KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#391 Buku = Jendela Belanda

Leave a comment

Oleh Amalia Astari

Buku adalah jendela dunia.

Jaa! Peribahasa itu nggak cuma berlaku di Indonesia aja, tapi juga di seluruuuh dunia. Termasuk negeri kincir angin, Belanda! Nggak percaya? Nih buktinya!

boekenweek2013

Boekenweek (minggu buku) adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk melestarikan sastra Belanda. Acara yang sudah ada sejak tahun 1932 ini diadakan rutin tiap bulan Maret dengan tema yang berbeda  tiap tahunnya.

Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk mempertegas posisi buku di masyarakat Belanda. Selain itu acara ini bertujuan untuk ‘menyadarkan’ masyarakat Belanda kalau di toko buku mereka ada banyak karya sastra menarik yang bisa dibeli.

Uniknya, acara ini punya banyak cara agar orang-orang mau ikut berpartisipasi. Salah satunya adalah dengan memberikan tiket kereta gratis bagi siapa saja yang membeli buku berbahasa Belanda.

1gam

Tidak hanya meningktakan kegemaran membaca, salah satu rangkaian acara boekenweek yaitu boekenweekgeschenk, menjadi salah satu batu loncatan bagi penulis buku berbahasa Belanda untuk mempublikasikan karyanya.

Dalam acara boekenweek  diadakan juga  perlombaan menulis buku. Buku yang menang kemudian akan dipublikasikan. Tidak hanya itu, karya penulis itu akan dibagikan secara gratis kepada pembeli yang membeli minimal satu buku berbahasa Belanda. Dengan begitu karya mereka akan memiliki banyak sekali pembaca.

Nah salah satu pemenang dari perlombaan menulis ini adalah Hella S. Haasse. Dengan bukunya yang berjudul Oeroeg, Hella mampu mengangkat namanya menjadi penulis terkenal sampai saat ini.

hella-haasse-1984

Oeroeg

Sekarang timbul pertanyaan, apa karena boekenweek semua orang Belanda jadi suka membaca? Apalagi semakin majunya globalisasi, kebiasaan membaca buku via internet juga semakin berkembang kan?

Isu tentang keberadaan buku yang bisa digantikan oleh buku elektronik sebenarnya juga mencuat di Belanda. Ada sebagian orang di Belanda yang menganggap bahwa keberadaan buku bisa menganggu lingkungan karena penggunaan kertas yang berlebih. Selain itu harga buku, terutama textbooksemakin melonjak dari hari ke hari.

Karena isu inilah pasangan suami istri asal Belanda, Raimo van der Klein, Claire Boonstra dan Maarten Lens-FitzGerald membuat aplikasi yang bisa menyulap media cetak menjadi elektorik.

Aplikasi  ini memungkinkan pengguna telepon genggam untuk menyulap media cetak menjadi lebih interaktif. Tinggal menggarahkan kamera hp ke majalah atau buku, maka aplikasi ini akan mencari database yang akan menghubungkan kita ke url lain yang bisa diatur lewat website Layar.

layar-interactive-print

Penggunaan Layar di papan informasi

Hingga saat ini sudah banyak institusi pendidikan maupun media cetak yang memanfaatkan aplikasi Layar ini. Selain menambah daya tarik untuk media cetak, aplikasi ini juga bisa menyelesaikan masalah pemborosan kertas akibat halaman buku yang dicetak.

Layar untuk pendidikan

Atas inovasinya ini Layar menjadi  satu perusahaan dari 31 perusahaan lain yang dipilih oleh World Economics Forum untuk kategori  Technology Pioneers 2011. Luar biasa!

Nah bisa dilihat kan sekarang. Belanda benar-benar membuktikan kepedulian mereka terhadap kebiasaan membaca dan juga pelestarian buku. Bahkan layaknya tak mau dikalahkan oleh teknologi, mereka malah berhasil ‘mengawinkan’ media cetak dengan teknologi itu sendiri.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Layar
http://en.wikipedia.org/wiki/Hella_Haasse
http://boekenweek.nl/
http://www.weforum.org/news-0NR_TP2011
http://allesovercontentmanagement.nl/2013/02/06/over-boeken-en-e-books/
Claire Boonstra at TedxAmsterdam & Binenhof

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s