KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#404 Education Is A Pioneer In Netherlands

Leave a comment

Oleh Desi Arisandy

Negeri Belanda terkenal dengan kincir angin, bunga tulip dan sepakbola tapi ternyata tidak hanya itu saja, Belanda juganegara tempat lahirnya beberapa pemenang Hadiah Nobel, filsuf yang berani,seniman dan ilmuwan yang inovatif. Mereka Ilmuan Belanda yangmendapatkan nobel contohnya adalah Pieter Zeeman dan Hendrik Antoon Lorentzyang meraih nobel dibidang fisika pada tahun 1902. Untuk bidang kimia PaulJ. Crutzen. Bidang ekonomi adalah Tjalling Koopmans dan dibidang kesehatanNikolaas Tinbergen. Nama-nama ini hanyalahbeberapa dari banyak pionir Belanda yang terkenal.

Apa dasar kekuatan yang dimiliki Negeri Belandasehingga dapat melahirkan orang-orang yang bermutu?EDUCATION! Ya,pendidikan. Ada orang yang berpendapat bahwa “Education is your ticket to the future”,Saya sependapat denganungkapan tersebut. Belanda adalah bangsa yang kreatif. Orang Belandasuka berinovasi dan terus berdiskusi untuk mengeluarkan ide-ide baru. Penasarandengan pendidikan di negeri kincir angin ini? Yuk, kita lihat kelebihan daripendidikan tinggi di Belanda.

Pendidikantinggi di Belanda telah mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia karenakualitasnya yang tinggi. Hal ini dicapai melalui penerapan peraturan dan sistemkelayakan mutu secara nasional. Belanda juga telah mendapat pengakuaninternasional sebagai pionir dalam menerapkan sistem Problem-Based Learning(Pembelajaran Berbasis Persoalan) yangmelatih para mahasiswa untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalahpraktis secara mandiri melalui penekanan pada pola belajar mandiri dan disiplindiri.

Apakelebihan dari pendidikan tinggi di Belanda?

1. Lokasinya yang strategis.Belanda berada di tengah Eropa, Universitas–universitasdi Belanda menjadi tempat yang ideal untuk mengawali studi dan bertukarpengetahuan dengan negara-negara Eropa lainnya.

2. MasyarakatBelanda merupakan masyarakat yang multikultur dan terbuka. Masyarakat Belanda hampir semua dapat berbahasa inggris, danmereka sangat ramah kepada pendatang atauforeigners.

3. Lingkunganstudi yang internasional. Lebih dari 1400program studi berbahasa Inggris untuk berbagai bidang ditawarkan oleh pendidikantinggi Belanda.

4. Pendidikan danriset yang berkualitas dan beraneka ragam. Pendidikan tinggi Belanda telah diakui reputasinya di dunia.Ini semua diperoleh melalui sistem regulasi dan manajemen mutu pendidikan yangada. Hasil riset ilmiah internasional Belanda bahkan menempati peringkat tinggi.

5. Biaya kuliah diBelanda relatif terjangkau. Pendidikan diBelanda tidaklah gratis, namun biaya kuliah relatif terjangkau. Hasil surveymengenai biaya hidup di dunia menunjukkan bahwa biaya hidup di kota Amsterdamlebih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di dunia seperti NewYork, London, Paris dan Beijing.

7. BudayaMahasiswa. Di lingkungan setiap universitas/institut terdapat jaringanperhimpunan mahasiswa untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan studi,olahraga, ataupun kegiatan rekreasi. Perhimpunan ini dikelola oleh mahasiswasendiri, bahkan beberapa perhimpunan memiliki orientasi internasional.

8. Banyaknyaprogram beasiswa yang ditawarkan. BeasiswaPemerintah Belanda sangat berkeinginan untukmenjadikan pendidikan tinggi mudah diakses oleh mahasiswa dan profesional dariberbagai negara.

9. ProgramPertukaran.Cara termudah dan termurah untuk dapatmelanjutkan studi di Belanda adalah melalui program pertukaran. Banyakinstitusi pendidikan tinggi Belanda yang memiliki kerjasama program pertukarandengan mitra institusi-nya di negara lain di seluruh dunia.

SaatAnda mengambil studi di Belanda, Anda akan merasakan bagaimana rasanya menjadipionir. So, what are you waiting for? ENJOY HIGH QUALITY EDUCATION INNETHERLANDS.

Referensi

http://www.hotcourses.co.id/study-in-netherlands/study-guides/getting-around-holland/
http://www.eur.nl/indonesian/student_life/study_holland/
http://kendiguci.blogspot.com/2011/05/mutu-pendidikan-belanda-yang-tinggi.html
http://cor-amorem.blogspot.com/2010/06/pendidikan-di-belanda.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s