KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#372 Setengah Lingkaran Belanda

Leave a comment

Oleh Martina Nurma Dewi

Siapa yang tidak mengenal Belanda, negeri yang melegenda dengan teknologi kincir ini dapat dikatakan pelopor dalam berbagai hal. Tidak hanya sebagai icon kincir angin, Negeri Bunga Tulip ini memiliki kota perintis yang patut dicontoh yakni Amsterdam, nama Amsterdam itu sendiri berasal dari kata Amstelredamme yakni bendungan tempo dulu di Sungai Amstel yang melewati kota Amsterdam kini. Kota terbesar sekaligus Ibukota Belanda yang terkenal dengan julukan “Venice of The North” terbukti menduduki peringkat ke-12 kualitas hidup terbaik berdasarkan Mercer 2012 Quality of Living Survey dari 221 kota besar di dunia yang sebelumnya menempati peringkat 13 di tahun 2010 dan menjadi peringkat ke-3 Indeks Kota Inovasi oleh 2Thinknow pada tahun 2009.

 

 

Hasil perencanaan sukses sebuah sistem tata kota yang terkonsep pada era Golden Age adalah lahirnya Kanal Amsterdam yang dibangun pada abad 17. Pembangunan proyek tersebut merupakan model perencanaan ideal kota skala besar yang kemudian menjadi acuan berbagai proyek kota-kota baru di seluruh dunia sampai abad ke-19.

Tiga kanal utama yang mengelilingi kota Amsterdam adalah Herengracht (Gentleman’s Canal)Prinsengrancth (Emperor’s Canal) dan Keizersgracht (Prince Canal) yang ketiganya sering disebut dengan istilah Grachtengordel dan memiliki fungsi masing-masing. Panjang kanal di kota tersebut lebih dari 100 km dengan terdiri lebih dari 1500 jembatan. Ketiga kanal saling bersimpangan satu sama lain, seolah membentuk bulan sabit yang pada dasarnya berupa konsentris setengah lingkaran.

 

Bentuk konsentris setengah lingkaran kanal-kanal di Amsterdam

Konstruksi kanal dibangun dari barat ke timur dengan sektor barat laut yang dimulai pada tahun 1613 dan selesai pada tahun 1625. Berselang 39 tahun kemudian, pada tahun 1664, pembangunan dilanjutkan di sektor selatan.

Selain sebagai sarana yang memperindah kota, kanal di kota metropolis terbesar ke-enam Eropa tersebut berperan dalam pengelolaan air, sarana transportasi dan perlindungan kota, serta berfungsi sebagai jalur wisata tur keliling Amsterdam. Ring of Canals Amsterdam yang secara resmi telah dilindungi semenjak tahun 1999, pada Juli 2010 dikukuhkan dalam daftar Warisan Dunia oleh Unesco.

Sejak perkembangannya pada abad ke 17, Amsterdam’s Canal Ring menjadi salah satu kota dengan pemandangan paling unik di dunia dimana tahun 2013 ini, kanal-kanal tersebut genap berusia 400 tahun.

Referensi

http://www.mercer.com/articles/quality-of-living-survey-report-2011

http://www.mercer.com/qualityoflivingpr#city-rankings

http://amsterdamcanals2013.com/canals-and-history/

http://whc.unesco.org/en/list/1349

http://whc.unesco.org/en/statesparties/nl/

http://en.wikipedia.org/wiki/Canals_of_Amsterdam

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_World_Heritage_Sites_in_the_Netherlands

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s