KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#452 To Make Lemonade out of Lemons: Sebuah Pelajaran dari Negara Raja Willem-Alexander

Leave a comment

Oleh Nella Fitri Maya Juwita

Belanda, ya itulah negara sang raja. Negara yang terkenal dengan hamparan bunga tulipnya nan indah adalah negara dataran rendah dimana seperempat dari negara tersebut berada di bawah permukaan laut (bpl). Titik terendahnya mencapai 6.76 meter bpl sedangkan titik tertinggi hanya 323 meter di atas permukaan laut. Dari fakta di atas, tak dapat disangkal bahwa air merupakan momok menakutkan bagi Belanda. Namun bukan Belanda namanya kalau menyerah pada keadaan. Dengan perjuangan tak kenal lelah, ia berhasil menaklukkan kekurangannya dan lebih fenomenal lagi, ia mampu menunggangi kekurangan tersebut hingga menjadikannya negara pionir.

Image

Semua berawal dari bencana banjir yang mengakibatkan Belanda kehilangan area yang luas pada abad ke-9 hingga abad ke-13. Untuk mengatasi bencana ini, dilakukanlah reklamasi terhadap lahan gambut di bagian barat negara tersebut yang berhasil mengurangi level ketinggian air. Namun sebaliknya, hal tersebut juga mengakibatkan penurunan tanah di bagian polder yang berakibat semakin rentannya wilayah tersebut terhadap banjir. Untuk mengatasinya, dibangunlah bendungan di sekitar lahan gambut dan di wilayah polder yang padat penduduk tersebut serta mulai diperkenalkannya kincir angin pada tahun 1250 hingga 1600.

Berbekal mental pekerja keras, tak kenal lelah dan selalu dinaungi rasa ingin tahu yang tinggi, bangsa Belanda terus berusaha menemukan cara terbaik untuk menaklukkan kekurangannya. Pada abad ke-17, dengan kemampuan teknologi yang semakin meningkat, Belanda berhasil melakukan pengeringan terhadap danau Haarlem seluas 18.000 hektar yang salah satu bagiannya menjadi tempat berdirinya bandara Schipol sekarang ini.

Image

Peta sebelum direklamasinya danau Haarlem (Haarlemmermeer)

Image

Pemandangan kota Haarlem (yang tadinya danau) di masa kini

Tidak berhenti sampai disitu saja, proyek pembangunan tanggul skala besar (Afsluitdijk) dimulai pada abad ke-20. Tujuan dari mega proyek ini adalah untuk menutup pintu terbuka Belanda yang langsung menghadap ke laut utara.

Image

Proses pengerjaan Afsluitdijk

Image

Afsluitdijk di Belanda

Namun dengan segala upaya yang telah dikerahkan, air (lagi-lagi) kembali menguji Belanda. Pada tahun 1953 terjadi banjir bandang yang merenggut nyawa 1800 warganya.

Image

Suasana pasca banjir tahun 1953

Putus kah asa Belanda? Tidak, teman. Mereka malah muncul dengan ide yang lebih brilian yang menghantarkannya sebagai negara dataran rendah pertama yang berhasil menaklukkan air. Ya, Belanda menjadi pionir karena air melalui proyekdeltaworks-nya. Deltaworks merupakan proyek proteksi banjir terbesar di dunia yang mulai dirintis oleh Belanda pada tahun 1953. Melalui proyek deltaworks ini, Belanda berhasil membangun 13 bendungan raksasa yang memakan waktu selama 30 tahun. Keberhasilan Belanda dalam proyek deltaworks tidak hanya diakui dinegaranya saja, namun juga di dunia. Hal ini terbukti dengan masuknya deltaworksdalam seven wonders of the modern world.

Image

Peta posisi delta

Image

Penampakan beberapa delta di berbagai tempat

Sudah selesaikah perjuangan Belanda? Belum, teman. Terkait dengan perubahan iklim global, pada tahun 2006 yang lalu Belanda kembali menelurkan pemikiran out-of-the-box nya dalam mengatasi banjir. Alih-alih memisahkan air dengan daratan, kini Belanda memberikan ruang lebih bagi air melalui pelebaran beberapa sungai. Proyek yang membutuhkan dana sebesar €2.3 juta ini diharapkan selesai pada tahun 2015.

