KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#367 Belanda: Dari Menyelam ke Dasar Laut Sampai Mengudara di Angkasa Tetap Menjadi Pionir

Leave a comment

Oleh Rahma Nur Adzhani

Sesuai dengan arti dari Bendera Merah-Putih-Birunya Belanda yaitu Putih yang berarti kedamaian dan kejujuran, Merah yang berarti tahan banting, keberanian, kekuatan & kegagahan dan Biru yang berarti kewaspadaan, ketekunan & keadilan, maka sifat inilah yang mengantarkan bangsa ini menjadi salah satu bangsa pelopor dunia.
Salah satunya adalah di bidang transportasi, tidak sedikit transportasi yang diciptakan dan dipelopori dari bangsa ini. Mulai dari transportasi di dasar laut, di permukaan laut, di udara, sampai transportasi darat+angkasa sekaliguspun tersedia.

Transportasi memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia yang meliputi manfaat sosial, ekonomi, politik, dan fisik         

                              Sukarto (2006: 94-95) 

Tanpa adanya transportasi tidak mungkin Bangsa Belanda dapat menemukan Spitsbergen, Kepulauan Falkland, Australia, Kepulauan Staten, Cape Horn, Ireland, Tasmania, New Zealand, Fiji, Easter island, Kepulauan Svalbard, Kepulauan Falkland Samoa, dll yang tersebar di seluruh belahan dunia.
 
Tasmania, salah satu pulau yang ditemukan oleh bangsa Belanda.
Pada tahun 1620, sebuah kapal selam pertama dibuat oleh Cornelius Drebbel. Model yang dibuat van Drebbel mempunyai enam dayung dan dapat menampung 16 penumpang. Kapal itu dapat menyelam selama tiga jam dan belayar hingga 12-15 kaki di bawah permukaan air dengan kecepatan sekitar 18 km/jam. Kapal selam tersebut dibuat hidrodinamik. Hidrodinamik dapat mengurangi hambatan ketika tenggelam. Bagaimana mungkin kapal selam dapat diciptakan pada tahun 1600-an? Ini menunjukkan Belanda telah memiliki pengetahuan yang mengangumkan untuk masa itu.
 
Cornelius Drebbel
Ada juga Yacht, kapal layar ringan dan cepat yang digunakan untuk mengantar orang penting. Dalam perkembangan berikutnya, definisinya berubah menjadi suatu kapal yang didorong oleh layar dan digunakan untuk pelayaran dan/atau balap yacht. Yacht umumnya memiliki panjang berkisar dari 10 meter (33 kaki) sampai dengan puluhan meter (ratusan meter).
 
Dutch Yacht yang dibuat pada abad ke-18
Beralih ke daratan, salah satu transportasi yang dipelopori oleh bangsa Belanda adalah Four wheel drive/ 4WD. 4WD merupakan kendaraan roda empat, seentara banyak orang mengasosiasikan 4WD dengan kendaraan off-road dan kendaraan untuk olahraga reli yang menantang. Mau coba?
 
Kendaraan 4WD
 
Logo Fokker
Belanda juga mencipatakan pesawat pemburu yang paling terkenal di masa Perang Dunia Pertama. Ialah Pesawat Fokker, si Transportasi yang meliuk dengan gagah di angkasa. Diciptakan oleh seseorang berkebangsaan Belanda Anthony Herman Gerard Fokker yang juga merupakan pioneer dalam dunia penerbangan Belanda terutama dalam hal pemanufakturan pesawat terbang. Pesawat Fokker berhasil menjadi pesawat terdepan di Belanda pada masanya. Tony Fokker juga dikenal sebagai perancang pesawat pertama yang berhasil menggabungkan mitraliur dengan silinder motor pesawat yang menjadikan pesawat pemburu bisa langsung meluncurkan tembakan secara otomatis.
Lain lagi untuk PAL-V. Mobil ini bisa digunakan di daratan dan juga bisa digunakan di udara. Kendaraan hybrid buatan perusahaan Belanda ini punya ukuran cukup keci dan hanya bisa ditumpangi dua orang. Dengan mobil ini anda bisa mengudara kalau sedang macet atau menikmati jalanan kota kalau jalan sedang lenggang. Mungkinkah PAL-V adalah refleksi mobil masa depan kita?
 
Mobil terbang PAL-V
Nah kalau yang satu ini, dijamin sangat menantang adrenalin. Namun yang satu ini bukan transportasinya yang dijual, melainkan tiket nya yang hanya satu kali saja seumur hidup. Tujuannya adalah membentuk koloni permanen manusia dan membuat komunitas penghuni Mars nantinya. Hanya dengan membayar US$38 atau sekitar Rp350.000 anda bisa merasakan sensasi perjalanan dan tinggal di Mars. Sudah lebih dari 10.000 orang yang melamar untuk terbang ke Mars, anda tertarik menjadi pelamar berikutnya? Tunngu sampai tahun 2023 ya…
 
Mars One, Organisasi Belanda yang mengadakan proyek ke Mars
Dengan transportasinya saja Belanda mampu “mengudara tinggi”. Bagaimana jadinya apabila digabungkan dengan kekuatan lainnya? Mari kita tunggu terobosan selanjutnya…

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s