KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#418 Manisnya Belanda

Leave a comment

Oleh Ronauli Siahaan

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar “BELANDA” ?

Yup, bener! Saya sependapat dengan yang kalian pikirkan.

Coenraad Johannes van Houten

Belanda paling identik dengan KEJU . Tapi tahukah temen-temen, dari Belanda yang paling terkenal bukan hanya keju tetapi juga coklat. Pasti banyak dari kita yang sangat menggemari cemilan satu ini. Hm, meski kadang ada istilah “haram” bagi sang pemeluk program diet. Hihihi..

Coklat juga sering digunakan sebagai hadiah untuk merayakan moment-moment tertentu. Biasanya adalah ketika hari valentine. Tapi tahukah temen-temen tentang asal-usul coklat? Mari baca lebih lanjut, saya akan coba ceritakan mengenai sejarah coklat.

Penemu coklat pertama kali adalah bangsa Belanda namanya Casparus van Houten dan anaknya Coenraad van Houten. Pada tahun 1828, Casparus van Houten menciptakan alat pemerahan untuk memisahkan lemak coklat dari biji coklat yang sudah dipanggang. Duet ayah dan anak inilah yang menjadi pionir dari perkembangan industri coklat di kancah internasional.

Kemudian proses pembuatan coklat mengalami inovasi. Sang anak Coenraad van Houten menemukan teknik alkalisasi. Proses alkalisasi adalah proses pengolahan kakao, yang berperan penting untuk menghilangkan rasa pahit dari coklat. Kakao padat dipisahkan dari kakao butter dengan cara ditekan. Dengan proses ini asam yang ada dinetralkan, serat melunak dan putus. Hasil dari proses alkalisasi adalah coklat yang berbentuk bubuk, penuh rasa, mudah dicerna, dan mudah larut dalam susu atau air. Coklat yang dilarutkan di air bersama gula dan mentega kemudian dapat dicetak menjadi coklat padat. Melalui coklat padat inilah yang kemudian diinovasi lagi menjadi berbagai bentuk makanan lain tentunya tetap dengan cita rasa coklat seperti, wafer, permen, dan lain lain. Teknik alkalisasi ini dikenal dengan prosesDutching, karena proses tersebut pada saat itu hanya ditemukan di Belanda. Teknik alkalisasi tersebut kemudian dipatenkan secara resmi oleh Raja William IV.

    

Pada tahun 1850, Van Houten membangun pabrik baru di Weesp, Belanda. Sejak saat itu, perusahaan Van Houten mulai mengekspor produknya ke Inggris, Perancis dan Jerman. Bisnisnya mencuat di kancah internasional. Yang dimulai dari partisipasinya pada acara pameran internasional. Saat itu, Van Houten menerima berbagai penghargaan dan medali emas. Pada tahun 1900, Van Houten masuk dalam peringkat 10 merek yang paling terkenal di AS. Dan mulai mengembangkan bisnisnya. Pada 1918, Van Houten membuka pabrik baru di Jerman, Perancis, Inggris, dan Singapura.

    

(variasi coklat Van Houten yang masih ada sampai sekarang)

Ada lagi coklat yang mungkin sering kita jumpai atau mungkin juga sering kita konsumsi. Apa itu?

Ini jawabannya: Mieses atau Meses

Mieses adalah coklat berbentuk butiran. Biasanya sering digunakan sebagai pelengkap makanan seperti, martabak, penambah rasa pada lapisan roti tawar,dll. Ternyata cemilan yang telah kita gemari sejak masa kecil ini berasal dari Belanda. Meises di Belanda disebut hagelslag dan pelengkap variasinya adalah muisjes. Pada awalnya muisjes bukanlah berbahan baku coklat tetapi adas manis (aniseed) yang dibalut dengan gula dan pewarna. Muisjes adalah makanan tradisional Belanda.

Sekarang udah pada tahu kan asal-usul coklat. Mari kita sama-sama belajar dari etos kerja bangsa Belanda. Dengan kerja keras mereka berhasil menjadi pionir dalam banyak hal. Jika Sang Maha Kuasa berkehendak karya kita pun bisa dikenang dunia🙂

Referensi

http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2010/09/pembuat-cokelat-belanda-van-houten.html
http://nadiafriza.wordpress.com/2010/04/10/awal-industri-cokelat-dan-belanda/
http://id.wikipedia.org/wiki/Masakan_Belanda
http://id.wikipedia.org/wiki/Cokelat_butir
http://unik.kompasiana.com/2012/06/18/warisan-nama-makanan-khas-belanda-470686.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s