KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#470 Eduard Douwes Dekker Si Pelopor Hak Asasi Manusia Dari Belanda

Leave a comment

Oleh Dolok Yosuadi

image

Standbeeld Multatuli in Amsterdam. Foto:http://entoen.nu

Eduard Douwes Dekker (2 Maret 1820 – 19 Februari 1887) atau yang lebih dikenal dengan nama alias Multatuli adalah seorang ambtenaar (pegawai negeri), yang mendapatkan tugas  di Lebak, Jawa Barat. Pada saat itu di tempat ia bekerja, Eduard menghadapi situasi yang justru sangat berlawanan dengan nuraninya, yaitu kesewenang-wenangan pihak koloni Belanda terhadap kaum pribumi. Upaya untuk memperbaiki situasi tidak mendapatkan respon baik dari atasannya maupun dari pemerintah Belanda saat itu.

Dengan nama samaran Multatuli, (Multatuli berasal dari bahasa latin yang berarti aku sudah cukup menderita) ia membuat karya buku-buku roman humanisme hingga belasan jumlahnya. Ia menyusun buku roman itu bukan karena iseng belaka atau hanya untuk menghibur pembacanya saja. Tujuan utamanya adalah untuk mengetuk hati pembaca dan menyerang pemerintah Belanda yang saat itu  tidak mau memperdulikan usulannya agar pemerintah turut serta untuk memperbaiki nasib bangsa pribumi yang sangat jauh dari kelayakan apabila dilihat dari sudut pandang humanisme.

Kini buku-buku yang sudah berusia lebih dari 100 tahun itu menjadi salah satu buku karya literatur sastra yang mengandung nilai-nilai humanisme yang menggebrak dunia. Di Belanda sendiri Multatuli bisa dikategorikan sebagai  best-known writer, yang sangat mempengaruhi perkembangan pemahaman nilai-nilai kemanusiaan di Belanda, selain itu  Multatuli pun dianggap sebagai salah satu pahlawan kemanusiaan yang telah merubah cara pandang manusia di bumi ini agar memerangi ketiranian dan kesewenang-wenangan dengan mengutamakan nilai kemanusiaan. Di Indonesia, ia juga dianggap pahlawan kemanusiaan, terutama atas jasanya untuk mempelopori pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Referensi

http://www.indisch3.nl/indos-in-nederlands-indie/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s