KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#405 Discover Museums In Utrecth

Leave a comment

Oleh Desi Arisandy

“Utrecht is called Holland’s cultural treasure trove.The unique Utrecht Museum Quarter proves it.”

Museumdi Belanda sangat terawat sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung.Museum terus berinovasi untuk memperbaiki fasilitas, aksesibilitas, dan dayatarik tentunya. Salah satu contohnya adalah event tahunan Belanda yaitu Museum Weekend. Ini merupakan acara pembukaan museum secara gratisatau diskon tiket di seluruh Belanda untuk masyarakat umum. MuseumWeekendmenjadi sarana belajar yang rekreatif bagi masyarakat setempat dan foreigners sekaligus mengembangkansektor pariswisata sejarah. Kemudian di Belanda ada yang namanya Museum kaart yaitu semacam kartu akses museum yang memberifasilitas lebih pada penggunanya, seperti potongan harga masuk museum danfasilitas khusus pada event yang diselenggarakan museum. Dan pemerintahsetempat juga memberi diskon khusus bagi pelajar yang ingin mengunjungi museum.

Hampirsemua kota-kota yang terkenal di Belanda menawarkan rekreasi museum yangmenjadi sarana pembelajaran. Salah satunya Utrecht, kota kuno dan bersejarah ini memiliki banyak gedung yang berasal dariawal abad pertengahan. Utrecht pernah menjadi kota terpenting di Belanda,hingga digantikan oleh Amsterdam pada masa keemasan negara tersebut. Universityof Utrecht menjadi perguruan tinggi terbesar di Belanda. Utrecht is the lively, beating heart of Holland.

Berikut ini adalah tempat-tempat istimewa yang ditawarkanUtrecht dengan special atmosphere kepadapara pendatang.1. DomTower

Ketika Anda mengunjungi Utrecht,Anda juga harus mengunjungi Menara Dom. Yang tertinggi dan tertua menara gerejadi Belanda adalah landmark utama Utrecht. Dom Tower adalah terbuka untuk umum dan menawarkan pandangan yang sangat baik dari Utrecht dan daerah sekitarnya.

2. Sonnenborgh Museum & Observatory

Sonnenborgh Museum & Observatorium mengajak anak-anak danorang dewasa pada perjalanan penemuan meteorologi, astronomi dan sejarah benteng Sonnenborgh. Sonnenborgh terletak di salah satu benteng Utrecht. Disanalah observatorium pertama Utrecht University didirikan pada tahun 1642. ObservatoriumUtrecht memiliki lima teleskop dan mengorganisir acara malam untuk melihatbintang-bintang. Lima teleskop besar menunjuk heavenwards ditemukan di sana.Anda dapat melihat bulan, planet-planet, bintang-bintang atau matahari.Teleskop tertua berusia lebih dari 150 tahun, terbaru hanya beberapa.3. Museum Catharijne convent Utrecht

Museum Catharijneconvent bertempat di pusat kota Utrecht disebuah bekas biara abad pertengahan. Di sini Anda akan belajar lebih banyaktentang sejarah menarik dari Kekristenan di Belanda. Masa lalu, sekarang danmasa depan dijelaskan dengan menggunakan benda-benda bersejarah dan multimedia.Kualitas yang hebat lain adalah keragaman koleksi, yang meliputi emas dan perakyang indah, patung-patung orang kudus, lukisan karya empu tua, sepertiRembrandt, seni video dan naskah berabad-abad.4. Museum Speelklok

Museum Speelklok is without a doubt the most musical museum of the world. Koleksinya berisi lonceng jam, kotak musik, Flötenuhren,pianolas, burung bulbul bernyanyi, orchestrions termasuk Violina terkenal, danorgan tari. Museum Speelklok terletak dekat Menara Dom. Museumbagi Belanda adalah nafas kehidupan yang terus melahirkan generasi-generasiluar bisa yang kelak juga akan dimuseumkan dan dikenang sebagai leluhur yangmembanggakan. Para pionir Belanda harus berkaca dari leluhur mereka karenabangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa nenek moyang mereka. Sudahkahkita menghargai sejarah kita sendiri?“Setiap manusia punya sejarahnya, lalu dengan sejarah mereka menganyam masa depan.”

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s