KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#471 Cindy Van Den Bremen, Kartini dari Belanda

Leave a comment

Oleh Rossa Ramadhona

Belanda adalah negeri yang indah dan terkenal dengan segudang prestasi, inovasi dan kreatifitas. Data yang dirilis IMF dan Bloomberg 2011-2012, mencatat bahwa Belanda adalah negara 10 besar dunia yang terbaik di bidang pendidikan, inovasi, kreatifitas, investasi, kenyamanan dan teknologi.
Raden Adjeng Kartini (1879 – 1904)

Raden Adjeng Kartini (1879 – 1904)

Jalan RA KArtini di Utrecth

Jalan RA KArtini di Utrecth

Terlepas dari berbagai macam prestasi dan inovasi yang biasanya didominasi laki-laki, bangsa Belanda juga mempunyai asset pioneer wanita yang istimewa layaknya Raden Adjeng Kartini. Di Indonesia, Kartini dikenal sebagai figur pahlawan wanita dengan pemikiran yang menginginkan wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar. Bangsa Belandapun mengagumi perjuangan Kartini, dengan menganugerahi sebuah jalan di Utrecht dengan nama Kartini atau Kartinistraat.

Cindy Van Den Bremen, Designer Hijab Sport since 1999

Cindy Van Den Bremen, Designer Hijab Sport since 1999

Lantas, siapakah Kartini masa kini-nya Belanda ?. Dia adalah Cindy Van Den Bremen, seorang wanita non muslim lulusanAkademi Desain Eindhoven. Cindy telah berjuang selama + 13 tahun mendesain jilbab sport untuk para gadis muslim agar tetap bisa berpartisipasi dan berprestasi di bidang olahraga. Ide awalnya didasari oleh kebutuhan para siswi muslim di sekolah yang ingin mengikuti kelas olahraga, seperti sepak bola, renang dan atletik. Tetapi merasa tidak nyaman untuk melepas jilbab.
 Cindy lantas berfikir, jika saja ia mampu membuat jilbab yang terkesan “hip & trendi” namun tetap bisa dipakai untuk kegiatan olahraga, tentulah masalah ini akan terpecahkan. Alhasil, ia mendesain sebuah jilbab sport (sport hijab) yang adaptabledengan kebutuhan pelajar muslimah di sekolah.  Karyanya tersebut mendapat reaksi positif di kalangan masyarakat Eropa. Mereka berharap Cindy dapat terus berinovasi dengan jilbab sport-nya.
Dalam perjalanan kariernya, Cindy berusaha membuka mata dunia bahwa menggunakan jilbab adalah pilihan hati muslimah yang harus dihargai. Jilbab, tidak akan menjadi penghalang bagi seseorang untuk berprestasi. Banyak para gadis muslim di dunia yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga. Mereka semua harus didukung dan diberi kebebasan agar bisa berkreasi dan beraksi di lapangan. Mereka bagai mutiara terpendam, asset yang berharga buat bangsanya.
Cindy rela menghabiskan waktu melakukan researchmendalam tentang jilbab. Ia berdiskusi dari hati ke hati dengan para muslimah yang tergabung di beberapa organisasi muslim untuk menentukan desain yang cocok buat mereka. Dari sisi religius, ia tak segan-segan berkonsultasi dengan para Imam kaum muslim yang ada di Belanda. Sampai terkadang ia harus bolak-balik menunjukkan hasil desainnya dan meminta umpan balik dari mereka. Bersama-sama mereka memutuskan jilbab sport yang cocok untuk digunakan beraktifitas di bidang olahraga. Hasil penelitiannya diterbitkan oleh Bulaaq dengan judul ‘Hoofddoeken‘ (jilbab).
Ia menamakan jilbab sportnya dengan sebutan “Capsters”.VV Hoograven Pelatih sepak bola Klub Yousra Slaouimengungkapkan, ia menyukai jilbab sport buatan Cindy.Dikarenakan desainnya yang unik, elastis, aman, nyaman dan siappakai.
Saat ini, FIFA tengah menguji standarisasi Jilbab Sport tersebut dalam beberapa pertandingan persehabatan. Jika hasil pengujiannya dinyatakan sukses, maka Cindy telah melakukan terobosan besar dalam sejarah fashion, olahraga, dan agama. Cindy juga telah menginspirasi desainer lain untuk mengembangkan jilbab dan baju sport seperti dirinya.
 Ia adalah pioneer sejati, yang melakukan gerakan perubahan atas dasar keinginan membantu sesama wanita. Ia tidak memandang seseorang atas dasar ras, suku, bangsa maupun agama. Tapi atas dasar kemurnian hati sebagaimana layaknya RA. Kartini. Cindy Van Den Bremen …. Kartini dari Belanda.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s