KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#370 Negara Konsep Kincir Angin

Leave a comment

Oleh Karno Dwi Joyoutomo

“Wwuuuuuussshh” suara angin dan kincir angin yang berputar kencang. Ya, seperti yang kita ketahui Negara Belanda terkenal dengan kincir anginnya. Dari permasalahan asal negaranya yang daratannya di bawah permukaan laut sehingga Belanda terpaksa harus berpikir kreatif untuk mencari solusi dari masalah tersebut. “Fiuuh”, begitulah kata Joseph Nedham pencipta kincir angin tersebut.

Begitu pula pada beberapa permasalahan umum di suatu negara yang membuat negara Belanda terpacu berpikir kreatif. Dengan konsep kincir angin (lagi) Belanda terpicu menjadi negara maju. Coba lihat gambar di bawah ini! Tampak 4 baling-baling pada kincir angin yang mana tiap-tiap baling memiliki fungsi sendiri-sendiri untuk membendung masalah-masalah di Belanda.

Kita mulai dari segi pendidikan, sains, dan teknologi. Belanda membuat terobosan baru dalam pendidikan  yaitu siswa dilatih sejak kecil agar dapat mengembangkan potensi diri siswa untuk belajar mandiri dalam menganalisis dan memecahkan masalah, dan juga dituntut untuk menghasilkan ide kreatif dan inovasi baru yang dapat mengembangkan sains dan teknologi. Berikut berbagai temuan dari Belanda dari jaman “bahula” hingga kini yang diantaranya adalah penemuan desain telescop praktis pada tahun 1608 oleh Hans Lippershey, penemuan kapal selam pertama oleh Cornelis Jacobsz Drebbel pada tahun 1620 hingga penemuan cara praktis membuat jalan raya oleh Henk van Kuijk tahun 2013 dan banyak penemuan lain yang tidak cukup disebutkan satu persatu.

Dengan perkembangan teknologi tersebut, “Gaptek” alias gagap-teknologi dalam masyarakatnya berkurang dan semakin sadar akan pentingnya pendidikan. Inilah yg menyebabkan negara Belanda dikenal sebagai negara dengan kekuatan dalam pendidikan di Eropa.

Sekarang kita lihat pada segi perekonomian. Perekonomian Belanda bersifat terbuka yaitu sangat bergantung terhadap perdagangan internasional. Perekonomiannya berkembang sangat baik sehingga Belanda menjadi salah satu pendiri utama lembaga ekonomi dunia seperti Uni Eropa, WTO, dan OECD dan Belanda adalah negara pertama yang mengganti mata uangnya dari gulden menjadi euro.

Perekonomian suatu negara juga dapat dilihat melalui keberadaan pelabuhan karena berpengaruh cukup signifikan terhadap kelancaran kegiatan perekonomian. Sumbangannya terhadap perokonomian sekitar 50%. Untuk itu Belanda memiliki Pelabuhan Rotterdam terbesar di Eropa dan terbesar keempat di dunia yang mengembangkan keselamatan dan efisiensi untuk mengurangi dwelling time.

Belanda mampu meningkatkan pendapatan per kapita yang tinggi yaitu $42,330. (88)

Nah, yuuk lanjut ke bagian yang diminati turis, yaitu kesenian dan budaya yang unik dari Belanda. Ketika berbicara mengenai seni, maka alat indra kita akan dimanjakan di sini, pertama adalah mata kita yang akan tertuju pada hamparan khas ladang bunga Tulip dari Belanda.

Begitu juga dengan karya seni lukisan Vincent van Gogh yang menjadi trendsetter lukisan dunia.

Setelah kita mencuci mata dari pemandangan dan lukisan, kita berlanjut ke sepatu yang khas yang sering kita sebut bakiak atau Clogs. Bakiak tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk menghangatkan kaki pada saat musim “bediding” alias dingin. Karena sepatu tersebut sangat unik yang terbuat dari kayu, bakiak menjadi souvenir bagi turis yang sedang berkunjung.

Hahahaha…. Bahkan Jackie Chan (bintang action mandarin) menggunakan sepatu kayu dalam aksinya di film Who Am I.

Pada sisi budaya, penduduk negeri Belanda lebih senang menggunakan sepeda pancal sebagai sarana transportasi. Hal ini kemungkinan dipicu oleh kesadarannya yg tinggi terhadap masalah polusi karena negara Belanda adalah negara industri besar penghasil polusi yang tinggi.

Dari cerita di atas tentu banyak hal yang harus dilakukan dan dipikirkan untuk berkreasi untuk menyelesaikan berbagai problema. Begitulah yang menjadi budaya pemikiran rakyat negara “tanah rendah” alias Belanda sehingga memiliki SDM yang patut dicontoh untuk bangsa kita sendiri yang justru memiliki sumber kekayaan alam lebih.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s