KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#461 Dutch Pioneering: Education is power

Leave a comment

Oleh Nana Sitompul

Ketika saya kelas dua SMA, saya sempat tidak ingin sekolah. Saya ingin bekerja sebagai penulis. Lalu Ompung (kakek) bercerita bahwa jaman dulu sangat sulit bersekolah dan saya termasuk beruntung karena sekarang bersekolah lebih mudah. Dulu, hanya golongan tertentu yang bisa bersekolah. Beliau pun hanya mengecap pendidikan dasar di sekolah Belanda (HIS) di Sibolga pada tahun 1910. Beliau merasakan pentingnya sekolah. Hal itu juga yang dia tanamkan kepada generasi berikutnya, pendidikan itu kekuatan (education is power). Attitute tersebut beliau dapatkan berkat pendidikan Belanda yang dia terima.

 Meski pendudukan Belanda di Indonesia membuat Indonesia sengsara, namun tidak dapat dipungkiri Balanda juga adalah pionir yang memperkenalkan pendidikan formal di Indonesia. Setelah pemberlakuan politik Etis di Indonesia, Belanda mulai melakukan pengembangan pendidikan bagi warga pribumi. Indonesia merasakan manfaat pendidikan. Salah satu pionir Belanda yang sangat berjasa dalam kelangsungan pendidikan di Indonesia saat itu adalah J.H. Abendanon (18521925), Menteri Kebudayaan, Agama, Kerajinan selama 19001905. Thomas Karsten, merupakan pioneer Arsitektur di Indonesia dan pengajar Planologi di Technische Hoogeschool te Bandoeng (Institut Teknologi Bandung – ITB).

Selain sekolah dasar, menengah dan sekolah atas, Belanda juga merintis perguruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi rintisan Belanda antara lain:

No Nama Daerah Tahun

1

School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (Sekolah Dokter Bumi Putera) Batavia 1902

2

NIAS (Nerderlandsch Indische Artsen School) Surabaya 1913

3

Technische Hooge School (THS) *sekarang adalah ITB Bandung 1920

4

(Recht hooge School) Fakultas Hukum di Indonesia *embiro Universitas Indonesia Jakarta 1924

5

sekolah tinggi pertanian(Landsbouwkundige Faculteit) *embrio IPB Bogor 1941

Dalam hal pendidikan, Belanda tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya ilmuwan Belanda yang meraih Nobel Prize. Tak kurang dari 19 ornag tokoh / ilmuwan Belanda yang mendapatkan Nobel Prize dalam bidang Kimia, Fisika, medicine maupun Pedamaian. Begitu juga beberapa seniman besar dunia berasal dari Belanda seperti Rembrandt.

 Saat ini Belanda merupakan salah satu tujuan sekolah yang banyak diminati. Hal ini dikarenakan Belanda mampu menjadi pioner dalam bidang teknologi maupun bidang lainnya. Belanda merupakan negara yang berada di bawah permukaan air yang notabebene sangat rawan tergilas oleh air. Hal tersebut membuat Belanda berpacu untuk menghasilkan ilmuwan/ pioneer dalam hal inovasi teknologi, mesin, electricity maupun finansial.

Belanda juga merupakan negara multietnis, sehingga pendidikan Belanda juga terbuka bagi negara dan suku manapun. Banyaknya beasiwa yang ditawarkan Belanda juga merupakan daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Apalagi Belanda juga merupakan negara pelopor yang menggunakan bahasa Inggris di perguruan tinggi sehingga memudahkan mahasiswa asing.

Saat ini pendidikan di Belanda merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Belanda memiliki 12 universitas maupun institut yang termasuk dalam daftar 200 universitas terbaik di seluruh dunia. Hanya Amerika Serikat dan United Kingdom yang memasukkan lebih dari 12 universitas dalam daftar 200 tersebut.

Pendidikan Belanda juga memimpin dalam hal Matematika, Science, dan Reading di dunia, mengalahkan negara lain terutama negara Amerika Serikat. Saat ini, menurut data nuffic, jumlah siswa asing yang sekolah di Belanda sebesar 12.6 persen. Persentase tersebut sebagai bukti bahwa Belanda masuk dalam top ten negara dengan pendidikan yang paling diminati oleh mahasiswa asing yaitu pada urutan ke depalan yang paling diminati.

Jadi tidak berlebihan rasanya apabila menyatakan bahwa terobosan Belanda dalam mutu pendidikan melahirkan banyak pioner pioner yang memajukan perekonomian, teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia. Belanda tahu benar bahwa, Education is power.

Referensi

http://goo.gl/Oa314
http://goo.gl/kBnaE
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perguruan_tinggi_di_Indonesia
http://goo.gl/cdItI
http://www.lihat.co.id/2012/12/10-negara-yang-terbanyak-menjadi-tujuan.html
http://goo.gl/tGaCf

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s