KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#464 Hocus, Pocus, Focus, dan Fulus!

Leave a comment

Oleh Wahyu Kusuma Astuti

Cukup mencengangkan, beberapa waktu yang lalu dalam sebuah kompetisi internasional bertajuk Wolfson Economics Prize, seorang anak berkebangsaan Belanda berusia 11 tahun mengajukan ide tentang bagaimana menyelesaikan konflik krisis Euro yang sedang melanda Eropa. Mau tau bagaimana?

Hocus, Pocus… Pizza! Ya, pizza!

Sumber gambar: abcnews.go.com

Ringkasnya dan ajaibnya, Jurre Hermans (11), nama si Bocah Pizza, usul untuk menukar semua Euro di Yunani dengan pizza dan membayarkan hutang Negara tersebut dengan pizza pula.  Tentu saja solusi a la bocah pizza ini bukan solusi Krisis Euro yang melanda Eropa. Yang bagi saya menggelitik adalah, apa yang ada di kepala Hermans hingga ia menyampaikan ide ajaib tersebut? Kultur apa yang membuatnya berani berpikir kreatif, bahkan untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi global?

Hocus, Pocus, Plus-Plus

Floris A. Croon, CEO New Venture, mengungkapkan kunci sukses berwirausaha adalah Hocus, Pocus, Focus! Kewirausahaan memang menjadi salah satu keunggulan Bangsa Belanda, bahkan semangat ajaib ini pun menular pada anak-anak di sana sampai-sampai mereka berani mengungkapkan ide ajaib untuk utak-atik dan menggali ide untuk mewujudkan ekonomi Bangsa yang lebih mandiri. Nah, coba semangat bocah Pizza yang masih serba ajaib; hocus pocus ini, ditambah plus-plus; focus! Mantra yang lengkap untuk menambah unsur niat, keuletan, kegigihan, dan pantang menyerah dalam diri seseorang untuk berwirausaha, kan?

Iklim berwirausaha dan kemandirian ekonomi telah didorong oleh pemerintah Belanda, bahkan melalui pendidikan formal di universitas. Menjadi leader dalam hal kewirausahaan membuat bangsa ini ingin mendidik generasi mudanya untuk mengembangkan ide-ide inovatif dan kreatif serta mengembangkannya menjadi bisnis yang menguntungkan. Dalam lima tahun terakhir, 10% penduduk usia kerja di Belanda bergerak di bidang kewirausahaan. Nggak heran kalau Belanda menyandang predikat sebagai Negara yang tingkat kewirausahaannya tertinggi di Eropa, serta menerima pengakuan di dunia internasional pada Global Entrepreneurship Week 2012.

Tidak hanya melalui pendidikan formal lho, pemerintah Belanda juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan pemberian grant atau hibah maupun loan atau pinjaman. Selain itu, pemerintah Belanda juga membuka kesempatan kompetisi antarpelaku bisnis mahasiswa.

Hocus Pocus Focus, dan ssst.. Fulus

Kalo udah punya ide ajaib, punya keuletan tinggi, semua usaha akan terbayarkan! Nggak percaya?

Adalah Tom Canters, mahasiswa Fontys University of Applied Science penemu GETPOWERPAD™, charger berbentuk pad tanpa kabel untuk smartphones. Hocus, Pocus, Focus! GETPOWERPAD™ menggunakan teknologi induksi untuk mentransfer energi. Gelombang elektromagnetik dimanfaatkan oleh alat kece ini untuk mentransfer energi ke smartphone kita, hanya dengan menyentuhkannya. Ajaib nggak sembarang ajaib! Dengan kunci fokus, Canters pada tahun 2011 menjadi finalis STUOP (Studenten Ondernemersprijs), sebuah penghargaan tahunan bergengsi untuk mahasiswa-mahasiswa pelaku wirausaha. GETPOWERPAD™ telah mendunia dibuktikan dengan adanya kantor pemasaran di Asia.

Penasaran sama Canters? Cekidot di mari!

Sumber gambar: pinterest.com, http://www.getpowerpad.com/

Udah nggak heran lagi dong kenapa si bocah Pizza bisa memberanikan diri masuk ke kompetisi Wolfson Economics Prize. Tentu karena iklim inovasi dan kewirausahaan yang ditumbuhkan oleh negaranya sangat kuat, bahkan anak-anak pun terstimulasi untuk berkarya. Mungkin hari ini baru hocus pocus, tetapi besok? Anak-anak Bangsa Belanda akan menambahkan focus dalam kamus mereka, dan bermunculan kembali wirausahawan-wirausahawan muda di masa-masa mendatang. Wow!

Referensi

http://www.guardian.co.uk/business/2012/apr/03/wolfson-economics-prize-11-year-old-dutch-boy#zoomed-picture
http://www.dutchdailynews.com/most-entrepreneurial-country-in-eu/
http://www.getstarted.nl/index.php?pageID=7&messageID=1881

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s