KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#469 Bank Raksasa Belanda, berawal dari Gilde

Leave a comment

Oleh Happy Ari Setyani

Rabobank di Belanda

“Berikan saya kontrol atas mata uang bangsa dan saya tidak peduli siapa yang membuat hukum-hukumnya.” –Mayer Amschel Rothschild

Pernah membayangkan jika setiap saat harus merasa tidak aman menyimpan uang atau takut uang simpanan tidak berharga lagi? itu hanya alasan paling sederhana diciptakan bank. Kutipan diatas menurut saya dapat diartikan seseorang atau institusi yang membuat kontrol atas uang otomatis akan memiliki kekuasaan. Itulah alasan negara-negara berlomba dalam mengelola perbankan mereka. Meskipun Belanda pernah mengalami krisis keuangan pada tahun 2008, negara ini pioner dalam mengelola perbankan mereka.

Sistem perbankan di Belanda tidak terlepas dari sistem perekonomian sebelum revolusi industri. Pada saat itu kelompok pedagang membentuk gilde. Gilde adalah bentuk kerjasama para pengrajin dengan jenis yang bersifat homogen di Eropa Barat pada abad pertengahan. Sampai pada abad 12 sistem Gilde ini masih berkembang dan lebih luas lagi hingga berpengaruh terhadap sistem sosial terkait pendidikan, arsitektur dan tata perekonomian termasuk perbankan dan jaminan sosial. Dalam perjalanannya gilde juga mempengaruhi sistem perbankan di Eropa termasuk Belanda. Institusi keuangan yang saat ini disebut bank ada karena pada saat itu gilde berkembang dan mulai memproduksi barang-barang dalam jumlah besar. Selain itu juga terjadi pertukaran antar pulau sehingga juga terjadi transaksi yang besar. Untuk menjamin itu maka anggota gilde membuat suatu institusi keuangan yang saat ini disebut bank.

Dalam jasa perbankan Belanda tidak perlu diragukan lagi karena negara ini menjadi basis beberapa bank internasional. Bahkan dua bank internasional Belanda yaitu ING dan Rabobank termasuk dalam jajaran 20 bank teratas dunia. Berikut ini beberapa Bank Internasional berpusat di Belanda,

1. Rabobank
Rabobank adalah salah satu Bank memiliki peran penting dalam pendanaan bahan pangan dan pertanian serta perbankan berkelanjutan. Rabobank awalnya merupakan bentuk koperasi simpan pinjam yang dirintis oleh para petani Belanda yang pada saat itu kesulitan mengakses kredit. Oleh karena itu hingga saat ini pangan dan agrobisnis adalah fokus internasional utama group Rabobank.

2. INK Group
INK Group merupakan perusahaan internasional di bidang asuransi dan perbankan yang bermarkas di Belanda. Bank ini menjadi bagian yang sangat penting terutama dalam hubungannya dengan penjaminan pinjaman.

3. ABN Amro adalah Bank yang baru pada tahun 2010 dimiliki penuh oleh pemerintah Belanda setelah melalui perjalanan panjang merger dengan bank lain dan akuisisi.

4. De Nederlandsche bank
De Nederlandsche bank adalah bank sentral di Belanda dan merupakan bagian dari sistem bank sentral eropa. Sebagai bagian dari bank sentral eropa, bank ini dibentuk mengendalikan kebijakan moneter. Sebagai kontrol dalam menentukan kestabilan harga bank ini juga bertugas untuk menetapkan suku bunga.

Jasa perbankan merupakan salah satu nadi perekonomian Belanda, karena saat ini lebih dari 80% aktivitas ekonomi Belanda berbasis pada jasa. Sebagian besar jumlah penduduk Belanda adalah lansia, oleh karena itu negara tanah rendah ini tidak dapat lagi hanya berharap terhadap sektor industri yang membutuhkan angkatan kerja yang besar. Besarnya sektor jasa dalam perekonomian Belanda mencapai setengah dari pendapatan nasional terutama dalam transportasi, distribusi, logistik, termasuk bidang keuangan, seperti perbankan dan asuransi.

Jadi meskipun jumlah angkatan kerja sedikit, berkat menjadi pioner dalam perbankan, Belanda tak perlu khawatir lagi.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s