KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#415 Belanda, Sang Pioneer Konsep Green Country Masa Depan

Leave a comment

Oleh Ayu Rahayu

Negara Belanda sebagai “Green Country”

Perkembangan dunia saat ini sedang berada dalam tingkat kemajuan yang sangat tinggi, khususnya dalam bidang teknologi modern. Disisi lain, akibat perkembangan tersebut muncul permasalahan lingkungan yaitu penipisan lapisan ozon akibat emisi polutan di udara. Penyebab efek tersebut karena penggunaan teknologi yang tidak ramah lingkungan. Namun, Belanda memiliki konsep Green country yang berbeda dengan negara lainnya, yaitu pengembangan teknologi modern berbasis ramah lingkungan dan pelestarian sumber daya alam hayati.
Bidang industri merupakan salah satu penyumbang terbesar kerusakan lingkungan. Namun Belanda memiliki teknologi ramah lingkungan dalam bidang industri yaitu Kincir Angin. Kincir Angin dibangun di Belanda sejak abad ke-13. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kincir angin di Belanda memiliki Industrial function untuk meningkatkan perekonomian negara yaitu sebagai sarana dibidang pertanian dan industri seperti produksi kertas, pengasah kayu, pengeluaran minyak dari biji, dan penggilingan jagung. Teknologi ini bersifat ramah lingkungan karena menggunakan tenaga angin untuk menjalankan fungsinya dan tidak menghasilkan limbah toxic seperti asap dan logam berat.
Bidang transportasi juga merupakan penyumbang besar dalam hal kerusakan lingkungan karena menghasilkan polusi udara. Belanda memiliki teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi yaitu dengan konsep pemanfaatan air sebagai sarana transportasi. Penggunaan sistem ini menggunakan jalur kanal. Konsep ini mampu menghasilkan salah satu kota di Belanda yaitu Giethoorn sebagai kota bebas polusi. Seluruh aktifitas di kota ini menggunakan jalur transportasi air. Saat ini Negara-negara maju sedang membuat kendaraan yang ramah lingkungan untuk mengurangi polusi udara, namun Belanda sudah menggunakan konsep transportasi ramah lingkungan ini sejak abad ke-19. Teknologi ini bersifat ramah lingkungan karena memanfaatkan sumber daya air dan tidak menghasilkan polusi udara.
Kerusakan lingkungan lainnya dapat disebabkan dari keberadaan sampah. Belanda merupakan negara pelopor yang mampu mengolah sampah secara ramah lingkungan karena menggunakan bahan alami untuk mendaur ulang sampah tersebut. Salah satu diantaranya Negara ini memiliki konsep penetralisir sampah menggunakan Algae yang mampu menetralisir limbah cair beracun dan meningkatkan efisiensi sistem pengelolaan limbah. Konsep pengelolaan limbah berbasis sumber daya alam tersebut hingga saat ini belum banyak dilakukan di beberapa negara maju dan berkembang.
 Selain menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam mengelola sampah atau limbah. Belanda juga mampu mengubah limbah menjadi sumber energi bagi negaranya. Belanda memiliki megaproyek pembangkit tenaga listrik berbasis kotoran unggas yang disebut Delta NV. Delta NV mampu menghasilkan listrik cukup besar yaitu sekitar 90.000 rumah per tahun. Teknologi ini bersifat ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah sebagai sumber energi utama. Selain menguntungkan dalam industri pembangkit tenaga listrik, Delta NV ini menjadi pelopor solusi dalam pengelolaan limbah kotoran unggas.
Selain melakukan pengembangan teknologi, sebagai Negara yang peduli akan lingkungan, Belanda juga mengembangkan pelestarian variasi Bunga Tulip. Pelestarian hayati penting dilakukan sebagai wujud menjaga kelestarian sumber daya alam. Selain itu, bunga tulip dapat dimanfaatkan juga sebagai penahan banjir. Pengembangan inovasi teknologi ramah lingkungan dan pengembangan sumber daya alam hayati yang dilakukan Belanda menjadikan negara ini sebagai pelopor Green country. Konsep yang sangat dibutuhkan oleh Negara-negara lain di masa depan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik di bumi ini.
Netherland as Pioneer, Save our earth for living better!
Referensi
Agustiar. 2012. Belanda tawarkan Pengolahan Limbah.  http: //www. riaupos.co/ berita. php? act=full&id=9421&kat=6#. UYoaZWdK4-g. Diakses tanggal 5 Mei 2013.
Anonim. 2008. Memorandum of Understanding 4Gas and Delta LNG.http://www.portofrotterdam.com/en/News/pressreleases-news/Pages/20081111_01.aspx. Diakses tanggal 6 Mei 2013.
Anonim. 2013. http://en.wikipedia.org/wiki/Tulip. Diakses tanggal 6 Mei 2013.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s