KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#390 Flevoland, Kawasan yang Dibangun dari Sebuah Impian

42 Comments

Oleh Pinashti Sakanti

Belanda, atau Nederland, adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat Eropa yang berdiri di atas wilayah dengan permukaan tanah yang sangat rendah. Sekitar seperempat wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya permukaan air dan mengakibatkan terjadinya ancaman banjir saat badai menerjang. Hebatnya, negara ini mampu bertahan walaupun tidak didukung oleh kondisi alam yang menguntungkan. Hal ini mendorong Belanda untuk membuat sejumlah terobosan baru untuk mencegah terjadinya peristiwa banjir yang kerap melanda negeri itu. Salah satu terobosan yang berhasil dilakukan dan mendapat pengakuan dunia adalah di bidang reklamasi bibir pantai. Keberhasilan ini ditandai dengan lahirnya sebuah provinsi baru yang diberi nama Flevoland.

Dr. Cornelis Lely

Flevoland adalah sebuah provinsi yang berdiri di atas lahan hasil reklamasi. Hal ini dapat terwujud berkat gagasan dan kerja keras seorang insinyur sipil Belanda bernama Cornelis Lely untuk menyelamatkan penduduk dari banjir akibat badai yang selalu menerpa teluk di wilayah itu. Lely membuat ide membendung laut dengan membangun sebuah bendungan panjang yang akan menutup Zuiderzee (Laut Selatan) dan mengubahnya menjadi danau serta membangun empat polder di danau yang akan dikeringkan untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Namun, tidak semua orang setuju dengan ide tersebut. Nelayan di sepanjang Zuiderzee khawatir proyek tersebut akan menghilangkan mata pencaharian mereka. Sementara tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa proyek tersebut dapat meningkatkan permukaan air di wilayah lain yang berada di sepanjang pantai. Pemerintah juga merasa terbebani dengan biaya yang dibutuhkan untuk proyek tersebut. Padahal tujuan dari proyek reklamasi Lely adalah untuk membangun sistem perlindungan terhadap ancaman banjir, meningkatkan sistem pengelolaan air, membangun jaringan transportasi cepat antara wilayah barat, utara, dan timur Belanda, serta memperluas lahan pertanian dan membuka lapangan kerja baru.

Karena tidak mengindahkan usulan Lely, pada tahun 1916 beberapa tanggul di sepanjang Zuiderzee akhirnya jebol dan mengakibatkan terjadinya banjir besar. Bencana ini membuka mata banyak pihak yang akhirnya memberikan dukungan terhadap gagasan yang dibuat oleh Lely. Pada tanggal 14 Juni 1918, Undang-Undang Zuiderzee akhirnya disahkan dan proyek ini secara resmi dimulai. Dibutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikan proyek tersebut. Sedikit demi sedikit wilayah laut berubah menjadi daratan luas. Pada tanggal 1 Januari 1986, lahirlah provinsi kedua belas Belanda yang juga merupakan provinsi pertama dalam sejarah yang terbentuk dari hasil reklamasi, Flevoland.
Untuk menghormati jasa Cornelis Lely, ibukota Flevoland diberi nama Lelystad. Sebuah monumen juga dibangun untuk menghormati dirinya di tempat dimana tanggul ditutup yang dilengkapi dengan tulisan, “A nation that lives, builds on its future” yang berarti “Bangsa yang mampu bertahan, membangun masa depannya”. Penduduk setempat hingga kini terus bekerja keras untuk membangun masa depan Flevoland.
 
Lelystad, Flevoland
Impian Dr. Lely untuk membendung dan menguras air laut yang semula dianggap oleh banyak orang sebagai upaya yang mustahil, akhirnya menjadi kenyataan meskipun pengerjaannya memerlukan waktu yang cukup lama. Ide jenius Cornelis Lely telah menjadikan Belanda sebagai pionir di bidang reklamasi dan pengelolaan wilayah perairan. Cornelis Lely akan terus dikenang dalam hati setiap warga Belanda. Bermimpilah seperti Cornelis Lely, karena sebagaimana dikatakan Eleanor Roosevelt, “The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.”
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

42 thoughts on “#390 Flevoland, Kawasan yang Dibangun dari Sebuah Impian

  1. Bacaan yang menarik, sangat menarik, patut jadi juara

  2. Keren ceritanya, menambah wawasan juga apalagi cerita singkatnya ini dibuat menarik ✌

  3. Keren bangeet..menambah wawasan

  4. Cerita yang bagus untuk kita jadikan pelajaran. Seharusnya ada “Cornelis Lely” lainnya lahir di Indonesia untuk menolong Jakarta agar tidak tenggelam.

