KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#388 Dutch As Pioneer of Car Free Day

Leave a comment

Oleh Elfira Maya

Car Free Day atau dalam bahasa Indonesia yang disebut Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) merupakan hari dimana kendaraan bermotor baik mobil dan motor pribadi ataupun angkutan umum dilarang untuk melintasi jalan-jalan tertentu. Car Free Day bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor.

Dari tahun ke tahun, angka kendaraan bermotor di Indonesia bahkan di dunia semakin meningkat. Salah satu dampak yang tidak bisa dipungkiri dari peningkatan jumlah kendaraan bermotor yaitu polusi. Hal tersebut menyebabkan kualitas udara juga semakin buruk. Setiap emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor ke udara membawa serta gas atau zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Melihat kondisi pencemaran udara yang semakin mengkhawatirkan, pemerintah daerah dikota-kota besar di dunia bahkan di Indonesia mulai berpikir untuk menemukan solusi dalam rangka mengurangi polusi. Salah satu upaya yang telah diterapkan di dunia dan Indonesia pun tidak mau ketinggalan yaitu Car Free Day. Bagaimana efek dari car free day ini? Sebagai contoh efek penerapan car free day di Jakarta, kadar debu di Jakarta pada tahun 2009 berkurang sampai 40 persen dan efek positif lainnya yaitu antusiasme olahraga masyarakat semakin meningkat. Bagaimana tidak meningkat, masyarakat yang biasanya susah menemukan lahan yang cukup luas untuk berolahraga kini mereka bisa leluasa memanfaatkan lahan jalan raya untuk bersepeda, jogging, senam, bulu tangkis, dan lainnya. Terlebih lagi mereka gratis untuk menggunakan lahan jalan raya tersebut, artinya mereka tidak perlu untuk mengeluarkan biaya masuk arena olahraga atau sewa gedung untuk berolahraga.
Apakah anda tahu asal mula car free day? Berdasarkan kronologi waktu, the first car free day Sunday diselenggaarakan pada tahun 1956. Car free day tersebut diselenggarakan di dua negara dan salah satu penyelenggaranya yaitu Belanda. Mulai saat itu, mulai 25 November 1956 setiap hari Minggu diadakan car free day. Pada kelanjutannya sesuai kesepakatan, world car free day diperingati tiap tahunnya pada 22 September.
   
Tentu saja program car free day ini semakin membuat Belanda percaya diri untuk menunjukkan kekonsistensiannya sebagai the world’s number one cycling country karena jumlah sepeda yang melebihi jumlah penduduknya. Budaya bersepeda di Belanda dimulai selepas perang dunia II tahun 1948-1970. Disela-sela perjuangan mewujudkan budaya bersepeda, Belanda mulai menerapkan car free day pada tahun 1956. Tata kota di negara Belanda tidak mendukung cepatnya laju kepadatan mobil karena jalan-jalannya yang sempit. Gedung-gedung harus dihancurkan untuk lahan parkir dan jalan-jalan mobil. Hal ini juga mendorong munculnya krisis kebersihan udara seiring pertumbuhan jumlah mobil. Oleh karena itu, Belanda semakin mantap untuk menerapkan budaya bersepeda. Car free day di Belanda masih dilakukan hingga saat ini. Car free day di Belanda biasanya terdapat juga parade pertunjukan jalanan. Well, It is Dutch that always consistent as the pioneer.
Referensi

 

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s