KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#371 Dari Susu Menjadi Keju

Leave a comment

Oleh Martina Nurma Dewi

Dalam beberapa kali komunikasi via telepon, ibu menyisipkan nasihat yang sama “dek, jangan lupa minum susu, kalau bisa disempatkan beli roti dan keju ya dek untuk cemilan di kosan”. Ibu memang sosok penuh perhatian yang selalu mengingatkan pentingnya nutrisi asupan makanan anaknya di rantau kota metropolitan, beliau mengerti betul bahwa beberapa minggu terakhir ini cuaca tidak bersahabat dan anak manusia siapapun sepertinya rentan untuk terserang flu jika tidak mampu mengimbanginya dengan pola makan dan nutrisi yang baik. Entahlah, sedari saya kecilsusu menjadi menu wajib untuk diminum setiap pagi maupun malam, tambahannya jika saya sakit, keju seolah menjadi obat penawar racun yang jika dimakan hari ini, besoknya saya langsung sembuh, sepertinya memang kurang ilmiah tapi hal tersebut berlaku bagi tubuh saya.

Susu dan keju’ merupakan dua hal yang saling terkait erat, tentu saja karena susu dan keju adalah suatu hal yang sama namun terbedakan oleh tahap lanjut proses pengolahan. Sangat menarik bagi saya yang dalam tubuhnya ini mengalir nutrisi susudan keju untuk mengetahui lebih mendalam mengenai negara produsen susu dan kejuyang juga memiliki ikatan historical dengan Indonesia.

 

Mungkin anda pernah mendengar atau melihat kata-kata berikut ini “Holland, your partner in food and nutrition” yap itulah Belanda, merupakan negara yang mendunia dengan kepopulerannya dalam hal nutrisi makanan, sebut saja susu dan keju.  Fakta menarik, Belanda memiliki 19,2 ribu peternakan dengan jumlah sapi perah sebanyak 1,5 juta ekor, bayangkan berapa banyak susu yang diproduksi setiap harinya. Tidak hanya itu, Belanda senantiasa memiliki statistik yang baik dalam hal produksi dan suplai susu. Berdasarkan data terakhir dari Statistic Netherlands – Centraal Bureau voor de Statistiek, suplai susu per bulan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan pada tahun 2012 mencapai nilai tertinggi sebesar 11.670.079.000 kg diikuti peningkatan persentase kandungan nutrisi yakni protein dan lemak.

Sumber: Statistic Netherlands-CBS 2013

Fakta lain, dapat dilihat dari grafik di bawah bahwa produksi susu olahan berupa keju mengungguli olahan lainnya yakni buttermilk powder, dan concentrated milk, sangat layak jika dikatakan bahwa Belanda unggul dalam hal produksi keju.

 Dairy production yang tinggi senantiasa menempatkan Belanda pada peringkat limaTop 20 Global Dairy Companies, 2012 oleh Rabobank’s Food & Agribusiness Research and Advisory Group berdasarkan nilai omset terbanyak.

Hasil olahan susu yakni keju yang dalam Bahasa Belanda disebut Kaas merupakan komoditas ekspor yang sangat penting dalam perekonomian, bahkan pada tahun 1970an Belanda memimpin dunia dalam mengekspor keju. Sebagai negara yang telah membuat keju sejak 400 Masehi, negeri ini memperoleh reputasi internasional sebagai “Cheese Land’. Jenis keju paling terkenal adalah Gouda dan Edam yang namanya diambil dari nama kota di Zuid Holland dan Noord Holland yang merupakan pasar keju ternama di Belanda.

Menariknya, kedua jenis keju ini memiliki nilai nutrisi yang tinggi, pasalnya dalam 100 gram Keju Gouda terdapat 356 kalori dengan rincian 68% lemak,  2% karbohidrat, dan 30% protein. Persentase rincian tersebut sama untuk 100 gram Keju Edam dengan kandungan kalori sebesar 357.

*Informasi nilai gizi berdasarkan AKG dari 2000 kalori

Kepioniran Belanda dalam hal produksi susu dan keju patut diacungi jempol, karena kuantitas dan kualitas yang baik merupakan dua hal yang selaras dikedepankan oleh negeri ini.

Referensi

http://statline.cbs.nl/StatWeb/publication/?VW=T&DM=SLEN&PA=7425eng&LA=EN
http://www.holland.com/us/tourism/activities/traditional/cheese-2/dutch-cheese-brands.htm
http://hollandfoodpartner.com/trade/areas-of-expertise/
http://dutchfood.about.com/od/aboutdutchcooking/a/SayCheese.htm
http://dairybusiness.com/seo/headline.php?title=rabobank-world-s-top-20-dairy
http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/
http://id.wikipedia.org/wiki/Keju_Belanda

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s