KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#378 Dutch – The Holy Grail of Happiness

1 Comment

Oleh Muhammad Fakhruzzaman 

Pionir dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai penganjur; pelopor; perintis jalan; pembuka jalan

Nah, kalau kita cari korelasi antara Belanda dan pionir, tentu saja akan ditemukan banyak sekali data yang menunjang, sebut saja Belanda sebagai pelopor penggunaan ilmu hidraulik pada The Oosterschelde barrier, Teknologi rumah terapung yang sangat fleksibel untuk menghadapi banjir, atau bahkan posisinya sebagai salah satu Negara terbanyak lahirnya peraih nobel dalam bidang fisika, kimia, ekonomi. dan kedokteran.

Ya, itu semua sudah umum diketahui khalayak umum, tetapi ada salah satu sisi pionir dari Belanda yang mungkin banyak orang tidak tahu. Saat orang di dunia berde

bat tentang eksistensi dan esensi dari kebahagian, disini Belanda datang membawa sebuah solusi: World Database of Happiness.

happykl

Lambang World Database of Happiness – diambil darihttp://www1.eur.nl/fsw/happiness/

Saya yakin banyak yang terkejut atau bahkan tertawa terbahak-bahak atas ide ini. Tapi inilah Belanda, tidak ada kata yang mustahil, hehe. Dari namanya, terlihat bahwa Belanda ingin memasukan ilmu matematis pada suatu hal yang noneksak. Dialah Ruut Veenhoven-seorang professor sekaligus bapak riset kebahagiaan-yang merintis adalah World Database of Happiness atau WDH. Walaupun kelihatannya tidak masuk akal, tetapi mungkin inilah hal solutif yang mungkin dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan ketidakjelasan mengenai kebahagiaan. Seorang wartawan senior dan koresponden asing untuk National Public Radio(NPR), Eric Weiner dalam bukunya “The Geography of Bliss” bahkan mengatakan bahwa WDH adalah jawaban kaum sekuler kepada Vatikan dan Makkah serta Yerusalem da

n juga Lasa, semua jadi satu”. Ya, bagi seorang Eric Weiner, keberadaan WDH sangatlah penting.

Lalu, bagaimana tanggapan dunia terhadap hal ini? Respon yang muncul bermacam-macam, tetapi dapat disimpulkan bahwa satu-satunya hal yang mengganggu adalah istilah “kebahagiaan itu sendiri”. Bagi mereka, kebahagian kurang “ilmiah”, oleh karenanya tercetuslah sebuah ide baru bernama “Subjective well-bieng” atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai :kesejahteraan subjektif”. Lucu memang, tapi beberapa orang sangat mengganggap serius terhadap hal ini. Bahkan sekarang, para mahasiswa di beberapa universitas dapat memperoleh gelar M.A. atau Ph.D. di bidang psikologi positif dalam kebahagiaan. Hehe.

Lalu, seperti apasih bent
uk dari WDH itu sendiri? Adalah yang berfikir seperti gambar dibawah ini:

how-to-draw-doraemon

fg

 Gambar diambil dari www.dragoart.com  dan www.cuddleschildcare.com.au

Bagi yang waktu kecil suka nonton doraemon, akan terbayang sebuah kantong ajaib yang didalamnya terdapat sebuah alat yang dapat membahagiakan semua orang, atau mungkin sebuah ibu peri dalam cerita-cerita Disney yang bisa mengabulkan semua permohonan orang. Well, sayang seribu sayang, WDH sangat jauh dari yang ada dipikiran kita semua. Terletak di dalam kompleks Eramus University yang ada di Rotterdam.

1292_univ_20080307_-_Erasmus_University_Rotterdam_003

Gambar diambil dari www.higherstudy.com 

Dan didalamnya? Sebagaimana dapat ditebak, sebuah ruangan yang mirip dengan laboratorium komputer yang layarnya menunjukan ribuan tulisan mengenai kebahagiaan.

Membosankan memang jika kenyataan yang ada diluar espektasi kita semua, tetapi perlu diingat bahwa melalui sebuah langkah yang dipioniri oleh Belanda, sebuah studi mengenai kebahagaian mulai diinisiasi oleh berbagai universitas di seluruh dunia.

Ya, buat teman-teman yang mungkin punya kesempatan untuk menjelajah Belanda, sempatkan diri untuk mengunjungi World Database of Happiness yang menjadi pionir di dunia terhadap studi kebahagian atau yang dalam bahasa “ilmiah” dapat disebut “Subjective well-bieng”.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#378 Dutch – The Holy Grail of Happiness

  1. Boleh nih, jadi pengen rotterdam hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s