KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#440 Kreativitasnya yang luar biasa ditengah keterbatasannya

Leave a comment

Oleh Shabrina Eka Pitasari Putri 

Dutch pioneer. Ya, jika ditanya mengenai Dutch Pioneer, maka tanpa ragu saya akan menyatakan kekaguman saya terhadap ide-ide kreatif para ilmuan Belanda yang mempelopori solusi-solusi yang menakjubkan untuk mengatasi keterbatasan Negara Bendungan tersebut. Beberapa diantaranya adalah cara-cara unik mereka membangun negeri yang sangat diminati wisatawan untuk dikunjungi. Ya, memang sangat unik.

Sebagaimana yang kita ketahui, hampir separuh dari negara Belanda berada kurang satu meter dari permukaan laut. Permukaan tertingginya hanya 321 meter di permukaan laut, yaitu propinsi Limburg, yang berada di bagian tenggara negeri Belanda. Sedangkan, permukaan terendahnya yaitu daerah bernama Nieuwerkerk aan den Ijssel berada berada 6.76 dibawah permukaan laut.
 
Banjir besar dan lautan badai yang berulang kali menerpa mendorong negara Tulip ini pantang menyerah pada keadaan. Penduduk negeri Tulip pun ‘dipaksa’ berkreasi untuk dapat bertahan di negaranya sendiri. Untuk bertahan dari terjangan air maka dibuatlah bendungan-bendungan untuk menahan air yang mengelilingi tanah Belanda. Ya, bagaikan ‘menguras dan mengeringkan  air laut’, danau-danau yang ada di Negara Tulip tersebut dikeringkan, polder (tanah reklamasi) dibangun, dan ketinggian air dikontrol. Sampai pada akhirnya pembangunan bendungan berujung pada pembangunan Afsluitdijk.
Afsluitdijk adalah salah satu mahakarya modern Belanda, dimana  satu keping bendungan yang membentang sepanjang 32 km lurus-lempeng, dengan lebar 90 m, seolah seperti garis yang membelah lautan. Dengan ketinggian 7,25 meter dari permukaan laut, di atas bendungan tersebut terbentang jalan bebas hambatan dan jalur khusus untuk sepeda. Sungguh suatu proyek yang mengagumkan. Mengubah negeri bawah laut tersebut menjadi negeri yang kokoh berdiri hingga saat ini. Pada monumen bendungan Afsluitdijk tertulis: “Bangsa yang hidup, membangun masa depannya”. Dari kalimat tersebut dapat tercermin gigihnya perjuangan para penggagasnya.
Tidak puas sampai disitu, Negara Oranye ini membangun tanggul penahan gelombang laut yang lebih besar dan rumit dari Afsluitdijk untuk memperkokoh negaranya. Tanggul ini diberi nama Delta Works. Perencanaan tata ruang dan konstruksi difokuskan pada pemisahan air dan dataran. Dengan tembok setinggi 13 meter dari permukaan laut, sistem ini diyakini mampu menahan badai besar yang terjadi di Belanda.
Dengan total panjang 16.500 km, yang terdiri dari 2.420 km bendungan utama dan 14.080 km bendungan sekunder, jumlah totalnya adalah 300 struktur raksasa. Tentu tidak diragukan lagi Afsluitdijk dan Delta Works, dua mahakarya tersebut kini dipercaya menjadi salah satu keajaiban konstruksi raksasa di dunia modern ini.
Tidak cukup dengan bendungan untuk melawan banjir, Belanda kini juga menjadi pelpor dalam mengembangkan rumah amfibi yang dapat mengapung di atas air ketika terjadi banjir. Rumah amfibi atau dutch floating eco-homes ini sangat efisien sebagai solusi mengatasi banjir mengingat keterbatasan lahan yang dimiliki.
Kreativitas dan inovasi yang dimiliki oleh bangsa Belanda tidak muncul secara tiba-tiba, namun karena didukung oleh sistem pendidikan yang dirancang secara sistematis dan berkualitas tinggi. Tidak semata-semata hanya untuk memperoleh ilmu tetapi berfungsi juga untuk menanamkan budaya inovasi dan kreativitas untuk menghadapi tantangan global.
Inilah yang saya sukai dari negeri Bendungan ini. Meskipun Negara kecil, tetapi memiliki pengaruh yang kuat karena kualitas SDM nya yang luar biasa. Seperti pepatah di sini, kecil-kecil cabe rawit J.
Referensi

http://www.emfajar.net/featured/rahasia-belanda-mengubah-keterbatasan-menjadi-kreativitas/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s