KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#437 Jajanan Kepioniran Terlengkap? ‘TOSERBA’ ala Belanda Pakarnya

Leave a comment

Oleh Azizah Mahmud

Karena yang pertama selalu tercatat dalam sejarah….
Apapun itu, mulai dari penemuan sampai dengan cinta sekalipun, orang selalu berkata: yang pertama yang tak terlupakan, the first is the unforgettable.
Yup, itulah alasan mengapa sebagai negeri liliput di tengah hamparan Benua Biru, Belanda menjadi negeri yang paling diingat. Untuk menjadi yang pertama, be a pioneer, tentu bukan hanya persoalan menjadi kreatif. Lebih dari itu, Belanda “segera”, “sekarang juga” melakukan hal yang belum pernah dibayangkan orang sebelumnya.
Ketika sebagian orang masih sibuk menuding dan tak hentinya menyesal sepanjang waktu “Harusnya bukan Belanda yang lama menjajah Indonesia…”, Belanda menjadi negara yang paling berani memutuskan untuk menerapkan prinsip do it now or never, dan biarkan dunia terkesima!
Faktanya…
Menelusuri jejak rekam sejarah kepioniran Belanda rasanya seperti berbelanja di sebuah toko serba ada ‘TOSERBA’. Tak harus ruang seluas mal atau supermarket, cukup sepetak lahan, tetapi lengkap menyediakan segala keperluan dan kebutuhan. Sebutkan semua rumus pertanyaan 5W+1H  yang bisa diajukan tentang kepioniran, cukup negeri se-‘imut’ Belanda yang menjawabnya.
Untuk era sekarang ini, What’s the biggest thing changing people’s life?Apalagi kalau bukan teknologi. Kehidupan banyak manusia berubah dan menjadi mudah berkat teknologi. Dari sekian nama-nama maupun prestasi Belanda di area teknologi, pernah kenal Who’s Victor Hayes atau Jab Haarsten? Hayes, peneliti senior di Universitas Delft, adalah THE FIRST person yang berhasil menemukan teknologi wi-fi , sedangkan Haarsten menjadi orang Belanda paling berjasa karena menciptakan teknologi bluetooth di urutan SATU sebelum manusia dari negara lain sempat memikirkannya.
Soal waktu, Belanda selalu terdepan.
Setiap kali mendengar talu lagu kebangsaan berkumandang di berbagaievent, pernah nggak tergelitik buat bertanya When? “Kapan” sich lagu macam ini mulai ada? Satu fakta yang harus diketahui. Selanjutnya, berterima kasihlah pada Belanda. Why? “Mengapa”?? Sekitar kurang lebih 4,5 abad yang lalu, tepatnya sejak tahun 1574, orang-orang Belanda telah mengajarkan cara untuk memberikan nilai bagi bangsanya. Sebuah lagu berjudul Wilhelmussudah diciptakan dan menjadi lagu kebangsaan “Ter-Tua” di dunia meskipun lagu ini sendiri baru diproklamirkan secara resmi pada 10 Mei 1932 sebagai lagu kebangsaan milik rakyat Belanda.
[2]
Bagi para pencari ilmu, tak perlu jauh-jauh mencari surga guna melepas dahaga pengetahuan. Datanglah ke Belanda ikuti jejak Pieter Zeeman, Willem Einthoven, hingga Charles Koopmans, para pioneer di bidangnya yang pernah menerima nobel setelah tercatat sebagai alumnus-alumnus jebolan Belanda. Galau dengan problematika bahasa? Bahasa memang menjadi momok paling disegani, khususnya bagi pelajar asing yang hendak menuntut ilmu di negeri orang. Here’s the right place Where you can speak English freePopuler as the most open minded country,  Belanda tercatat sebagai negara berbahasa non-Inggris “PERTAMA” yang menerapkan bahasa Inggris ke dalam 1.500 progam studi internasional yang ditawarkan. Tak heran nama beasiswa Erasmus Mundus yang ditujukan bagi akademisi yang ingin menempuh ilmu di daratan Uni Eropa pun diambil dari nama besar tokoh Belanda Desiderius Erasmus Roterodamus.
  
    
 [3]
How? “Bagaimana” bisa negeri kurcaci ini menjadi markas ternyaman bagi koloni besar para pioneer? Dengan kebahagiaanlah Belanda meng-AWAL-i semunya. Nyatanya, tiap tahun Belanda tak pernah absen menduduki posisi atas untuk kategori The Word’s Happiest Country.
Segeralah catatkan nama dalam sejarah setelah berbelanja segalanya di Belanda.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s