KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#412 Zandmotor dan Nereda: Bukti Kehebatan Belanda

Leave a comment

Oleh Eilina Mariamele

Belanda dan kincir angin. Itu sudah biasa kita dengar! Tahukah Anda bahwa negara ini juga telah menggelontorkan teknologi-teknologi baru dalam rangka menjaga kelestarian serta meningkatkan kualitas hidup warganya. Dan yang menakjubkan, semua itu ramah lingkungan!

Setiap tahunnya, posisi Belanda yang berada di bawah permukaan laut memungkinkan arus laut mengikis pasir di daerah pantai. Setiap lima tahun pula, Direktorat Proyek Pengelolaan Air (Rijkswaterstaat) mengisi ulang kekurangan dan menambah deposit pasir di daerah lepas pantai.

Seperti biasa, Belanda tidak pernah kekurangan inovasi. Menerapkan prinsip ‘berjalan beriringan bersama alam’, otoritas Provinsi Zuid-Holland bersama  Rijkswaterstaat  menciptakan teknologi “Motor Pasir”(Belanda: Zandmotor). Cara kerjanya cukup sederhana. Cukup dengan membangun semenanjung berbentuk kait dan mendepositkan sejumlah besar pasir, teknologi ini memungkinkan alam yang bekerja untuk membawa pasir ke tempat yang tepat! Hal ini tentu saja menjadi solusi penghematan biaya pertanahan. Selain itu, Zandmotor menjadi jawaban bagi keamanan wilayah pesisir dan menciptakan ruangalam tambahan untuk berekreasi.

                                                                            

Zandmotor: Teknologi yang menggandeng alam
Sebagai percobaan pertama dalam jenisnya, teknik ini terus menerus dipantau oleh para ilmuwan untuk memastikan Zandmotor bekerja sesuai harapan. Penempatan pasir pertama kali dilakukan pada Januari 2011. Hanya dalam waktu sembilan bulan, perkembangan luar biasa terjadi. Teknologi ini sudah menciptakan semenanjung dengan luas 100 hektar, atau sekitar 200 kali lapangan sepak bola! Harapannya, dalam sepuluh atau dua puluh tahun mendatang, negara ini dapat menghasilkan 35 hingga 40 hektar pantai dan bukit pasir baru. Perluasan ini memang sangat dibutuhkan, apalagi bagi daerah konurbasi Randstad yang wilayah alaminya banyak terkorbankan untuk pembangunan perumahan dan aktivitas pertanian. Bukan tidak mungkin, jika teknik ini berhasil, inovasi luar biasa negeri Belanda ini dapat diterapkan negera-negara lain!

Bukan hanya Zandmotor saja yang mampu mencengangkan dunia. Belanda juga memiliki teknik pengelolaan  limbah dengan rektor lumpur granular, namanya Teknologi Greneda.Teknik ini dikembangkan oleh lembaga-lembaga terpandang di Belanda; Delft University of Technology, Perusahaan Teknik DHV,dan enam otoritas pengelolaan air. Teknik Nereda didasarkan pada cara kerja mikroorganisme yang menggumpalkan kotoran dan membuatnya tenggelam ke dasar.

Cukup sederhana bukan? Namun dampak yang dihasilkan benar-benar tidak sederhana.Teknik ini memungkinkan pengelolaan limbah rumah tangga dilakukan empat kali lebih cepat. Energi yang dihemat pun mencapai lebih dari dua puluh persen! Mengenai hasil limbah, pengelolaan teknik dengan teknik Nereda ini tergolong aman karena mampu menekan kandungan nitrogen dan fosfor hingga lebih kecil dari 5 miligram dan 0,3 miligram per liter. Teknologi ini pun pernah dinominasikan oleh Kantor Paten Eropa dalam ajang Europian Inventor Award, 2012 lalu. Profesor Mark Van Loosdrecht, salah satu anggota tim pencipta, juga menerima penghargaan Lee Kuan Yew dalam Pekan Air Internasional 2012 di Singapura.

Teknologi dan alam berjalan serasi? Tidak diragukan lagi, Belanda ahlinya!

Referensi

http://www.government.nl/issues/water-management/water-innovations/sand-motor
http://www.government.nl/issues/water-management/water-innovations/sewage-treatment-using-a-granular-sludge-reactor
http://www.dezandmotor.nl/uploads/2012/06/factsheet-zandmotor-deltaduin-en-juni-2012.pdf
http://www.aquatecmaxcon.com.au/newsarchive/1-2012/244-european-inventor-award-nomination-for-neredar-water-purification-technology
Referensi gambar

http://www.aquatecmaxcon.com.au/newsarchive/1-2012/244-european-inventor-award-nomination-for-neredar-water-purification-technology
http://www.zuid-holland.nl/nieuws/contentpagina.htm?id=92577
http://www.dhv.com/Markets/Water/Water-Treatment/Water-treatment—Industrial-water/Nereda

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s