KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#456 Karena Kenakalan, Belanda Bisa Jadi Pioneer

Leave a comment

Oleh Yogi Ariwibowo

Pemirsa..

Pe..pe..pe..mir..sa

Kata nakal seringkali diartikan sebagai suatu hal yang negatif. Nakal berarti suka berbuat kurang baik (tidak menurut, mengganggu, dan sebagainya terutama bagi anak-anak) sedangkan kenakalan adalah sifat nakal, perbuatan nakal, tingkah laku yang menyalahi norma yang berlaku dalam suatu masyarakat. Padahal, sebetulnya tidak selalu demikian.

Nakal adalah sebuah istilah yang biasa dilekatkan oleh orang dewasa kepada anak-anak karena berperilaku tidak sesuai dengan norma orang dewasa pada umumnya. Rasa ingin tahu yang begitu besar karena perkembangan pesat otaknya membuat anak ingin memuaskan rasa ingin tahunya berlebihan. Sehingga anak terus-menerus mencoba, menyentuh, tak bisa diam, bereksplorasi sebagai tindakan rasa ingin tahunya. Namun, orang tua seringkali menyebutnya sebagai nakal. Seorang anak disebut baik kalo anak tersebut bisa diam. Orang Jawa mengartikan nakal sebagai Ana Akal (baca :ono akal) yang berarti ada akal. Jadi orang yang nakal itu identik dengan orang yang kreatif, dan cerdas tidak selalu berkaitan dengan hal negatif.

Lantas apa hubungannya dengan Belanda? Ternyata dengan sifat nakal atau kenakalan yang dimiliki oleh orang Belanda inilah yang menjadikan mereka pioneer dalam banyak bidang. Keinginan untuk memuaskan rasa ingin tahu yang berlebihan membuatnya terus mencoba, tak bisa diam dan terus bereksplorasi.

Contoh kenakalan Belanda yang terkenal adalah bermain-main dengan air. Sudah sekian lama Belanda akrab dengan mainan kegemarannya ini. Belanda banyak membangun bendungan untuk menahan laju air, yang terbesar adalah proyek pembangunan Deltaworks yang merupakan bendungan dengan konstruksi yang rumit dibangun dalam waktu puluhan tahun. Belanda juga melakukan pengeringan kawasan air laut, dengan teknik polderisasi menjadi sebuah propinsi baru Flevoland yang kini dihuni oleh ratusan ribu manusia (sekitar 370.000 orang pada tahun 2005).

yogi

Lokasi Deltaworks (Garis Merah)

yofi2

Fleveoland

Contoh lainnya adalah terobosan penggunaan kantung plastik anti bocor sebagai pengganti toilet di kereta yang diberi nama TravelJohn. Kantung plastik ini dapat digunakan bahkan di tempat duduk kereta sekalipun. Sebuah solusi bagi mereka yang ingin buang air di tengah perjalanan. Selain anti bocor, di dalam kantung tersebut terdapat bubuk putih yang akan berubah menjadi gel jika terkena cairan. Setelah digunakan, penumpang dapat meninggalkan TravelJohn dalam kereta atau membawanya dan membuangnya ke tong sampah terdekat. Sungguh praktis sesuai dengan Tagline yang dimiliki TravelJohn itu sendiri Solusi Yang Bijak Kapan Saja Dimana Saja!

yogi3

Logo Produk TravelJohn

Delta Works dapat dikatakan sebagai awal mula lahirnya teknologi pengelolaan air yang dikenal hebat. Proyek raksasa pembangunan tanggul penahan gelombang laut ini menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern. Begitu juga dengan pembangunan Flevoland menjadi contoh pembangunan wilayah pemukiman yang berasal dari kawasan air. Tak ketinggalan si kantung plastik pengganti toilet. Mungkin terdengar aneh, tapi itulah nakal alias ana akal (ada akal) yang membuat Belanda menjadi pioneer dalam menciptakan teknologi yang berguna bagi orang banyak.

Semoga kita bisa meniru kenakalan Belanda, nakal dalam arti yang positif. Mario Teguh dalam halaman Facebooknya pernah mengungkapkan bahwa nakal dan kriminal adalah hal yang berbeda :

Adik-adik saya yang baik hatinya,
Nakal dan kriminal itu berbeda.
Nakal adalah perilaku Anda
yang kelebihan energi, banyak akal,
menyukai humor, menentang peraturan
yang tidak logis, dan suka berlaku tidak lazim.
Kriminal adalah perilaku orang
yang tidak menghormati hak orang lain,
menyebabkan kerusakan dan kerugian
kepada sesama dan alam.
Anak nakal memiliki bahan dasar
pembentuk pemimpin besar.
(Mario Teguh)

Referensi

http://pengairan.purworejokab.go.id/maeslantkering-salah-satu-keseriusan-negeri-belanda/
http://kesehatan.kompasiana.com/ibu-dan-anak/2012/07/30/apakah-ada-anak-nakal-481893.html
http://www.artikata.com/arti-341873-nakal.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Flevoland
http://ekahasibuan.blogspot.com/2012/05/kantung-plastik-sebagai-pengganti.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s