungan, Belanda justru sudah selangkah lebih maju dengan memikirkan bagaimana meminimalisir penggunaan energi tidak hanya pada alat transportasi, tetapi juga pada jalan tol yang digunakan sebagai jalur transportasi itu sendiri.

 

 Glow in the dark highway : The dance floor beneath the wheels

Mega proyek ini mengajarkan banyak hal pada kita tentang Belanda, bukan hanya teknologi canggih yang dimilikinya, tetapi juga kemampuannya untuk selalu melihat potensi dalam setiap permasalahan yang ada. Sebentar lagi Belanda akan memiliki their own dance floor beneath their wheels !
Referensi
Lallanilla, Marc. 2013. Innovative ‘Smart Highway’ Glows in the Dark
http://www.livescience.com/26088-dutch-smart-highway-netherlands.html
Lecher, Colin. 2012. How Designers Plan to Create ‘The Route 66 of the Future’
http://www.popsci.com/cars/article/2012-10/how-dutch-designers-want-build-super-smart-highway
Clark, Liat. 2012. Netherlands Highways will Glow in the Dark from Mid-2013
http://www.wired.co.uk/news/archive/2012-10/30/smart-highway-glows-in-the-dark
Gambar : Studio Roosegaarde
http://www.wired.co.uk/news/archive/2012-10/30/smart-highway-glows-in-the-dark/viewgallery/291686

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s