KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#432 Health Care System in Dutch : Asuransi Kesehatan untuk Kesejahteraan

Leave a comment

Oleh Prasetyo Aji Nugroho
Belanda merupakan negara yang selalu mencari solusi dari setiap masalah yang terjadi. Dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, Belanda mempunyai kebijakan sendiri dalam mengatur sistem pembiayaan perawatan kesehatan, yaitu setiap orang yang terdaftar sebagai penduduk Belanda harus menjalankan kewajiban hukum untuk memiliki asuransi kesehatan. Hanya ada satu sistem asuransi kesehatan di Belanda, yang disebut Zorgverzekeringswet (ZVW).
Perusahaan asuransi kesehatan berkewajiban memberikan standar perawatan kesehatan.  Adapun standar perawatan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kesehatanadalah
1.        Perawatan selama di rumah sakit di kelas III.
2.        Rehabilitasi setelah menjalani perawatan di rumah sakit.
3.        Perawatan medis oleh spesialis, dokter dan bidan.
4.        Perawatan gigi bagi orang-orang muda yang berumur kurang dari 22 tahun.
5.        Terapis, seperti ahli terapi bicara dan ahli diet
6.        Perawatan kesehatan mental.
7.        Perawatan bersalin.
8.        Bantuan medis yang diperlukan selama liburan atau perjalanan bisnis ke luar negeri, di seluruh dunia.
Ada 3 jenis pilihan kebijakan asuransi yang ditetapkan oleh pemerintah Belanda, yaitu:
  1. Policy in kind: perusahaan asuransi menetapkan kesepakatan untuk membuat kontrak dengan pemberi pelayanan kesehatan agar dapat memberikan perawatan kesehatan apabila dibutukan. Pihak asuransi kesehatan akan membayar tagihan langsung kepada pemberi pelayanan kesehatan.
  2. Restitution policy: klien dapat memilih pelayanan kesehatan sesuai dengan keinginannya dan membayar tagihannya sendiri. Setelah melakukan perawatan kesehatan, perusahaan asuransi akan mengganti pembayaran yang telah dilakukan.
  3. Combination policy: sebagian pembayaran akan dilakukan oleh perusahaan asuransi dan sisanya dibayar sendiri.
Premi/ uang pembayaran untuk asuransi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama terdiri dari premi tahunan sekitar€1,158. Sedangkan bagian lainnya adalah kontribusi pendapatan yang berhubungan dengan otoritas pajak. Kontribusi ini harus dibayarkan oleh perusahaan tempat kita bekerja yang dipotong dari gaji. Jika seseorang mendapatkan pendapatan yang rendah maka akan menerima kontribusi premi asuransi kesehatan dari otoritas pajak. Tunjangan perawatan ini disebut Zorgtoeslag.
Semua orang yang memiliki asuransi kesehatan secara otomatis diasuransikan dan premi yang dibayarkan diambil dari pajak. Sedangkan anggota keluarga yang mempunyai anak-anak dibawah umur 18 tahun harus memiliki asuransi dimana pembayaran premi dilakukan oleh orangtua mereka. Maka, tidak diragukan lagi Belanda mempunyai perhatian yang lebih terhadap kesehatan penduduknya sehingga setiap penduduknya, baik orang yang tidak mampu maupun orang yang mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan selayaknya sesuai dengan asuransi kesehatan yang dimilikinya. Bagi mereka yang ingin menjadi penduduk tetap di Belanda, tidak usah khawatir terhadap perawatan kesehatan dan pembiayaan kesehatan karena mereka akan mendapatkan asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s