  5. Bacaan yg menarik,menambah wawasan dan nilai moral.

  6. Nice one !! Jadi terinspirasi sama cornelis lely… Semoga akan ada cornelis lely lainnya di indonesia. Terimakasih sudah menambah wawasan mba kanti :’)

  7. Cerita singkat, padat, menarik….!

  8. What a fascinating fact and a good article, indeed.

    Thank you :))

  9. Excellent ! Bravo Pinashti Sakanti … I love this story.

  10. Inovasi yang dilakukan belanda.. patut dicontoh oleh indonesia.. Bravo! Sangat inspirasional

  11. woww menarik sekali. Patut ada penerusnya di Indonesia, sangat inspiring.

  12. Nah kan kebukti kalo apapun bisa kewujud dari Impian n Niat! Good Job Kanti~

  13. wow! luar biasa!

  14. goodluck kanti! jangan lupa mampir ke salon atun

  15. penuh inspirasi! semoga cepat dapet pekerjaan

  16. simpel dan juga padat, seperti warung mak’nyak

  17. Ceritanya menarik dan membuka wawasan kita, Nilai plusnya ada referensinya jd ngindarin tindakan “plagiarism”. Goodluck Kanti🙂

  18. nice article! thanks for the info! this should be a lesson for all of us to be dare to dream big and innovate great innovations.

  19. Ceritanya menarik! Menambah info bagi kita yang belom tahu.

  20. Artikel yang menambah wawasan dan patut dibaca😀

  21. Wah cerita yg menarik dan bahasa yg digunakan juga mudah

  22. Inspiring! Now you make me want to go to Flevoland🙂

  23. Artikel yang bagus dan patut di baca😀

  24. What a wonderful article! It teaches us to know more about Holland and their expertise in the engineering sector. I hope we can apply a similar system in Indonesia to overcome floods that usually inundate Jakarta and the other major cities in Indonesia.

  25. Nice article! Good luck tillll :***

  26. Inspiring! Good luck! “Hiu yang mampu bertahan, membangun masa depannya.”

  27. nice ti. good luck

  28. Ceritanya menarik! Singkat, padat dan menambah pengetahuan.😀

  29. Artikel yang sangat menarik dan patut untuk dibaca oleh semua warga negara Indonesia termasuk pemerintahnya. Semoga ada Cornelis Leyli ke-dua di Indonesia 😇

  30. Bacaan yg sangat menarik dan penuh inspirasi!

  31. Keren! Topiknya menarik, tulisannya juga enak dibaca.

  32. bacaannya sangat menarik!! menambah pengetahuan tentang negeri Belanda😀

  33. wah menambah wawasan ya,good job kanti🙂

  34. Selain bnambah pengetahuan baru, tulisan ini enak pas di baca, g bikin bingung😀
    semoga dapat menginspirasi orang – orang Indonesia, siapa nemu ide serupa

  35. bagus banget artikelnya, bravo nuffic neso!

  36. Ahhh I love your writing!!! Very interesting and inspiring. Bermimpilah seperti Cornelis Lely, jadikan yang mustahil menjadi nyata. Good luck Kanti 🙂

  37. Ringan dan nambah pengetahuan juga..bagus penyusunan kalimat sehingga mudah jd bacaan yang cukup ringan

  38. nambah pengetahuan bgt,penyusunan kalimag bagus sehingga jadi bacaan yg ringan dan menarik! Goodluck

  39. artikelnya singkat tapi berisi, keren! i love your writing ti! semoga di indonesia ada orang kayak gini hehe good luck kanti :*

  40. So inspiring ! Semoga di indonesia ada terobosan terobosan berguna seperti punya om cornelis lely

  41. Keren bgttt tulisannya!! May your dreams come true too tii :*

  42. Wow baru tau.. Bagus tulisannya! Informatif dan orisinil. Goodluck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s