KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#380 Belanda : Sang Pembuat Keju Berkualitas

Leave a comment

Oleh Arisna Fauzia

Cheese ! Cheese ! Yummi.. ini dia makanan favoritnya orang Belanda. Tak hanya Belanda, sebagian penghuni bumi pun menyukainya. Keju buatan orang Belanda ini tidak seperti keju pada umumnya yang rasanya asin tetapi keju di negeri kincir angin ini mempunyai rasa manis dan beraneka rasa. Tentunya  bagi yang sedang berdiet lemak pasti takut mengkonsumsi keju, tapi uniknya keju di belanda ini bisa kita cek informasi  tentang persen kadar lemak yang terkandung di dalam kejunya yang diperoleh dari kemasan mulai 10%, 20%, 30%, 40%, dan 48% kadar lemaknya.

 

 
Aneka keju yang dipajang di rak-rak toko.
Tahukah kamu ???  Awalnya  keju Belanda ini hanya diproduksi di rumah-rumah penduduk dalam jumlah yang kecil. Seiring dengan berubahnya tatanan lahan negeri kincir angin ini  produksi keju pun semakin meningkat, sehingga menjadikan keju banyak diminati para pembeli di negeri sendiri maupun dari negara-negara lain dan juga menjadikan Belanda sebagai pengekspor terbesar keju di seluruh dunia.
Untuk meningkatkan kualitas dan sekaligus keunggulan dari keju-keju Belanda, seiring dengan meningkatnya persaingan dari beberapa negara yang juga menghasilkan keju, mereka melakukan banyak penelitian untuk menemukan cara-cara baru dalam pembuatan keju, seperti  sebuah ungkapan “Banyak Jalan Menuju Roma“.
Salah satunya yaitu proses dimana susu yang baru diperah masih hangat (langsung dari sapi yang baru diperah) dimasukkan ke dalam tong yang tinggi dan besar dengan air yang mengalir di dalamnya. Tong ini merupakan tempat khusus yang biasanya juga dilengkapi dengan pengaduk yang di set secara otomatis, metode ini ditemukan oleh Swede Adolf Swartz.
 
Ini dia salah satu toko keju di belanda..
Keju-keju yang telah dihasilkan dari negeri kincir angin ini, meliputi : Boeren Leidenkaa, Dutch Mimolette (Commissiekaas), Edam, Friesekaas, Friesian, Gouda, Kernhem, Leerdammer, Leiden, Maasdam, Smoked . Tetapi di dunia, keju negeri kincir angin ini terkenal dengan keju Gouda dan keju Edam nya.

Keju Gouda

Keju Edam

Seperti di bagian utara Belanda, disana terdapat  keju yang kecil dan bulat seperti bola, dan diberi nama keju Edam. Keju Edam dapat digunakan sebagai hadiah dari orang tua kepada anaknya ketika menikah. Keju tersebut didekorasi sedemikian rupa dan diberi inisial nama dan juga tanggal pernikahan. Di bagian selatan Belanda, Keju yang datar dan besar yang disebut keju Gouda dibuat di daerah Gouda, dan juga ada keju yang datar dan dibuat dengan salah satu bumbu yaitu jinten, yang dibuat di daerah Leyden.

 
Para peneliti sedang smelakukan penelitian

 
 Keju Veermer
Kini sejarah baru pun mulai dicetak kembali oleh orang-orang belanda, mereka telah menciptakan sebuah keju bundar Veermer nan lezat, tanpa menggunakan garam dan rendah lemak yang bergaya Gouda menjuarai kontes kejuaran keju 2012 tingkat dunia. Keju ini mengalahkan keju buatan swiss yang selalu mendapatkan kemenangan selama empat kali secara beruntun. Tak hanya itu, keju Vermeer buatan orang belanda ini sudah di lelang dengan harga yang sangat tinggi seharga USD 8,400. Siapa yang menyangka sih keju ini bisa berharga semahal itu? Selain rasa kejunya enak, rendah lemak  dan rendah sodium lagi. Waw fantatis ! Belanda memang si pembuat keju berkualitas !
Refrensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s