KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#399 Dutchs: Apakah Mereka Terlahir Sebagai Pionir?

Leave a comment

Oleh Nor Khalim

Orang- orang dari negeri kincir angin ini tidak pernah berhenti membuat dunia berdecak kagum pada mereka. Berbagai penemuan di berbagai lintas bidang menempatkan negeri tempat kelahiran Desiderius Erasmus ini sebagai  salah satu Negara yang paling inovatif di dunia. Jika kita membuka buku sejarah, maka kita akan menemukan sepenggal kisah tentang keberanian bangsa belanda pada abad ke 16 yang melakukan ekspedisi pelayaran “The East” guna menemukan jalan menuju Negara penghasil rempah- rempah di Asia. Alhasil, salah satu dari tiga kapal yang berpartisipasi dalam ekspedisi ini kembali ke Belanda dengan membawa rute perdagangan baru ke Negara penghasil rempah- rempah.
Di sisi lain, ketika kita membaca katalog yang berisi daftar seniman yang tersohor sepanjang masa, tentu kita akan menemukan nama Rembrandt dan Van Gogh tertulis dengan tinta emas disana. Kedua pelukis beda generasi ini berasal dari negeri yang terkenal dengan keindahan bunga tulipnya, Belanda. Rembrandt merupakan seorang  pelukis hebat yang lahir di awal abad 17 dengan ”The Night Watch” sebagai masterpiece-nya. Ia juga merupakan sebuah ikon dari remarkable cultural boom pada era tersebut. Hampir dua abad berselang setelah kematian Rembrandt, lahirlah seorang pionir dari modern artist Vincent Van Gogh pada tahun 1853. Bukan hanya lukisanya saja yang dikagumi oleh orang-orang di berbagai penjuru dunia, kisah hidup Van Gogh juga menarik perhatian. Van Gogh seringkali menggambar pemandangan dan dirinya sendiri dikarenakan tidak memiliki cukup uang untuk membayar model, salah satu karya terbaiknya adalah “The Potato Eaters” yang menceritakan sisi gelap dari kehidupan sebuah keluarga petani. Karya- karya Van Gogh masih mendapat apresiasi yang tinggi hingga kini, hal ini terbukti dengan museum Van Gogh di Amsterdam yang tak pernah sepi dari para pengunjung.
Darah pionir tampaknya terus diwarisi oleh orang Belanda dari leluhurnya hingga kini. Tak terhitung lagi banyaknya penemuan baru dan  ide- ide kreatif yang ditelurkan oleh orang- orang Belanda. Salah satu tokoh dari Belanda yang pada saat ini mendunia karena karyanya adalah Rem Koolhaas. Arsitek ternama dari Belanda ini bernama lengkap Remment Lucas Koolhaas, ia lahir di Rotterdam pada tahun 1994. Ia bukan hanya seorang arsitek yang handal, namun juga seorang professor di Graduate School of Design of Harvard University dan seorang architectural theorist, salah satu karyanya yang terkenal yakni Delirious of New York. Koolhaas bersama parternya memelopori berdirinya Officer for Metropolitan Architecture atau OMA yang bermarkas di Rotterdam. Bersama OMA, ia mendesign berbagai bangunan yang terbilang unik dan memiliki karakter tersendiri.
Ketika kota Seattle akan membangun sebuah perpustakaan baru, melalui OMA Koolhaas mengirimkan sebuah design yang bisa dibilang spektakuler. Ia mendesign sebuah gedung dengan tumpukan dinding yang menganjur keluar penahan balkon dengan dihiasi jendela-jendela kaca yang cantik berlapis baja sebagai penopangnya.

Bersama OMA Koolhaas juga mendesign gedung CCTV di Cina dan berbagai gedung lainya yang membuat mata takjub. Tidak heran jika Koolhaas dinobatkan sebagai The World’s most Influential People oleh majalah Time pada tahun 2008.
Orang- orang Belanda tampaknya tak pernah berhenti berkreasi dan berinovasi untuk menemukan hal- hal baru. Tak peduli apakah lima abad yang lalu, sekarang atau bahkan mungkin lima abad yang akan datang. Apakah mereka memang terlahir sebagai seorang pionir?

Referensi
Oostrom, Frits Van. (2008). The Netherland in a Nutshell: Highlight from Dutch History and Culture. Amsterdam: Amstrdam University Press.
Lacayo, Richard (2009-04-30). “Rem Koolhaas”. Time Retrieved on 2008-05-12. Retrieved 2010-05-22.
http://en.wikipedia.org/wiki/Seattle_Central_Library
http://en.wikipedia.org/wiki/Rem_Koolhaas

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s