KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#375 Guido van Rossum, Bikin Semua Orang Bisa Jadi Programmer

Leave a comment

Oleh Siagian Priska Cesilia Rosida 

guido pythonApa yang ada di kepala saat dengar kata ‘Belanda’ ? Banyak yang bisa muncul, mulai dari kincir angin, negara penakluk air, sampai tempat semua hak asazi manusia diakui. Tapi buat yang suka koding, kata ‘Belanda’ juga akrab dengan Guido van Rossum.

Siapa sih Guido van Rossum? Suami saya, Daniel, yang adalah seorang programmer akan dengan mudah bercerita tentang sosok satu ini. Dia adalah pencipta Python Programming. “Apa pula itu Python Programming,” tanya saya yang skill-nya cuman nulis ini ke Daniel. “Itu adalah bahasa yang dibuat untuk membuat satu program,” jawab Daniel dengan santai.

Jadi saya baru paham kemudian kalau programmer itu kerjanya rada mirip dengan saya sebagai penulis. Mereka kerjanya meramu ide ke dalam satu sintaksis bahasa untuk memerintahkan komputer mewujudkan ide tersebut sesuai kemauan kita.

Nah yang dilakukan Guido kemudian adalah, dia menciptakan bahasa-bahasa kode komputer yang sangat sederhana tapi begitu kompleks menangkap berbagai ide. Konkretnya gimana ?Misalnya kita membuat perintah seperti ini :

 daftar_pegawai = {Joko, Budi, Amat}

 for each pegawai in datar pegawai : bayar (pegawai)

Bahasa komputer seperti itu bisa langsung memberi gambaran ke kita bahwa kodingmemerintahkan komputer untuk membayar semua pegawai yang ada di dalam daftar pegawai. Kodenya sangat elegan dan mudah dipahami.

Ngga cuman itu, Guido juga membuat Python Programming sebagai sistem koding yangopen source. Artinya siapa saja bisa dengan bebas menggunakan dan mengembangkannya. Dan mau tahu, seberapa besar manfaat Phtyon ini? Kode pemograman ini bahkan bisa digunakan oleh anak-anak SD yang ingin belajar menjadi programmer. Hal yang paling mudah membuat anak-anak tersebut tertarik untuk belajar menjadi programmer adalah dengan membuat video game melalui sistem bahasa kode Python. Ngga perlu pemahaman matematika yang njelimet karena Guido membuat Python menjadi sangat sederhana sehingga membuat aktivitas pemograman tidak semata-mata matematis tapi lebih kepada pemecahan masalah dan menciptakan aturan yang harus diikuti oleh komputer.

Dan kini kalau ingin memberikan alternatif cita-cita pada anak-anak, kita bisa dengan mudah mengunduh atau membeli buku panduan mengajarkan bahasa komputer yang sangat manusiawi melalui Python Programming. Jadi sudah siap menjadi programmer?

Referensi

http://python.org/

http://en.wikipedia.org/wiki/Guido_van_Rossum

http://www.techworld.com.au/article/255835/a-z_programming_languages_python/?

http://www.python.org/~guido/Resume.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s