KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#465 Ilmuwan Belanda dan Tongkat Estafet, Rahasia Pionir Sejati

Leave a comment

Oleh Awwaliatul Mukarromah

Siap…!
Bersedia…!
Yaaak…..!
Itulah tiga kata rahasia lahirnya para pionir sejati di Belanda, bukan hanya suatu aba-aba perlombaan lari estafet. Meski luas wilayah Belanda hanya 41.526 km persegi dan nyaris seluruh wilayah Belanda ada di bawah permukaan laut, sama sekali tidak menghalangi kebesaran namanya di mata dunia.  Negara kecil ini mampu berlari estafet untuk menjadikan bangsanya menjadi bangsa yang maju.
Kemajuan Belanda tidak terlepas dari para ilmuwan yang berlari membawa tongkat estafet “ilmu” yang selalu dikembangkan untuk kemajuan generasi masa depan. Dan inilah secuplik bukti-bukti bahwa Belanda terus berlari melahirkan ilmuwan-ilmuwan hebat peraih nobel dan  menuju era kemajuan bangsanya.
 
Jacobus Henricus van ‘t Hoff
Lahir di Rotterdam, 30 Agustus 1852, orang pertama dari Belanda yang mendapat penghargaan Nobel Kimia tahun 1901. Ia alumni dari Universitas Teknologi Delft. Dengan kecerdasannya, ia banyak menyumbang ilmu di bidang kimia, seperti kinetika kimia, keseimbangan kimia, tekanan osmotik dan kristalografi.
 
Hendrik Antoon Lorentz
Ilmuwan ini lahir di Arnhem, 18 Juli 1853, alumni dari universitas Leiden. Lorents adalah seorang fisikawan asal Belanda yang mendapat Nobel Fisika tahun 1902 karena berhasil menemukan teori yang bernama “teori radiasi EM”. Ia pun meneliti tentang elektromagnetik, pemantulan dan pembiasan cahaya.
 
Johannes Diderik van der Waals
Van der Waals adalah ilmuwan Belanda yang mendapatkan Nobel Fisika pada tahun 1910 karena menemukan gaya “antarmolekul” (van der waals). Ia merupakan Profesor dari Universitas Amsterdam. Dia lahir di Leiden, 23 November 1837.
 
Christiaan Eijkman
Eijkman merupakan salah satu ilmuwan Belanda yang mendapatkan Nobel Kedokteran pada tahun 1929 karena menemukan “vitamin antineuritic”. Dia lahir di Nijkerk, 11 Agustus 1858 dan berkuliah di Universitas Amsterdam pada tahun 1875. Pada tahun 1883 pergi ke Indonesia dan menjadi petugas kesehatan di Semarang, Cilacap dan Sumatera Utara. Eijkman meninggal pada tanggal 5 November 1930.
 
Jan Tinbergen 
Ilmuwan Belanda yang lahir di Den Haag, 12 April 1903, menerima hadiah Nobel di bidang ekonomi untuk pertama kali pada tahun 1969, yang ia terima bersama Ragnar Frisch. Penghargaan ini diberikan atas hasil kerjanya yang membangun dan menerapkan tentang model dinamik dalam penganalisaan proses-proses macro ekonomi.
So, they all are the pioneers. Penemuan mereka sangat bermannfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan masa kini bahkan untuk masa depan nanti. Mereka adalah pionir sejati. Tanpa penemuan-penemuan tersebut, mungkin saja tidak akan ada kehidupan masyarakat yang cerdas dan berteknologi tinggi ataupun lahirnya generasi ilmuwan Belanda saat ini. Salah satunya adalah..
 
Robbert Dijkgraaf
Duta ilmu pengetahuan Belanda yang tak kenal lelah. Berkat kegigihannya, tahun 2012 fisikawan Belanda ini menduduki jabatan bergengsi sebagai direktur Institute for Advanced Study di Princepton, Amerika Serikat.Dijkgraaf juga berinisiatif membuka situs (www.proefjes.nl). Situs yang berisi berbagai percobaan ilmiah sehari-hari bagi anak-anak mulai usia delapan tahun. A real pioneer.
 
Sekali lagi, mereka adalah pionir sejati.
Begitu banyak penemu dan ilmuwan asal Belanda, dari awal berdirinya negara hingga saat ini. Seperti seorang atlet yang akan berlari, para pioner Belanda ini pun berusaha keras untuk “siap” menciptakan sesuatu bagi generasi selanjutnya, yang memiliki mental “bersedia” untuk sebuah kata “yaak! maju!”. Ia berlari dari satu generasi ke generasi selanjutnya dengan membawa modal “ilmu” sebagai tongkat estafetnya.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s