KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#448 Membangun Ekonomi Kreatif Melalui Agrikultur dan Bunga

Leave a comment

Oleh Nanda Nur Rafiana

Kreatif!!! Kata yang tepat untuk menggambarkan Belanda. Negeri sudah terkenal di seantero dunia dengan tulipnya. Bertempat di Kekeunhof kebun bunga tulip dibudidayakan. Tulip sangat berbeda dengan bunga lainnya. Orang-orang Belanda membudidayakan tulip dengan beraneka warna. Warna putih, merah,kuning,merah jambu bahkan tulip yang berwarna hitam pun ada loh.
nandaBandingkan dengan bunga yang umumnya seperti mawar yang hanya memiliki dua warna yaitu merah dan putih. Melati yang hanya memiliki satu warna yaitu putih. Sungguh hal ini merupakan ide kreatif orang Belanda karena sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bunga tulip bukan tanaman asli dari Belanda melainkan tanaman ini tumbuh dan hidup serta merupakan tanaman nasional di Iran dan Turki. Namun, masyarakat Belanda dapat membudidayakan bunga ini hingga dapat dijadikan kebun bunga terbesar yang terkenal di seluruh dunia yaitu Kekeunhof.
Ada hal khusus lain yang menjadi fondasi ekonomi kreatif Belanda. Bunga-bunga tulip serta jenis bunga lainnya di Belanda juga diperdagangkan melalui kegiatan ekspor dan impor. Seperti halnya perdagangan saham di bursa efek ternyata bunga juga dapat diperdagangkan melalui proses lelang. Aalsmeer Flower Auction(Bloemenveiling Aalsmeer) merupakan pusat bursa lelang bunga terbesar di dunia. Perdagangan yang dilakukan mencapai sekitar 20 juta bunga dan tanaman per harinya.
nanda2
Kreatifitas Belanda pun dapat terlihat nyata dari pusat bursa lelang bunga di Aalsmeer, karena peralihan mata pencaharian penduduk kota ini, dahulunya bukanlah di bidang pertanian dan pembudidayaan bunga. Dahulu kota ini didominasi oleh perairan dalam bentuk danau. Mata pencaharian penduduk di kota ini sebagian besar mengandalkan pada bisnis perikanan. Dengan kekuatan di bidang pertanian dan bunga ini Belanda dikenal sebagai salah satu eksportir bunga terbesar di dunia.
nanda3Belanda merupakan negara yang identik dengan bunga. Di negeri ini terutama masih di wilayah Aalsmeer juga terdapat sekolah merangkai bunga profesional yaituBoerma Instituut. Institusi ini sudah mendapatkan predikat sekolah merangkai bunga profesional terbaik di dunia. Pelajar yang mengenyam ilmu di sekolah ini banyak warga domesik maupun warga negara asing. Institusi ini sangat bermanfaat bagi pelajar yang ingin mrngembangkan bisnis florist atau sekedar tertarik ingin      menambah ilmu pengetahuan saja.
Kreatifitas masyarakat Belanda menciptakan pertumbuhan ekonomi kreatif di sektor pariwisata Belanda. Kekeunhof dengan kebun bunga terbesar dan terkenal di dunia, Aalsmeer dengan bursa pelelangan bunga terbesar di dunia, dan Boerma Institut dengan sekolah merangkai bunga terbaik di dunia merupakan bukti kreatifitas dan suatu inovasi yang dilakukan masyarakat Belanda. Seperti halnya Kekeunhof dan Boerma Institut telah menghadirkan wisatawan domestik dan mancanegara yang dapat menambah devisa negara serta disisi lain dapat memperkuat promosi pariwisata Belanda. Begitu juga Aalsmeer dengan bursa pelelangan bunga terbesar di dunia dapat menambah devisa negara melalui kegiatan ekspor dan impor tanaman dan bunga. Ketersediaan lahan yang terbatas bukan merupakan penghalang bagi masyarakat Belanda dalam membangun industri pertanian dan pembudidayaan bunga, terbukti ketiga icon telah menjadikan negeri kinci angin ini pioneer kemajuan ekonomi kreatif melalui industri agrikultur dan bunga.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s