KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#366 The Netherland = The Next Mother in Pioneering Green Land

Leave a comment

Oleh Rahma Nur Adzhani

Akankah ada Green Economy in Green Country di masa depan? Jawabannya adalah ya, untuk Sang Negara Kincir angin.
Tentang Global Warming, Dutch sudah menyadarinya dari awal. Mereka pun selalu menjaga bumi ini tetap hijau dimulai dari menghijaukan negaranya melalui:
Transportasi
Belanda memiliki sepeda per kapita tertinggi di dunia, transportasi sehat-murah-bebas polusi! Pemerintah Belanda menetapkan pajak dan bea parkir yang mahal untuk mobil. Hal ini berhasil menekan penggunaan kendaraan dan menjadikan Belanda sebagai negara modern dengan transportasi perkotaan yang sangat tertata. Strategi yang brilian!
 
Parkiran sepeda pun lebih banyak daripada kendaraan bermotor lainnya
 
Mesin perental sepeda di Belanda, hanya dengan memasukkan koin atau menggesekkan kartu di mesin

Melalui “Formula E Team”, pemerintah Belanda menargetkan 200.000 kendaraan listrik pada tahun 2020, dengan lebih dari 1.000.000 pada tahun 2015.

Masyarakat didorong untuk membeli kendaraan listrik melalui pembebasan pajak pada pembelian dan penggunaan kendaraan listrik. Strategi yang brilian (lagi)!
 
Stasiun pengisian Electrobay pertama di Holland
Kebijakan
Adalah “Green Deal”, suatu langkah-langkah konkret menjadikan lebih banyak energi hijau untuk mencapai ekonomi yang berkelanjutan dengan membantu menghilangkan hambatan dan mempercepat proyek hemat energi atau proyek-proyek berkelanjutan yang sulit.
 
Terdapat lebih dari 50 green deals di tahun 2012
Energi
Belanda dengan visi 2050: Negara akan memiliki sistem energi yang dapat diandalkan dan terjangkau secara berkelanjutan  telah mengurangi emisi CO2 hingga setengahnya dengan menghasilkan sekitar 40% listriknya dari energi terbarukan. Untuk merangsang produksi energi terbarukan, pemerintah telah mengalokasikan dana tahunan 1400000000€ dari 2015, yang merupakan langkah besar untuk mencapai target 2020.

Salah satu proyek hijau terbesar di Belanda adalah produksi bahan bakar hijau Bio-Methanol dari Bio-coal yang lebih environmentally friendly dan murah tentunya.
Berbagai macam sumber Bio-Coal yang dapat dibuat dari bahan baku biomass dan sampah hasil pertanian.
Belanda memiliki keahlian yang terkemuka pada energi angin lepas pantai
Emergya angin Technologies dari Belanda, adalah pemimpin dunia dalam teknologi angin secara langsung.
 
Energi angin lepas pantai menghasilkan listrik untuk ratusan ribu rumah sekaligus mengurangi emisi karbon dioksida oleh lebih dari 300.000 ton

Dutch menjadi ahli dan pemimpin dalam pembakaran ataupun metode pre-treatment biomassa

New Holland Agriculture sebagai pioneer biomassa.
Belanda menempati urutan ke-6 di dunia berkaitan dengan aplikasi paten yang melibatkan panel surya.

 

 

Almere, model internasional untuk perencanaan perkotaan yang berkelanjutan, rumah hemat energi dan partisipasi masyarakat bagi para ahli dari seluruh dunia. penghasil salah satu energi surya yang terbesar di Eropa rumah bagi 7.000 meter persegi bidang panel surya
Teknologi Green Gas/gasifikasi biomassa, telah dipatenkan oleh perusahaan energi Belanda ECN.
Sekitar 10 persen dari gas alam dikonsumsi dapat digantikan oleh biogas pada tahun 2020. 
Belanda adalah pelopor dalam bensin-etanol campuran yang mengandung 15% bio-etanol hydrous dan digunakan dalam mobil bensin normal.

 

hE15 biosuper dengan bio-etanol hydrous, yang pertama di Eropa

Belanda juga telah mempelopori bahan bakar dari urin Yang telah memasok listrik setara 110.000MW di 30.000 rumah atau seluas satu kota kecil.

 

NoMix, untuk memisahkan zat zat yang terkandung di dalam air seni
Smart Grid:
Kota Hoogerk memiliki komunitas smart grid pertama di Eropa: PowerMatching City. Sebanyak 25 tempat tinggal telah hampir terhubung satu sama lain. Dalam setiap tempat tinggal, listrik tidak hanya digunakan tetapi juga dihasilkan.
 
Pondasi dari smart grid
Bangunan
Belanda berkomitmen untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 80% di semua bangunan Belanda pada 2050, membangun lebih banyak bangunan hemat energi dan retrofit struktur yang ada untuk penghijauan. Pada tahun 2020, hanya bangunan iklim-netral yang dibangun di Belanda.

Housing Corporation De Woonplaats, telah memenangkan Penghargaan Provinsi Twente Real Estate. Gedung ini ditandai tidak hanya dalam hal efisiensi energi, tetapi juga bentuknya yang bengkok dan melebar keatas.

Belanda dengan bangunan terapung pertama di Eropa, The Citadel. Menggunakan energi 25% lebih sedikit dari sebuah bangunan konvensional.
Apartemen Kompleks Terapung pertama di Eropa dengan penciptanya, Arsitek Koen Olthuis dari water studio Belanda.
Agriculture:
Industri bunga tulip merupakan pendapatan utama bagi perekonomian Belanda dan mejadi pioneer taman bunga tulip di belahan negara lain. Untuk mengatasi emisi hasil penggunaan rumah kaca untuk budidaya bunga sekarang dapat diselesaikan dengan teknologi closed green house.

 
Taman Bunga Tulip di Belanda

Fashion:
Belanda tidak main-main dalam menghijaukan negaranya, buktinya Belanda juga menjadi pelopor “fashion organik”. Adalah Kuyichi, sebuah merek fashion yang berbahan jeans organik.

 

Kuyichi: “I think green is the direction of the future, and it is here to stay”

Belanda percaya untuk mengatasi perubahan iklim memerluan kekuatan aksi gabungan pada tingkat global, nasional dan lokal.
Hari ini Belanda berbagi praktik terbaik kepada dunia dalam perencanaan kota hijau, jaringan logistik untuk mobil listrik, prencanaan angin, dan lain-lain. Bagaimana dengan Indonesia?
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s