KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#428 Lintasi Samudera, Ekspansi dan Eksploitasi

Leave a comment

Oleh Herlin Eka Pratiwi 

Jika kita tambahkan dua katakunci Indonesia dan Belanda di headline atas maka apa yang terlintas dalampikiran kita?Hhmm..Apa kita berpikir hal yang sama?? hal yang biasanya terjadiketika kita sebagai warga Negara Indonesia yang cinta tanah airnya mendengar,melihat, atau menemukan kata Belanda maka hal yang pertama kali terlintas dibenak kita adalah penjajahan, iya kan? mungkin ini adalah efek yang begitumelekat sebagai sisa-sisa ingatan dari pelajaran sejarah tempo dulu semenjak SDsampai SMA ya,But wait the minute,Hey come on,,, let’s tryto see in another point of view. Ehhm,,sebenarnya tidak akan mengubah  jalannya sejarah di masa lalu sedikitpun sihtapi setidaknya semoga bisa mencerahkan jalannya harapan di masa depan,agree??OK, back to the topic mau dilihat dari point of view sebelah mana?yukkita bahas bersama  :)

Jika kita mengingat kembali tentang Belanda ada pertanyaan menggelitik yang menarik untuk dipikirkan bersama, Bealnda  adalah Negara yangtidak begitu besar dibandingkan dengan Negara eropa lainnya tapi lantas apa itumembuat orang-orang di negara ini merasa kecil? Belanda juga ternyata bukanNegara yang dititipi kelimpahan sumber daya alam, luas wilayahnya tercatat hanya seluas 41.526 km2 dengan 18,41% nya air (wikipedia), bahkan jika dilihat dari segi geografisnya  sangat tidak menguntungkan, bayangkan kira-kira separoh negera Belanda letaknyadi bawah permukaan laut dan sungai-sungai, sehingga diperlukan banyak tangguldan pompa air untuk menjaga supaya daerah itu tetap kering, karena alasan inilah Belanda juga dikenaldengan sebutan Koninkrijk der Nederlanden(kerajaan tanah rendah), lantas apa ini membuat orang-orang di tempat inimerasa hidup dalam ketakutan?

Peta Negara Belanda

Satu hal lagi yang perlu dipertanyakan dari Belandayang pernah menguasai negara kita selama kurun waktu yang lama, apakah Negaraini seperti Negara gajah putih Thailand yang tak pernah tersentuh penjajahan?

NOW,,Its time toanswer the question🙂

Jawaban untuk 3 pertanyaan tadi adalah TIDAK,,,iyabenar-benar TIDAK. Orang-orang Belanda ternyata TIDAK merasa kecil, TIDAKmerasa ketakutan, dan TIDAK luput dari penguasaan Negara lain artinya dulu punBelanda sempat dijajah juga. Negara spanyol di masa raja Filips II sempatmenjadi penguasa Belanda, dikisahkan pada masa tersebut perebutan kemerdekaandari Spanyol diawali dengan pemberontakan panjang selama 80 tahun oleh seorangpioneer bernama pangeran Willem VanOranye, berkat jasanya Ia diberi gelar Bapak tanah airnya Belanda. Kemudianpada tahun 1810 dibawah Napoleon Bonaparte, Belanda kembali terjajah. Baru di tahun 1814 terbentuklahKerajaan Belanda yang merdeka, wilayahnya meliputi seluruh wilayah negaraBelanda saat ini ditambah dengan Belgia dan Luxemburg

Willem Van Oranye (1533-1584) Sang Pioneer Pendiri Negara Belanda

Dari kondisi yang serba terbatas inilah kecerdasan dankreativitas bangsa belanda bermunculan, pioneer  pengembangan di perbagai bidang pun akhirnya ditemukan,seperti di tahun 1596, Kakak beradik De Houtman menjadi pioneer perlayaranmenyebrangi samudera dan tiba di Banten,tujuan awalnya membuka jalur perdagangandengan membeli pelbagai rempah-rempah dan hasil bumi untuk dijual lagi didaratan eropa hingga akhirnya  perusahaanVOC atau dikenal kumpeni ingin mengekspansi wilayah dan mengeksploitasi sumberdaya alam. Era penjajahan pun dimulai, sistem tanam paksa yang selama ini hanyakita ketahui dititik beratkan merugikan bangsa Indonesia dan justru sangatmembantu bangsa Belanda untuk membangun tanggul dan infrastruktur penahanbanjir, Belandajuga bisa membangun jaringan kereta api yang sampai sekarang masih dipergunakanserta dua jalan air penting Belanda, Noordzeekanaaldan de Nieuwe Waterweg.

Naah,,Diawal tulisan tadi kan kita sepakat untuk melihat dariperspektif yang berbeda ya? Okeey,,mari kita lihat dari segi kecintaan orangBelanda terhadap negaranya,mereka menjadi pioneer sebagai pembuktikan secaranyata kecintaan dan kepeduliannnya terhadap negaranya, segala upaya merekalakukan untuk mempertahankan negaranya tetap ada diatas permukaan laut meskidengan melakukan ekspansi dan eksploitasi ke wialyah lain. Lalu di zamansekarang ini apa itu masih relevan? Yupz tentu saja, lakukan ekspansi daneksploitasi kemana saja di seluruh belahan bumi ini tapi bukan penguasaanwilayah yang kita cari melainkan ilmu pengetahuan yang kita tuju, setelah nantikita dapatkan ilmu yang bertebaran di seluruh penjuru  dunia maka kembalilah ke pangkuan Ibu pertiwidan bangun negara kita yang tercinta ini, INDONESIA🙂

    

Referensi

http://seputaraceh.com/read/8817/2012/06/15/mitos-350-tahun-penjajahan-belanda
http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
http://zoneinformasi.wordpress.com/2011/04/26/mengenal-belanda-bag-1/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s