KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#396 Belanda, Bagi Saya Ini adalah Perkara Branding

2 Comments

Oleh Riza Nur Afifah

Ketika anda membaca tulisan saya dan mengenai Belanda, apa yang pertama kali terlintas di benak anda menganai negara ini? Bisa dengan mudah saya tebak nampaknya, bisa kincir angin, orange, tulip, keju, atau sepatu tradisional yang biasa disebut clog, red light district? Atau bahkan yang langsung terlintas adalah foto di depan city landmark I amsterdam?

Seperti layaknya Prancis dengan Eiffel towernya, Italia dengan menara Pissa dan Coloseum, ataupun Cina dengan Great Wall-nya, Belanda pun memiliki Kincir angin. Kincir angin? Ya, menurut saya, kincir angin tidak bisa diremehkan untuk kasus branding negara ini. Bayangkan saja bagaimana kabar dari kincir angin belanda ini di dunia luar. Bagaimana sebuah kincir bisa menjadi alat pembangkit energi, penggilingan gandum. Keidentikan kincir angin dengan Belanda menjadikan kelekatan brand tersebut untuk Belanda. Keadaan ini yang menjadikan banyak orang ingin datang berkunjung untuk melihat langsung seperti apa sistemnya.

You see it is an energy solution, but I see this is the way how they make us curios and wanna visit it

Selain karena kincir anginnya, mungkin bungan tulip pun menjadikan anda ingin pergi ke negara ini. Negara ini rasanya bisa dibilang sebagai pioneer dalam halflower parade. Yah, setiap musim semi di tiap tahunnya, biasanya di bulan Maret, ada event yang selalu ada di kota kecil bernama Lisse, bagia utara Belanda. Acara ini merupakan gelaran akbar yang terbilang sangat natural karena para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan hamparan bunga tulip yang sedang mekar dan memiliki gradasi warna-warna yang sangat menarik. Hal inilah yang menjadikan Keukenhof menjadi the most event that have to visit bagi para pelancong. Pengenalan bunga tulip sebagai identitas negara Belanda memberikan efek epidemi yang bisa menyebar dengan luas. Pengaruhnya pun bisa terlihat dari pendapatan negara dari devisa yang datang dari pelancong luar negeri tiap event ini digelar.

Keukenhof

Lalu, kasus branding yang lebih sederhana namun sangat sukses dari Belanda adalah mengenai country colour-nya. Siapa sekarang yang tidak mengenal orange Belanda? Supporter sepak bola sudah pasti sangat mengenali warna khas negara ini. Siapa yang mengira juga bahawa warna orange dari wortel awalnya berasal dari usaha petani Belanda untuk menyilangkn wortel warna merah dan kuning agar didapat warna orange, warna Belanda, warna dukungan untuk kemengan Belanda saat perang dengan Spanyol di abad 16.

Gradasi warna asal wortel

Baru-baru ini branding lain yang dilakukan oleh Belanda untuk memperkenalkan potensi dari negaranya adalah membuat city landamark di Amsterdam. Tugu I amsterdam menurut saya adalah sebuat tengaran kota yang sangat kreatif, dan menimbulkan efek triangulasi yang baik, yang bisa menjadikan kota tersebut lebih hidup dan humane. Bagaimana landmark tersebut bisa menjadi tempat bagi warga lokal untuk sekedar sight seeing di sore hari, lalu sebagai tempat untuk para pelancong mengabadikan gambar dirinya di foto. Usaha yang sepele, namun saya yakin, ini adalah hasil pemikiran kreatif yang akhirnya berefek sangat global.

I amsterdam

Perkara country branding, menurut saya adalah sebuah jalan yang sangat konkrit dan mudah untuk dilakukan. Pembenahan negara, didokumentasikan dengan baik, lalu diterbitkan di website resmi negara, sudah, itu saja, ajak warga negaramu untuk menyebarkan di account sosmednya masing-masing. Semakin banyak orang membaca, semakin banyak yang ingin tahu, dan semakin banyak yang ingin mendatangi. Begitu menurut saya. Semoga kita bisa mengambil pelajaran.

Referensi

http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/wortel-oranye-karena-belanda
http://www.orrstravel.com/groups/keukenhof-amsterdam-dutch-highlights/
http://stelianpopa.blogspot.com/2010/09/i-amsterdam.html
http://www.football-shirts.co.uk/holland-shirt.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#396 Belanda, Bagi Saya Ini adalah Perkara Branding

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  2. Pingback: single step ahead | catatan cacatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s