KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#429 Critical Thinking = 3B!

1 Comment

Oleh Christine Islany Sari Mamora

“Critical thinking is the intellectually disciplined process of actively and skillfully conceptualizing, applying, analyzing, synthesizing, and/or evaluating information gathered from, or generated by, observation, experience, reflection, reasoning, or communication, as a guide to belief and action “. -Michael Scriven
Kutipan di atas memang layak disandang oleh masyarakat Belanda yang terkenal dengan cara berfikirnya yang kritis sehingga berdampak pada tingkat kreatifitasnya yang tinggi. Keadaan geografis Belanda yang sebagian permukaan wilayahnya berada kurang 1 meter di bawah permukaan laut membuat masyarakat negeri kincir angin tersebut terpacu untuk menciptakan ide-ide kreatif agar dapat bertahan hidup. 3B yang terdiri dari berkreasi, beraksi, dan bereaksi sangat tepat untuk diterapkan di negara yang juga mendapat julukan sebagai Negeri Tulip tersebut. Yang pertama yakni berkreasi, dimana orang-orang Belanda telah melahirkan beragam inovasi. Mereka berlandaskan pada prinsip ‘think out of the box’ yaitu cara berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dan memiliki nilai lebih sehingga akan membuat mereka menjadi lebih maju. Karena hampir sebagian daratan Belanda terletak di bawah permukaan laut, masyarakat Belanda berpikir keras dengan mencari solusi agar wilayahnya tidak tenggelam akibat air laut.
 
Yang kedua yakni beraksi dimana masyarakat Belanda telah mengembangkan hasil kreasi mereka dengan beraksi. Pada abad ke-13, masyarakat Belanda membuat sebuah kincir angin yang berfungsi untuk mendorong air ke lautan sehingga terbentuk daratan baru yang lebih luas.Belanda menjadi sangat inovatif ketika harus terjaga dari air karena hampir seluruh wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut yaitu rata-rata sekitar 1 meter di bawah laut. Tetapi, otak mereka bekerja keras untuk menemukan cara terbaik mengatasi masalah tersebut. Walaupun dalam sejarahnya kincir angin bukan berasal dari Belanda, namun masyarakat Belanda mengembangkan kincir angin dengan teknologi yang tinggi.
christine
Yang ketiga yakni bereaksi. Ternyata banyak sekali yang dapat dimanfaatkan dari kincir angin tersebut selain untuk mendorong air ke lautan, seperti digunakan untuk pembangkit listrik, menggiling gandum menjadi tepung dan mengalirkan air dari polder sehingga sangat banyak membantu bagi perekonomian Belanda.
 christine2
Setelah ditemukannya mesin uap, kincir air semakin ditinggalkan. Oleh karena itu banyak kincir angin menjadi tidak berfungsi dan akhirnya dihancurkan sehingga dari yang jumlahnya sekitar 10.000 hingga menjadi 2500 buah. Namun negara yang terkenal akan pewarisan budayanya ini tidak serta merta berdiam diri melihat kondisi tersebut. Masyarakat Belanda menjadikan beberapa kincir angin yang tersisa tersebut sebagai tujuan pariwisata di daerahnya bahkan dari seluruh penjuru dunia yang mendatangkan income bagi perekonomian Belanda.Kinderdijk merupakan salah satu kawasan obyek pariwisata yang memiliki 19 sisa kincir angin. Kincir angin tersebut tertata rapi dan terlihat menarik sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai tujuan pariwisata.
 christine3
Maka sampai hari ini, kincir angin merupakan karakteristik dari pemandangan Belandadan sebagai simbol perjuangan Belanda dengan air. Bangsa Indonesia dapat belajar dari masyarakat Belanda yang critical thinking supaya mampu menemukan terobosan baru guna membangun Indonesia menjadi lebih baik.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#429 Critical Thinking = 3B!

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s