KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#400 When intelligence meets humanity

Leave a comment

Oleh Nabila Rizka Herdiani

Duh dari judulnya saja udah bikin pusing ya?

Hahaha..nggak perlu pusing-pusing kok! Disini bakal dibahas tentang dunia pendidikan lhoo…

When  intelligence meets humanity adalah satukalimat sederhana yang mungkin bisa menyeimbangkan antara otak kanan dan kiriseorang anak.

Sejak1815, Belanda sudah mempunyai sistem pendidikan yang baik dan berkembang terus.Pendidikan di Belanda adalah salah satu sistem pendidikan dengan reputasi bagusdi Internasional. Ijazah pendidikan diBelanda sangat dihargai di mata duniaTidak mengherankan jika Belanda adalah salah satu ‘pemberi’ banyak ilmuwan bagi dunia.Banyak ilmuwan dari Belanda yang mendapatkan nobel dalam bidang kemanusiaan danpengetahuannya.

Tetapi kepintaran bukan hanya didapat dari segi otak kiri saja. Tetapi juga dari otakkanan manusia. Kecerdasan tidak ada artinya jika kita tidak dapatmenyeimbangkan kecerdasan emosional.

Selama ini sasaran seseorang dalam mengenyam dunia pendidikan hanyalah untukmendapatkan pekerjaan dan tidak ada segi kemanusiaan. Mengapa kita tidakmembuat sesuatu yang kaku menjadi lebih luwes? Dunia pendidikan di Belanda  mengajarkan setiap muridnya untuk menjadi profesional. Yang artinya pendidikan tidak hanya berhenti jika sudah selesai dengan satu tingkatan, pendidikan berlaku dan bersifat forever. Yang artinya pendidikan bersifat kekal. Dalam daftar Top 50 Life SciencesUniversities dari Times Higher Education, Wageningen University and Research Centre serta Utrecht University menempati peringkat ke-17 dan ke-30. Secara umum, sistem pendidikan di Belanda  dapat dikategorikan sebagai berikut :

·        Pendidikan Tingkat Dasar dan lanjutan(Primary and Secondary Education)

·        Pendidikan Tingkat Menengah Kejuruan(Senior Secondary Vocational Education and Training)

·        Pendidikan Tingkat Tinggi (HigherEducation)

o  Beberapa Tingkatan Pendidikan Lanjutan

VMBO(Program 4 tahun) Senior Secondary Vocational and Training

HAVO(5 tahun) dan VWO (6 tahun) merupakan pendidikan selektif. Dua tahun terakhirdi HAVO/ 3 tahun terakhir di VWO merupakan tahun penjurusan untuk memilihbidang pilihan mereka

o  Pendidikan Tingkat Menengah Kejuruan(Senior Secondary Vocational Educational and Training) (MBO) – 4 tahun

Memilikibebrapa jurusan, yakni ekonomi, teknik, kesehatan, perawatan diri,kesejahteraan dan pertanian. Program MBO diberikan dalam 4 tingkatan (1-4tahun) dan hanya lulusan dari tingkatan 4 MBO saja yang bisa memiliki akses keHBO (Hogeschool)

o  Pendidikan Tingkat Tinggi (HigherEducation)

HBO(Hogeschool/Universities of Profesional Education)

WO(Research Universities)

Pendidikandi Belanda akan lebih kaya dan berwarna jika ditambah unsur esensi humanity. Apa itu?

Yupp!Benar! Kita bisa menerapkan sistem Brainand Humanity. Yaitu dengan:

·        Senin-Jumat dengan berdiskusi, dan kelaspelajaran dengan metode siswa aktif.

·        Sabtu-minggu dengan kegiatan kemanusiaandan pelajaran mengenai kecerdasan emosional dan kegiatan kemasyarakatan sepertiguru membuat penyuluhan agar SARA tidak terjadi di lingkungan pendidikan, dan kriminalitas antar pelajar tidak terjadi, cara menghormati antar sesama dan meningkatkan kepedulian antar sesama umat beragama atau sesama manusia

Dengan 1000 lebih program pendidikan internasional yang ditawarkan di Belanda, membuka kesempatan bagi pelajar dari seluruh negara untuk datang dan belajar di negeri kanal ini. Maka tak ayal, bila SumberDaya Manusia Belanda lebih unggul daripada Bangsa yang lain. Mereka sudah mempersiapkan tujuan (proses pembentukan manusia unggul) secara matang dalamproses pembelajaran sedari dini.

Solusi Brain and Humanity ini tentunya dapatmenjadi pionir dan mengurangi degradasi pendidikan. Falsafah ini berlaku bagimereka :

                         Smart+Passion + Purpose +Good system = success

Referensi

http://handinisuwarno.wordpress.com/2012/04/30/sistem-pendidikan-di-belanda/
http://adibudiyulianto.blogspot.com/2012/04/liarnya-pendidikan-belanda.html
http://maulanusantara.wordpress.com/2011/07/28/sistem-pendidikan-belanda/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s