KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#382 Para Pionir dari Buku Pelajaran

Leave a comment

Oleh Fahry Andantya

Nampaknya tak perlu jauh-jauh mencari ide tentang pionir dari Belanda. Cukup buka buku pelajaran sekolah saja kita sudah diperkenalkan dari dulu para pionir yang gigih. Nah yang pertama adalah Anthoni van Leeuwenhoek. Pada tahun 1743 beliau lah yang pertama kali meneliti organisme kecil seperti bakteri dan protozoa dengan mikroskop sederhana buatannya sendiri.

170px-Leeuwenhoek_Microscope

ileeuwe001p1

  Bisa dibayangkan seandainya dulu Anthoni tidak menemukan mikroba (makhluk hidup kecil) yang dapat menyebabkan penyakit atau pembusukan, pengobatan penyakit dijamin tak akan secanggih sekarang.

 anyerpan

Nah, ada yang tahu peta apakah di atas? Kita lanjut dengan seorang pionir di bidang politik yang cukup lama di Indonesia, namanya adalah Herman Willem Daendels. Ia merupakan gubernur jenderal Hindia-Belanda yang memerintah untuk membangun jalan di pulau Jawa pada tahun 1808, yang lebih dikenal dengan jalan anyer – panarukan.

anyer1asiaafrikaanyer3anyer4

Pada masanya, jalur anyer-panarukan digunakan untuk kemudahan transportasi dan komunikasi surat serta pengangkutan barang antar daerah . Di daerah Bandung sekarang, jalan raya itu adalah jenderal Sudirman- Jalan Asia Afrika – Jalan A. Yani. Ketika pembangunan sampai di Sumedang dan Semarang , Daendels menghadapi medan yang sulit untuk ditempuh karena daratan tertutup oleh rawa-rawa yang cukup dangkal. Pengerukan menjadi solusi utama untuk melanjutkan pembangunan jalan.  Kemudian sampai dengan tahun 1811 oleh Daendels diubah menjadi kota Eropa kecil sekaligus menjadi kota dagang dan benteng

Kiprah kedua tokoh tersebut memang dilalui dengan sangat gigih dan semangat yang pantang menyerah. Terbukti Anthoni membuat lebih dari 500 lensa optic dan sedikitnya 25 mikroskop telah dibuat. Sedangkan Daendels telah menempuh pembuatan jalan lebih dari 1000km sepanjang pulau Jawa.  Mampukah semangat sustainability oleh negeri ini?

Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Antonie_van_Leeuwenhoek
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Java_Great_Post_Road.svg
http://www.kaskus.co.id/thread/50ebf97e621243de7f000006/must-see-mengenal-jalan-raya-pos-anyer—panarukan
http://www.helium.com/knowledge/63555-anton-van-leeuwenhoeks-contributions-to-microbiology

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s