KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#363 @Netherlands, Ketik Saja Dunia dari Jemarimu :)

Leave a comment

Oleh Bagus Adiib Al-Haq

 
Seperti sungai Maas yang bersumber dari Prancis lalu melintasi Belgia, tiba di Belanda dan berakhir di Laut Utara sebgai muara. Mengalir, berfaedah untuk banyak keperluan dan menjadi inspirasi. Seperti vitalnya informasi di zaman yang serba canggih ini. Dan Belanda telah mengawali dan terus memberi sumbangan pada kemajuan informasi termasuk yang berbasis teknologi. Aliran pengetahuan yang dibawa dalam informasi bagai angin yang menggerakkan kincir-kincir  di NoordHolland, membelai dan menyokong tumbuh segarnya rerumputan di Friesland hingga sapi-sapi menjadi lebih gembul. Lalu manusia menuai manfaat antara lain berupa susu segar, yoghurt dan keju. Informasi adalah kebaikan yang tak terputus, lahir dan beranak pinak menjadi manfaat yang lebih besar. Dan mari lebih jauh melihat Belanda, penemu, inovator serta bangsa  yang punya kemampuan bersimbiosis secara mutualisme dengan bidang ICT.
Informasi ibarat air yang banyak kegunaannya, dan pengatahuan merupakan angin yang terus memberi manfaat
Masuk saja ke Hyves, sebuah social media buatan Belanda sekaligus paling populer dan banyak dipakai di negeri tersebut. Kita mampu melakukan pembayaran, bermain gamesbahkan pernah digunakan untuk kepentingan politik (chat-debate pertama di dunia dilakukan via Hyves).
   Hyves, media sosial “Made in Holland”
Sebelumnya penemuan Belanda di bidang ICT adalah CD, Bluetooth dan Wi-Fi . Bagai keju Boeren Leidenkaas yang dapat disajikan untuk aneka menu hidangan, CD pun punya manfaat di berbagai bidang dari pendidikan, administrasi hingga entertainment. Ketika itu piringan ajaib temuan L. Ottens ini dianggap lebih praktis dan mudah dibawa, serta memiliki kapasitas penyimpanan yang lumayan besar.
 Lou Ottens dari Belanda, sebagai Bapak Compact Disc
 
Teknologi Bluetooth adalah terobosan menarik yang lain, dimana dapat mengkoneksikan peralatan elektronik tanpa kabel dan sekarang telah digunakan lebih dari 2 miliar electronic devices di seluruh dunia. Hingga Jaap Haartsen sebagai penemu Bluetooth meraih nominasi dalam European Inventor Award 2012. Tak kalah pentingnya adalah peranan Wi-Fi, ditemukan tahun 1991 di Nieuwegein, sebuah daerah di Provinsi Utrecht dengan Royal Dutch Cricket Board-nya yang terkenal. Akibat Wi-Fi, layanan internet misalnya, dapat lebih fleksibel dan mampu digunakan untuk banyak orang dalam satu waktu.

  
Bluetooth dan Wi-Fi yang popular serta punya peran amat penting
 
Kekuatan infrastruktur  dan keunggulan layanan  merupakan beberapa faktor okenya kualitas   ICT di Belanda. Selain memiliki tingkat konektivitas internet tertinggi sebenua, juga menduduki peringkat atas secara global untuk  penetrasi kabel. Negara yang merupakan rumah bagi pelukis kelas dunia seperti Rembrandt, Vincent Van Gogh dan Piet Mondriaan juga punya bandwidth terbesar di Eropa dengan biaya yang relatif murah. Keunggulan-keunggulan tersebut ditopang oleh dana riset khusus ICT bernilai besar dan tertinggi ke-3 di Uni Eropa, tak heran  70% dari semua inovasi di Belanda berkaitan dengan ICT sakaligus sebagai bangsa  pengekspor terbesar ke-4  layanan IT di dunia.
Amsterdam merupakan Ibukota Belanda sekaligus ICT capital bagi negeri ini. Karena sebagian besar kabel fiber terdapat di kota tersebut. Amsterdam juga merupakan internet-hub yang penting di Eropa sekaligus pusat “New Media” bagi bangsa kincir angin. Bahkan di salah satu kota teraman sejagad ini, kita dapat menemukan 550 charging points!
 

Welkom in Amsterdam! Sebagai kota teladan penerapan teknologi infokom

 
Manisnya faedah teknologi informasi dan komunikasi benar-benar menjadi anugrah secara masal, Dan Belanda telah membuktikan dengan berbagai temuan serta kepiawaiannya pada sektor yang dapat menyerap tenaga kerja, indikator kemajuan serta salah satu pilar perekonomian ini. Dan asyiknya di Belanda, kita bisa selalu berselancar pengetahuan dan informasi di dunia maya, tinggal ketikkan apapun dari jemarimu.. dan…Ja.. aanzienlijk..!:)
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s