KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#386 Museum?Why not?

Leave a comment

Oleh Rean Mitasari

     
Banyak orang mengerutkan kening ketika mendengar kata “museum”. Beberapa mungkin akan berkomantar bahwa museum adalah tempat kuno dan nggak banget untuk dikunjungi sebagai tujuan untuk hanging out bersama teman-teman atau keluarga. Akan tetapi, sebenarnya banyak hal yang dapat didapat dari museum, selainspot yang bagus untuk berfoto bersama.

Seperti semua orang tahu, museum adalah tempat dimana benda-benda bersejarah disimpan sehingga semua orang yang ingin mengetahui seluk beluk peristiwa pada masa lalu dapat dengan mudah mendapatkan informasi. Selain itu kecintaan seseorang terhadap seni maupun sejarah bangsanya akan muncul dengan sendirinya karena museum merupakan tempat yang digunakan sebagai bentuk penghargaan terhadap karya-karya yang luar biasa dan peristiwa yang terjadi di sebuah daerah atau negara. Di negara Belanda ada suatu event khusus selama satu minggu penuh yang bertujuan untuk mempromosikan museum kepada khalayak umum. National Museum Weekend merupakan acara yang diselenggarakan serentak oleh seluruh museum yang ada di Belanda untuk memanjakan masyakarat yang ingin menonton berbagai koleksi benda-benda seni maupun benda-benda bersejarah se-antero Belanda (National Museum Weekend in Netherland). Dan acara tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Menarik bukan?

Menurut sumber diatas, kurang lebih 500 museum memamerkan koleksi-koleksi yang ada dan semua dapat menikmati karya seni dan sejarah bangsa yang masih terawat dengan baik. Museum di Belanda pun terbagi menjadi beberapa bidang dengan baik, sehingga masyarakat dapat mengunjungi museum-museum yang sesuai dengan minat mereka (Museum Category). Apa yang membuat museum-museum yang jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit itu masih bisa berdiri dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bila sedang berada di Belanda? Selain merupakan bentuk penghargaan terhadap karya-karya seniman bangsa dan hasil budaya bangsa itu sendiri, museum-museum di Belanda memiliki perawatan yang baik. Pemerintah memberikan anggaran tersendiri untuk perawatan museum-museum tersebut untuk keperluan penilitian, belajar, dan rekreasi. Maka bagi para pelajar dan peneliti tidak perlu pusing-pusing mencari sumber belajar dan penelitian karena di museum pun menyediakan semua hal tersebut, baik realia (bendanya itu sendiri) maupun berbagai naskah informasi yang mendukung serta museum guide nya itu sendiri (dana museum).

Tidak berhenti sampai di pendanaan untuk perawatan museum saja, promosi pun dilakukan denganplanning yang matang sehingga masyarakat tertarik untuk berkunjung ke museum dan menikmati benda-benda yang dipamerkan. Jadi tidak hanya pengetahuan masyarakat saja yang kaya, tetapi pola pikir pengelola museum dan pemerintah Belanda sendiri pun bertambah kaya. Tidak banyak negara-negara di dunia dan pengelola museum memikirkan hal sedetail itu (museum and the treatment). Biasanya museum hanya dikelola secara biasa-biasa saja tanpa memperhatikan dana khusus untuk perawatan serta promosi yang terencana dengan baik. Ide pengelolaan museum tersebut dapat menjadi contoh bagi Indonesia untuk melakukan hal yang sama dengan museum-museum yang kita miliki. Rata-rata orang Indonesia malas berkunjung ke museum karena tempatnya yang tidak nyaman untuk dikunjungi atau bahkan tidak tahu akan adanya museum tersebut. Perawatan yang baik dan promosi unik yang dilakukan di negara Belanda sepertinya dapat menjadi contoh bagaimana menghargai karya seni dan hasil budaya bangsa dengan semestinya.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s