KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#457 Smart Highways, Jalan Raya Pintar Untuk Dunia

Leave a comment

Oleh Shabrina Iskandar

Hello, world!
Kehidupan sosial yang dinamis di kalangan masyarakat dunia membawa berbagai atmosfer dan berita menarik setiap harinya. Tidak hanya mengenai fenomena sosial budaya, melainkan juga inovasi teknologi baru di berbagai bidang yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dunia.
Nah dalam kesempatan ini penulis ingin sedikit berbagi mengenai sebuah penemuan baru yang tengah ramai diperbincangkan masyarakat dunia. Guess what? Rumah di luar angkasa? Kita dapat tinggal di bintang? Oh tenang, tidak serumit itu. Penemuan ini dapat dikatakan lahir dari konsep sederhana namun memiliki manfaat besar bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di Negeri Kincir Angin, Belanda. Penasaran? Yuk lihat sekilas bagaimana penampakannya!
Menarik bukan? Ide brilian ini disebut sebagai Smart Highways, hasil kerjasama antara studio desain Roosegaarde dengan desainer Heleen Herbert dari Heijmans Infrastructure. Dicetuskan pada akhir tahun 2012, rencananya konsep ‘Jalan Raya Pintar’ ini akan diterapkan di sejumlah jalan raya di Belanda dalam beberapa tahun kedepan. Ide ini tentu saja disambut baik oleh para ahli teknologi, pemerintah, dan masyarakat Belanda. Mereka begitu menantikan wujud nyata dari desain yang telah dinobatkan sebagai ‘best future concept’ dalam ajang Dutch Design Awards ini.

Pembaca tentunya semakin penasaran dengan apa saja keunggulan dari Smart Highways. Tenang, rupanya sang desainer telah memberikan sedikit bocoran. Konsep utama yang ditawarkan adalah ‘glow in the dark road’‘dynamic paints’‘interactive lights’,‘electric priority lanes’ dan ‘wind lights’.

 
Di negara empat musim seperti Belanda, musim salju dapat menjadi salah satu hal yang mengganggu di jalan raya. Selain mengurangi jarak pandang, salju juga membuat jalan licin sehingga rawan slip. Implementasi dari konsep ‘dynamic paint’ adalah cat yang responsif terhadap temperatur. Saat cuaca mulai dingin dan membuat jalanan dingin, pola kristal es akan terbentuk sebagai pertanda bagi pengemudi.
   
Dalam cuaca yang tidak menentu seperti angin kencang, teknologi ‘wind light’memberikan peringatan pada pengemudi lewat cahaya yang terpancar di sekitar jalan.
‘Electric priority lane’ disebut-sebut sebagai konsep yang paling diunggulkan. Bagaimana tidak? Jalur khusus ini dapat menjadi ‘first aid’ bagi mobil elektrik yang kehabisan energi di tengah jalan. Layaknya charger, energi mobil dapat terisi kembali hanya dengan terus berada dalam jalur ini.
Dengan teknologi tinggi yang diterapkan pada jalan raya tersebut, diharapkan para pengemudi tak lagi khawatir dengan ancaman kecelakaan yang marak terjadi. Tidak hanya menjadi tempat untuk melintas, tetapi jalan juga seolah memiliki nyawa untuk menjadi guidesang pengemudi hingga tiba di tempat tujuan.
Sekali lagi, Negeri Tulip telah membuktikan kepiawaiannya dalam menciptakan teknologi-teknologi baru yang tidak hanya bermanfaat bagi peradaban, melainkan juga memberikan rasa aman dan nyaman yang akan meningkatkan kualitas hidup manusia dari masa ke masa. Tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain dapat merasa aman dan nyaman dalam setiap aktifitas kita, bukan?
Nah bagaimana, readers? Kita tunggu saja ya perkembangan Smart Highways ini. Semoga dapat segera diwujudkan dan tidak menelan biaya yang begitu besar agar dapat diterapkan di seluruh dunia untuk meminimalisir korban jiwa di jalan raya.
Referensi
http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20942340, diakses pada tanggal 9 Mei 2013 pukul 20.05 WIB

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s