KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#364 Semua itu karena Sang Pengungkap Tabir Dunia Renik

Leave a comment

Oleh Cahaya Prautama

Belanda adalah Negara  kecil di belahan Eropa yang menyimpan keindahan dan keunikan di setiap sudut kotanya, berbagai macam keunikan bermunculan di Negara  dengan luas hanya 41.548 km² ini. Mulai dari keindahan bunga Tulip, Kincir Anginnya sampai Keunikan bahwa Belanda dapat menguras air laut menjadi dataran tempat tinggal. Tapi Tahukah Anda ? tidak hanya itu saja yang disimpan oleh Belanda, Belanda juga berdedikasi penuh terhadap  Pendidikan, Kesehatan juga Teknologi pada saat ini khususnya Mikrobiologi, Kedokteran dan Bioteknologi.

Berbagai tempat di belahan Dunia pasti tidak asing dengan yang namanya kuman atau  bakteri jika kita dengar kedua nama tersebut, terbayang oleh kita  adalah Makhluk yang membuat kita ngeri dan waspada, karena kita tahu banyak diantaranya mereka menjadi  sumber penyebab berbagai penyakit. Tapi berkat dari dedikasi Ilmu Mikrobiologi kita sedikit demi sedikit mau berinteraksi dengan namanya Bakteri ataupun mahkluk mikro yang lain seperti protozoa, jamur hingga sel sperma. Hingga akhirnya kita bisa bersahabat dengan makhuk renik ini.
Berbicara masalah bioteknologi  mari sejenak kita beranjak ke Negara kita, Negara Indonesia di tengah – tengah masalah polemik krisis BBM bioteknologi hadir sebagai solusinya, contohnya Bioetanol, bioetanol ini dapat menjadi alternatif sumber bahan bakar bagi Negara kita, bahkan bioetanol sendiri sekarang sudah mulai di kembangkan di berbagai belahan dunia sebagai antisipasi kekurangan bahan bakar.
Tidak hanya itu saja berkat Belanda, banyak Negara di belahan dunia bisa memperbanyak hewan ternaknya  ataupun memperbanyak tumbuhan dengan ilmu rekayasa genetika. Menjinakan bakteri demi mengobati penyakit yang dialami oleh manusia di belahan dunia  dan masih banyak lagi berkat dedikasi Negara belanda sebagi peneliti hewan renik ini.
Lalu siapakah orang yang berjasa terhadap kemajuan ilmu dan teknologi hari ini?
Dialah Sang Pengungkap Dunia Renik berkebangsaan Belanda Antonie Van leeuwenhoek
 
Berkat kegigihan beliau, beliau  mampu memajukan ilmu pendidikan tentang Mikrabiologi yang menghasilkan beribu manfaat bagi Pendidikan dan Teknologi hari ini .
Jikalau tidak ada Penemuan antonie  ini , sebagai pelopor peneliti dunia renik mungkin saja manusia hari ini belum tentu dapat mengetahui makhluk renik ini, ataupun kita dapat selamanya mengenal bahwa yang namanya bakteri itu hanya sebagai sumber penyakit.
Berkat Antonie juga banyak orang di belahan dunia mulai berlomba – lomba mengembangkan dan terus memajukan pendidikan, teknologi khususnya di bidang Mikrobiologi , demi kemaslahatan umat manusia di kemudian hari juga terus berkarya demi dunia yang lebih baik di kemudian hari .
Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/mikrobiologi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s