KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#406 Energi Positif dari Belanda

Leave a comment

Oleh Meta Mulyani

“Negeri van Oranje”. Yap, itulah julukan Belanda. Belanda mengidentikan dirinya dengan warna oranye. Warna oranye ini merupakan warna simbol kerajaan Belanda yaitu House of Orange Nassau. Warna oranye ini bukan sembarangan lho… Warna oranye mewakili sifat dinamis, cemerlang, enerjik, dan inovatif. Tidak salah kalau warna oranye itu Belanda banget karena memang menunjukkan mentalitas bangsa Belanda.
Sifat oranye Belanda ini ditunjukkan dalam hal pengelolaan energi yang ada negara mereka. Belanda merupakan negara pelopor dalam membuat berbagai teknologi untuk energi masa depan. ECN (Energy research Center of the Netherlands) adalah salah satu bukti bahwa Belanda sangat serius dalam pengelolaan energi. ECN mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang memungkinkan transisi ke sistem energi yang berkelanjutan. ECN berupaya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dengan menggunakan energy yang ramah lingkungan. Salah satu proyek ECN pada tahun 2016 yaitu mengembangkan energi angin onshore dan offshore. Pada tahun 2020 Belanda menargetkan dapat membangun kincir pembangkit listrik tenaga angin berkekuatan 6.000 MW.

http://www.ecn.nl Penelitian Energi Terbarukan

Mungkin ECN masih asing di telinga kita tapi jangan salah, ECN ini sudah mendunia, kawan. ECN punya kantor di Brussel dan China lho… ECN juga bekerja sama dengan lembaga penelitian di Eropa dan juga di Asia.

Proyek wind energy ECN

Selain memiliki ECN, Belanda punya AEB (Afval Energie Bedrijf) perusahaan energi sampah terbesar di dunia. Tidak banyak negara di dunia yang menggunakan sampah sebagai sumber energi yang besar seperti Belanda. AEB mampu menghasilkan energi listrik yang dapat memenuhi kebutuhan listrik 320.000 rumah tangga dan seluruh kebutuhan listrik di Amsterdam.

       Perusahaan Energi Listrik Tenaga Sampah milik Belanda

Tidak berhenti di situ saja, Belanda selalu mengembangkan teknologi-teknologi energi terbarukan. Belanda selalu berusaha untuk menjadi pelopor bagi dunia dalam hal mengembangkan teknologi yang ramah dengan lingkungan. Technische Universiteit Eindhoven (TUE) juga menemukan teknologi energi terbarukan yang diberi nama “Gasifier”. Teknologi Gasifier merupakan teknologi pengelolaan energi baru yang menggunakan biomassa berupa kayu-kayu bekas yang akan diolah menjadi energi yang lebih besar dan tidak menimbulkan polusi udara. Tahun 2012 lalu teknologi ini diperkenalkan di Indonesia guys…

Penyerahan Mesin Gasifier dari TUE kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sebagai ‘self-service country’ Belanda selalu berusaha mengatur kebutuhannya sendiri termasuk kebutuhan energi. Inilah yang menjadikan bangsa Belanda inovatif dalam mengembangkan energinya. Mereka selalu berusaha untuk mengembangkan energi yang dimilikinya. Belanda selalu mengupayakan setiap energi yang dihasilkan dari teknologinya harus ramah lingkungan. Inilah yang perlu dicontoh oleh negara-negara lain. Memiliki teknologi yang canggih tetapi juga memperhatikan kelestarian lingkungan. Itulah mengapa saya mengatakan energi positif dari Belanda.
Negeri van oranje ini memang selalu dinamis, inovatif, cemerlang dan tidak melupakan lingkungan mereka sebagai sesuatu yang sangat berharga bagi kehidupan masa depan. Pioner energi postif, ya, Belanda ahlinya.
“Your energy. Our Passion” –ECN-
-Apa yang kita lihat sampah dan tidak berharga, Belanda melihat  sebuah energi yang besar-
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s