Image

Sungai Rhine yang terlihat dari udara: salah satu sungai

yang dalam konsep memberikan ruang lebih pada air akan diperlebar

Itulah Belanda. Negara yang tak pernah lelah berjuang menghadapi kekurangan yang ada. Melihat perjuangannya, aku teringat pada sepenggal firman Allah SWT yang berbunyi:

Sesungguhnya Allah tak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka.”

Sungguh Belanda telah membuktikannya. Dengan perjuangan tanpa mengenal lelah akhirnya ia mampu mengubah nasibnya dari negara kerajaan tanah rendah langganan banjir menjadi negara terdepan penakluk sang banjir.

Image

Referensi

Delta Works Flood Protection, Rhine-Meuse-Scheldt Delta, Netherlands. Diakses melalui http://water-technology.net/projects/delta-works-flood-netherlands/
History of Water Management. Diakses melaluihttp://www.ruimtevoorderivier.nl/meta-navigatie/english/history-of-watermanagement/
Made in Holland. Solution for a Changing World.The Netherlands: Worldwide Partner for Water. Diakses melalui www.hollandtrade.com
Pioneering Water. Royal Netherlands Embassy.
Room for the River: Making room for the Dutch approach. Diakses melaluiwww.ruimtevoorderivier.nl
The Disaster of the 1953 Flood. Diakses melaluihttp://www.floodsite.net/juniorfloodsite/en/student/thingstoknow/hydrology/1953flood.html
10 Fakta Menarik Belanda. Diakses melaluihttp://olahraga.plasa.msn.com/football/euro-2012/features/10-fakta-menarik-belanda
Referensi Gambar
http://www.nationsonline.org/maps/netherlands_map.jpg
https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/graphics/flags/large/nl-lgflag.gif
http://25.media.tumblr.com/4abe00891e4baeb2e91657b681f0508f/tumblr_mhcmqsAXZP1s3i8zbo1_500.jpg
http://www.ricksteves.com/images/ben/haar_grote-markt.jpg
https://cdn4.gbot.me/photos/DM/qc/1305070941/Netherlands___Nov_27__013-Haarlem-20000000001581875-500×375.jpg
http://cdn.eupedia.com/images/content/haarlem-2.jpg
http://imagene.youropi.com/haarlem%28p:city,haarlem%29%28c:0%29.jpg
http://www.112sudwestfryslan.nl/wp-content/uploads/2011/01/afsluit.jpg
http://www.huubmous.nl/wordpress/wp-content/uploads/2007/03/afsluitdijk-afb1.jpg
http://www.autoevolution.com/news-image/afsluitdijk-cruising-over-water-11817-3.html
http://www.autoevolution.com/news-image/afsluitdijk-cruising-over-water-11817-4.html
http://davidmixner.typepad.com/.a/6a00d8341c90b153ef017ee4e632f1970d-pi
http://www.wired.com/images/article/magazine/1701/ff_dutch_delta_flood.jpg
http://www.deltawerken.com/modules/mediagallery/images/maps/dammen.jpg
http://images2-telegraaf.nl/multimedia/archive/00756/deltawerken_756512a.jpg
http://www.cityguiderotterdam.com/uploads/pics/deltawerken_01.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-xM0SDyDuwxI/TrTvtyKqvBI/AAAAAAAAAOg/tL2IPAEJB4U/s1600/198Delta.jpg
http://www.water.mottmac.com/waterprojects/?mode=type&id=403689
http://yabbedoo.files.wordpress.com/2011/04/tulipsfieldsinholland6.jpg
http://knowinglyundersold.files.wordpress.com/2010/07/lemonsylemonade.jpg
http://thrive.blogs.petaluma360.com/files/2010/05/Lemonade.jpg
http://www.esacademic.com/pictures/eswiki/51/300px-Netherlands_Afsluitdijk.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s