KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#392 Je Moet Roeien Met De Riemen Die Je Hebt

Leave a comment

Oleh Amalia Astari

Kalau di Indonesia ada peribahasa ini:

jkfvlskjvf

 Di Belanda pun ada peribahasa yang artinya kurang lebih sama, yaitu:

 miii

Ya, artinya adalah jika kamu tidak punya sesuatu yang kamu butuhkan manfaatkanlah hal lain. Sekarang pasti anda bertanya-tanya, kira-kira apa sih yang tidak dimiliki Belanda? Mari kita tengok peta di bawah ini dan cari di mana Belanda berada.

EUROPE_9

Tepat! Negara kecil yang diapit dua negara besar: Perancis dan Jerman, itulah Belanda. Wilayah daratan Belanda luasnya bahkan lebih kecil dari luas Pulau Jawa. Dengan luas hanya sekitar 41,526 kmBelanda mampu mengukuhkan namanya sebagai salah satu negara maju di Eropa. Memanfaatkan sektor industri kreatif, dan pariwisata untuk memperkuat ekonominya, Belanda menjadi tempat yang nyaman bagi penduduk aslinya maupun pendatang. Tak hanya itu Belanda juga menjadi negara bermukim para pelajar dari seluruh penjuru dunia untuk melanjutkan studi mereka.

Meski kepadatan penduduk tidak diimbangi dengan wilayah yang luas, Belanda justru melahirkan gagasan untuk menciptakan daratan mereka sendiri.

Jika melihat lagi kebelakang, usaha Belanda untuk menciptakan daratan dengan polderisasi sudah dilakukan Belanda sejak dulu. Sederhananya polderisasi adalah proses pengeringan wilayah perairan yang kemudian dimanfaatkan menjadi daratan. Hingga sejauh ini sudah ada kurang lebih 4000 polder di seluruh wilayah Belanda.

Artikel-Flevoland1V2

Bukan Belanda namanya jika mereka tidak menciptakan terobosan baru. Proyek yang ditujukan untuk membuat pulau baru ini dinamakan Kunstmatig Tulpeiland.

tulpeiland_voor_de_kust_var

Tujuan pembuatan pulau berbentuk tulip ini bukan hanya sekedar perluasan daratan saja. Menggingat terus menaiknya harga bahan bakar minyak maka mereka melihat kesempatan untuk membuat energi alternatif yang akan menjamin kebutuhan energi bagi penghuni pulau buatan ini nantinya. Di bawah arahan perdana menteri Jan Balkenende proyek yang sudah lama digagas ini akhirnya berjalan sejak 2008 lalu dan diperkirakan akan selesai tahun depan.

Letak pulau yang berada di antara wilayah perairan memungkinkan pemanfaatan tenaga angin dan air untuk membangkitkan energi di pulau tersebut. Bayangkan sebuah pulau yang menghemat pemakaian listrik di dunia! Luar biasa!

teaser-megalomaan-220612

Ide lain yang diciptakan Belanda demi menjalankan ambisi mereka untuk ‘membangun alam’ adalah dengan menggunakan zandmotor. Alat yang dalam bahasa Inggris disebut sand engine ini ditujukan untuk pemulihan pesisir pantai Delfland dengan ‘menciptakan’ daratan antara Hook of Holland ke Scheveningen. Alat ini bekerja dengan mengeluarkan sejumlah pasir di pesisir pantai dan membiarkan ombak dan angin menyebar pasir tersebut secara alamiah.

jcfakjnd

Proyek ini digagas dan dijalankan oleh pemerintah Zuid-holland beserta Rijkswaterstaat. Jika proyek ini berhasil maka Belanda tidak hanya akan mendapat daerah wisata alam yang baru tapi juga menanggulangi terjadinya kenaikan volume air dari laut sehingga proyek ini bisa menanggulangi resiko banjir di Zuid-holland.

Proyek yang konstruksinya sudah selesai November 2011 ini membutuhkan waktu sampai 20 tahun untuk memperkuat daerah dataran buatan tersebut dan menargetkan pesisir pantai baru seluas 35 hektar.

Belanda mampu membuktikan bahwa mereka bisa mengubah keterbatasan menjadi terobosan baru yang menakjubkan. Tidak menutup kemungkinan bahwa proyek ini nantinya akan digunakan tidak hanya di Belanda melainkan seluruh penjuru dunia. Untuk memperkuat daerah pesisir pantai Indonesia? Mungkin saja.

jkgfhslkafml.

Referensi

http://nl.wikipedia.org/wiki/Polder

http://www.nu.nl/economie/1421483/tulpeiland-voor-opwekken-energie.html

http://www.flevoland.nl/english/from-past-to-present/

http://www.zandmotor.nl

http://defotograaf.eu/blog/wp-content/uploads/2011/04/ZANDMOTOR-01546.jpg

http://www.heeftstijl.nl/wp-content/uploads/2011/01/Roei-met-de-riemen-die-je-hebt.jpg

http://www.lib.utexas.edu/maps/europe/europe_95.jpg

http://cassandraclub.files.wordpress.com/2010/04/tulp_eiland_nederland3.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s