KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#403 Stop Hating and Start Learning: Secret of Leading and Outstanding Country, Netherlands

Leave a comment

Oleh Salwa Nursyahida

Mungkin hampir setiap orang di Indonesia ketika dengar kata Belanda atau Netherland, langsung teringat dengan buku teks sejarah di Indonesia yang menyatakan bahwa  negara kita selama 350 tahun pernah diperlakukan kejam dan nista oleh kolonialisme Belanda.  Meski akhir-akhir ini terdengar berita bahwa angka 350 itu adalah angka numerik yang keliru, tetap saja trauma itu masih terus ditanamkan pada setiap generasi bangsa Indonesia. Biarkanlah sejarah menjadi sejarah, tanpa melibatkan emosional leluhur kita. Let’s Stop Hating and Start Learning!

3  4

Saat ini Belanda menjadi salah satu negara yang pantas mendapat julukan “Leading and Outstanding Country” dalam segala aspek kehidupan. Mungkin kita semua sudah tahu hal tersebut, misal tokoh-tokoh Belanda yang mendunia; bangunan ciptaan arsitektur Belanda yang megah, unik, dan ramah lingkungan; budaya bersepeda yang telah melekat pada masyarakatnya; konsep menyiasati kontur tanah yang berada di bawah permukaan air; perusahaan Belanda yang dikenal dunia;  pesona pendidikan tinggi di Belanda; teknologi canggih; dan lain sebagainya.

AnneFrankDiaryofaYoungGirl1995   vanmoore220px-MarionBloemWP-NL kanal  40netherland_640x480

Tetapi bukan itu yang akan saya bahas dalam artikel ini, Stop Just Giving Applause and Start Thinking!  Dalam segala hal yang membuat kita takjub harus ada yang kita pelajari. Saya akan membahas tentang rahasia besar kesuksesan Belanda yang perlu kita pikirkan, dan jadikan inspirasi. Masyarakat yang kreatif, karya yang fantastik, budaya yang artistik semua berasal dari latarbelakang bagaimana karakter tersebut terbentuk yaitu pendidikan. Semua ahli-ahli di Belanda yang menciptakan karya monumental membentuk karakter dari pendidikan yang ditanamankan sejak anak-anak, baik pendidikan formal, informal, ataupun non formal.

education-3

Berikut rahasia yang perlu kalian ketahui:

#1 Mental Defender

Belanda benar-benar memikirkan bagaimana lingkungan yang baik untuk belajar dan menciptakan ide-ide yang cemerlang. Mereka menjaga mental anak-anaknya agar tetap stabil. Selain terpilih sebagai negara yang paling bahagia di dunia, Unicef menempatkan Belanda sebagai negara peringkat satu pemerhati kesejahteraan anak-anak. Itulah rahasia pertama generasi Belanda selalu melahirkan karya spektakuler tanpa dihambat oleh faktor lingkungan.

 u1

dutch_happy_kid

projectUntitled

#2 Awareness

Belanda menanamkan pengetahuan “sadar lingkungan” kepada anak-anaknya sejak dini.. Semakin kesadaran ini melekat dan terus berenkulturasi dengan baik, mereka percaya bahwa mereka dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki, dan dapat melakukan pencegahan dini atas ancaman yang akan mereka hadapi nanti.  Bentuk kesadaran ini selain menimbulkan ide-ide yang cermelang, juga menciptakan budaya yang tidak lepas dari kehidupan orang Belanda. Salah satu contohnya adalah budaya bersepeda yang diterapkan sejak kecil sebagai bentuk kesadaran atas pentingnya kesehatan dan bahaya. Teknologi kanal yang lahir dari keadaan negara yang berada di bawah permukaan air.  Pembangkit Listrik Tenaga Angin dkarena potensi angin Belanda dan krisis energi dunia, dan lain sebagainya.

savetheearth

cucle   windmills-in-sea

#3 Education for Sustainable Development (ESD) dan dukungan pemerintah

They know what they need and what should they do, di Belanda pendidikan yang berperan menjembatani kebutuhan dan realita. ESD terintegrated dalam kurikulum mereka dan mereka dapat dukungan penuh pendidikan gratis sampai usia 16 tahun melalui parental contribution (ouderbijdrage). Dengan dukungan fasilitas, pendidikan Belanda dapat mengoptimalkan kemampuan anak-anak mereka menjadi insan yang kreatif.

6   7school

Dengan tiga resep rahasia ala Holland tersebut, semoga dapat menginspirasi kita mengembangkan mutiara bangsa dengan cara yang khas Indonesia, saya yakin kita bisa mengejar ketertinggalan. Give applause for Dutch! Semangat Indonesia! :)

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s