KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#368 Willem Van Oranje, Pelopor Reformasi di Belanda

Leave a comment

Oleh Rachmalia Puteri

Dalam sejarah terbentuknya sebuah negara, pasti ada suatu peristiwa yang menjadi titik awal lahirnya kemerdekaan. Contohnya jika di Indonesia ada beberapa peristiwa seperti kebangkitan nasional dimana ketika itu lahir organisasi pergerakan seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij, yang akhirnya melahirkan sumpah pemuda. Jika di Belanda, pergerakan reformasi muncul karena adanya ketegangan politik dan agama yang melanda saat itu.  Dalam suatu perjuangan bangsa, tentu ada salah satu orang yang memimpin rakyatnya mencapai kemerdekaan.  Jika di Indonesia pemimpin kemerdekaan kita kenal dengan Soekarno, di Belanda dikenal dengan Willem Van Oranje.

Awal Reformasi di Nederlanden

Peristiwa awal yang menyebabkan terjadinya reformasi yaitu adanya ketegangan politik dan agama yang melanda Nederlanden saat itu. Dari segi agama, ada peristiwa bernama de Beeldenstorm yang terjadi pada tanggal 10 Agustus 1566 dimana ketika itu,  gereja-gereja katolik dijarah serta lukisan dan patung-patung dihancurkan. Lalu, di daerah selatan, tepatnya di wilayah Spanyol, ada seorang Raja bernama Fillips II yang sangat marah terhadap aksi penjarahan tersebut. Fillips II sendiri adalah seorang penganut katolik roma yang sangat kuat. Merasa tidak terima dengan aksi penjarahan tadi, Fillips II kemudian mengirim pasukan ke wilayah Vlaanderen (wilayah Belgia dan Luxemburg) dengan mengutus Hertog Van Alva sebagai pemimpinnya.   Inilah masa yang dalam sejarah Belanda dinamakan sebagai masa Onderdrukking (pendudukan dan penguasaan). Dalam masa pendudukannya, Hertog Van Alva mengeluarkan beberapa aturan diantaranya masyarakat harus patuh terhadap gereja katolik Roma dan juga harus membayar pajak (belasting) sebesar 10 penning (mata uang logam). Aturan-aturan ini ternyata membuat masyarakat terbebani sehingga munculah masa verzet (perlawanan) yang terjadi pada rentang tahun 1567-1573.

Pelopor Reformasi

Seorang Stadhouder (gubernur) di daerah Holland, Zeeland dan Utrecht bernama Willem Van Oranje tidak menerima aturan yang ditetapkan oleh Hertog Van Alva. Kemudian Ia melakukan pemberontakan terhadap Alva. Terjadi beberapa pertempuran diantaranya Graaf Egmond en graaf Horne Onthoofd (1568), DeWatergeuzen Veroveren van Den Briel (1572) yaitu pengambil alihan kota Den Briel dengan memakai strategi Hantu Air yang dibuat Willem. Maksudnya Hantu Air adalah perang gerilya yang menyerang pihak lawan secara tiba-tiba di mulut sungai Mass. Aksi ini dilakukan oleh pendukung Willem yaitu bangsawan protestan dan bajak laut. Lalu ada pertempuran lain bernama Beleg Van Leiden (1574) yaitu pengepungan kota Leiden oleh pasukan spanyol. Ketika itu, warga Leiden dan pasukan Oranje sangat gigih melawan Spanyol hingga mereka terusir dari Leiden. Willem kemudian memberi penghargaan kepada warga Leiden karena kegigihannya dalam mepertahankan wilayahnya, yaitu dengan mendirikan Universitas Leiden (sekarang menjadi Universitas tertua di Belanda) pada tahun 1575.

Pada masa Willem Van oranje melakukan pemberontakan ada sebuah syair yang diciptakan untuknya berjudul “Het Wilhelmus” (yang sekarang dikenal sebagai lagu kebangsaan Belanda). Pada tahun 1581 Staten Generaal (parlemen) membuat Het Plakat van Verlatinghe yang berisi bahwa mereka tidak lagi mengakui Raja Spanyol yaitu Fillips II. Geram atas kelakuan Willem, Fillips kemudian membuat sayembara yang bertujuan untuk membunuh Willem. Pada tanggal 10 Juli 1584, sayembara yang dibuat Fillips telah berhasil mencapai tujuannya. Balthazar Gerards berhasil membunuh Willem Oranje di Delft. Inilah akhir dari kisah hidup sang pelopor reformasi. Belanda sendiri resmi berdiri pada tahun 1588 dengan nama De Republiek van De Zeven Vereenigde Nederlanden. Sampai sekarang Ia dikenang sebagai The Founding Father negara Belanda. Tempat dimana Willem meninggal, saat ini telah dijadikan museum untuk mengenang jasa-jasanya.

Referensi

http://www.entoen.nu/willemvanoranje/id pukul 23.05 tanggal 8 Mei 2013

en-info.com/home/geschiedenis-leiden-tot-1800/ pukul 10.00 tanggal 8 Mei 2013

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s