KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#365 Aneka “Sajian” Fantastis ala Dutch

Leave a comment

Oleh Rahma Nur Adzhani

Apapun ada di Belanda. Belanda adalah satu-satunya Negara dimana pemilik kedai kopi bisa menjual ganja secara legal. Bahkan anda bisa menemukan aneka sajian menu asli Indonesia yang tersebar dimana-mana. Namun ada juga ”sajian-sajian” lainnya yang diciptakan dan dipelopori dari negeri kincir angin ini, mulai dari A sampai Z.
Adalah Bluetooth dan Wi-fi yang merupakan “sajian” yang diciptakan di bidang komunikasi. Selain itu, dikenalnya si penyimpan data seperti Compact Cassette, Laser Disc, Compact Disc, DVD, hingga tak ketinggalan Blue Ray pun dipelopori oleh negeri ini.
 
Bluetooth & Wifi si penyambung jaringan.
“Sajian” yang dipelopori berikutnya adalah sebuah bank yang mengelola mata uang negara, uang beredar, dan tingkat suku bunga. Bank of Amsterdam adalah pelopor Bank Sentral Modern. Adapun “bank-bank” pelopor lainnya seperti Bank Darah pertama yang didirikan di Belanda adalah pelopor bank darah lainnya di belahan Eropa.

 
Sebuah lukisan karya Pieter Saenredam tentang kota tua di Amsterdam dimana Bank of Amsterdam didirikan.
Ada lagi “sajian” kontroversial yang telah dipelopori Belanda di bidang hukum. Ya, Hukum Pernikahan Sesama Jenis! Pada tahun 2001, Belanda menjadi negara pertama di dunia yang mengakui secara hukum (melegalkan) pernikahan sesama jenis. Anda tertarik?

 
Pernikahan sesama jenis Peter Wittebrood-Lemke, Frank Wittebrood, Ton Jansen, Louis Rogmans, Helene Faasen, dan Anne-Marie, 1 April 2001
Di bidang makanan pun Belanda menjadi pelopor si oranje Wortel dan Cocoa Powder. Nah siapa yang tak kenal dengan Wortel dan Bubuk Coklat van Houten?

 
Bubuk Coklat Van Houten dari  Belanda
Kesehatan menjadi hal yang sangat vital bagi kehidupan. Di bidang kesehatan, Belanda juga tidak main-main. Belanda menjadi pioneer sekaligus penemu ginjal buatan, jantung buatan, dan vitamin antineuritik. Selain itu, penemuan kembali teori Genetika telah berhasil mengembangkan teori mutasi evolusi.

 
Hugo de Fries, yang mengembangkan teori mutasi evolusi
Untuk “sajian” scientific instruments, Belanda juga menjadi pioneer sekaligus penemu si alat pengamat benda kecil dari jauh ataupun dari dekat, apalagi kalau bukan Mikroskop & Teleskop.

 
Mikroskop
“Sajian” Olahraga seperti Kolf/Golf dan Total Footbal juga ternyata diawali dari negeri ini. Fantastis!

 
Total Football didirikan sejak tahun 1974
Beralih ke bidang transportasi, ternyata Belanda juga merupakan pioneer transportasi bawah laut hingga udara, mulai dari Kapal Selam, Flucht, Yacht/Kapal pesiar, Four Wheel Drive sampai mobil terbang PAL-V.

 
Kendaraan 4W (Four Wheel Drive)
 
Mobill terbang PAL-V, mobil masa depan.

Di atas merupakan beberapa “sajian” penemuan dan terobosan dari para dutch yang berhasil menjadi pelopor dunia.

Sebenarnya apa sih rahasia Belanda?
Kalau di Indonesia, KPK dikenal sebagai Komisi Pemberantasan Korupsi. Kalau di Belanda beda lagi artinya, KPK aladutch adalah Keberanian, Pengetahuan dan Ketekunan. Tapi Belanda juga sebenarnya punya KPK sendiri yaitu Komisi Pemberantasan Ketakutan, Ketidaktahuan, Kemalasan. Sifat KPK ini juga merupakan “sajian” yang dimiliki para dutch dan menjadi rahasia dalam kepioneerannya di bidang apapun.

Terbukti dengan Keberanian-nya, para dutch dengan berani membuat proyek kehidupan di Mars. Tak lama lagi, impian manusia tinggal di Mars bukan hanya terjadi di film atau novel fiksi ilmiah.

 
Organisasi Mars One dari Belanda, yang menciptakan proyek tinggal di Mars.
Dengan Pengetahuan, ilmuwan-ilmuwan Belanda telah meraih Nobel di bidang fisika, kimia, fisiologi/kedokteran, ekonomi, maupun perdamaian. Belanda selalu memberikan hal-hal baru dan berbeda. Belanda masuk dalam peringkat 5 negara-negara terkemuka dalam hal pengetahuan inovatif di dunia, hal ini dibuktikan dengan kualitas pendidikan di Belanda. Belanda juga merupakan negara non-Inggris pertama yang menggunakan bahasa Inggris dalam pendidikannya.

 
Johanes Diderik van der Waals, salah satu peraih penghargaan Nobel di bidang fisika kelahiran Belanda (tahun 1970)
Dan dengan ketekunannya bangsa Dutch dapat menaklukkan air. Ini bukan dari ketekunan selama 1 tahun atau 10 tahun saja, namun juga dari pengalaman dan ketekunannya selama 1000 tahun. Tanpa ketekunan dari Dutch, mungkin tidak akan ada bendungan terbesar di dunia, Delta Works si keajaiban dunia modern.

 
Delta Works

“We cannot fight water,

you have to learn how to live with it”.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s