KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#442 Belanda, Tempat Bertanya dan Ada Jawabnya

Leave a comment

Oleh Hera Hikmawati Ruswandi 

Belanda, mungkin bukan sesuatu yang asing di telinga. Apalagi kita, Bangsa Indonesia. Indonesia dan Belanda pernah ‘berbagi’ tradisi, kebiasaan, dan budaya di masa lampau dalam kurun waktu yang cukup lama. Sehingga pada akhirnya Belanda dan Indonesia memiliki cerita sejarah yang sama dari sudut pandang yang berbeda. We are connected each other because of the history.

‘Holland’, mungkin itulah yang biasanya sering kita sebut sebagai Belanda. Namun, Holland bukanlah Belanda secara keseluruhan. Belanda memiliki 12 provinsi, di mana 2 dari 12 provinsi menyebut dirinya dengan ‘Holland’. Kedua provinsi tersebut adalah Noord Holland dan Zuid Holland. Sepuluh provinsi lainnya, diantaranya adalah Groningen, Limburg dan Utrecth, tidak termasuk ke dalam Holland. So, Holland is not the synonym of The Netherlands. Got it?

Namun istilah ‘Holland’ memang sudah mendunia. ‘Holland’ sudah merepresentasikan negara Belanda. When they say Holland, it means The Netherlands. Hal itu dikarenakan ‘Holland’ sudah menjadi brand dari negara kincir angin tersebut. Brand yang mewakili berbagai sejarah, tradisi, budaya, demografi, politik, dan ekonomi dari negara pengekspor bunga terbesar di dunia itu.

Belanda, dengan jargon terbaiknya “Pioneers in International Business” memang layak menjadi pionir dalam berbagai macam bidang. Sebut saja djik (bendungan) yang dibangun oleh Belanda. Keberadaan wilayahnya yang tidak menguntungkan, dimana rata-rata letak daratannya tidak lebih dari 1 mdpl, membuat Belanda berpikir keras untuk menciptakan sebuah daratan yang aman dan bersahabat dengan air. While God created the earth, the Dutch created the Netherlands.

 

Dari hari ke hari Belanda terus berinovasi untuk menjawab segala permasalahan yang terjadi di negaranya. Ketika Inggris melempar isu kelaparan global, Belanda dengan cepat menanggapi hal itu dengan aksi. Sebagai negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di Eropa,  Belanda telah berfokus pada pengembangan teknologi pangan sehingga hal itu juga yang meguatkan  perekonomian negara tersebut. Belanda merupakan pusat riset dan pengembangan pangan dunia, menciptakan berbagai inovasi dalam sektor pangan, misalnya adalah menanam di air payau. Ketika negara lain masih memikirkan bagaimana menghadapi ancaman tersebut, Belanda telah memiliki solusinya.

Keunggulan Belanda lainnya adalah sebagai pusat pembelajaran astrofisika dan ilmu tentang atmosfer. Produk industri semisal OMI, Gomez, dan SCIAMACHY (SCanning Imaging Absorption SpectroMeter for Atmospheric ChartographY) merupakan hasil penelitian para ilmuwan Belanda yang sangat berpengaruh dalam dunia astronomi.

Bukankah Belanda memang pantas menjadi sebuah negara pionir dalam berbagai bidang? Karakter dari orang Belanda (The Dutch) mendukung untuk menjadi negara yang maju. Bangsa Belanda yang terbuka, kreatif, inovatif, menjunjung tinggi jiwa wirausaha, dan berpikiran luas merupakan hal yang cukup memberikan kontribusi pada kemajuan Belanda. Ada satu hal yang juga merupakan tipikal orang Belanda, cepat tanggap. Ya, Bangsa Belanda memiliki sifat cepat tanggap. Isu dilempar, Belanda menjawab. Belanda merupakan sebuah tempat untuk bertanya dan harus ada jawabnya.

 

Wajar jika banyak pelajar Indonesia yang menuntut ilmu disana. Selain karena pendidikan di Belanda yang sudah terkenal bagus, teknologi Belanda yang kian berkembang, dan inovasi yang terus-menerus, keindahan negara yang kian memikat, pelajar Indonesia merasa bahwa sejarahlah yang membawa dirinya ke negeri tersebut. Seperti kata teman saya, “Tidak susah jika merindukan Indonesia ketika di Belanda, pergi saja ke Leiden, Indonesia ada disana”. Saya siap pergi ke Belanda, kamu?

 

Referensi

http://www.een.sopot.pl/templates/422/files/file/Holandia2.pdf

http://www.dwc.knaw.nl/wp-content/HSSN/2004-5-Dutch%20Pioneers%20Earth%20Sciences.pdf

http://deltavision.ca.gov/BlueRibbonTaskForce/May2008/Pioneering_Water_Netherlands.pdf

http://www.hollandtrade.com/experience-holland/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s